Sponsors Link

Gigi Impaksi Saat Hamil – Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Kecenderungan kesehatan pada ibu hamil sangat rentan dan memerlukan berbagai perhatian extra. Apabila mengalami hal – hal seperti ngidam, morning sickness dan lain hal itu merupakan hal biasa selama kehamilan. Dampak cabut gigi impaksi saat hamil yang wajib diketahui.

ads

Namun, akan tidak biasa jika mengalami beberapa kondisi seperti masalah gigi, gusi dan mulut. Hal ini agak sensitif dan dapat mengakibatkan pada kondisi janin yang bermasalah. Tentu hal ini haruslah dihindari agar kondisi janin dapat sehat dan normal. Berikut bahaya gigi impaksi yang wajib diketahui beserta cara mengatasinya.

Untuk menghindari terjadinya kontraksi dan masalah lain selama Anda hamil, berikut ini penyebab, gejala, pengobatan sampai pencegahan gigi impaksi saat hamil :

Penyebab Gigi Impaksi Saat Hamil

Banyak faktor yang menyebabkan gejala impaksi timbul pada ihu hamil, salah satu penyebabnya yaitu :

  • Hormon pada ibu hamil biasanya mengalami perubahan, contohnya perubahan pada hormon yang menyebabkan munculnya peradangan di bagian gusi yang memicu bengkak dan kemerahan. Dan juga adanya masalah impaksi gigi, sehingga gigi menjadi rentan terhadap kerusakan.
  • Ibu hamil umumnya sering mengalami kekurangan kalsium akibat jarang minum susu, dan pola makan yang salah sehingga dapat menyebabkan timbulnya gejala impaksi yang tanpa disadari mengganggu kehamilannya.
  • Sebelumnya sudah mengalami masalah gigi, seperti impaksi gigi dan lainnya. Hal ini yang membuat gejala akan semakin parah dan serius, jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan gangguan pada gigi semakin parah, dan fatalnya pengaruh pada janin Anda. Beberapa cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi yang aman dan benar.
  • Akibat rasa ngidam atau muntah yang tidak dapat ditahan, pada saat mengindam biasanya wanita hamil dipengaruhi asupan makanan dan minuman yang tidak dapat dikontrol. Contohnya ada wanita yang suka ngidam manis seperti es krim, coklat, permen dan lainnya, dimana jika tidak memperhatikan kebersihan gigi setelah mengkonsumsi asupan tersebut maka akan menimbulkan gejala sakit gigi. Contoh penyebab gigi impaksi yang sering terjadi tanpa disadari.
  • Kebiasaan muntah pada ibu hamil yang sering dapat berkibat pada kondisi lambung yang mana lambung mengeluarkan asamnya. Hal ini jika terlalu lama dan sering maka asam lambung dapat mengikis lapisan pada gigi atau email, dan akhirnya terjadilah impaksi gigi dan penyakit gigi lainnya.

Gejala Gigi Impaksi Saat Hamil

Umunya sebelum Anda terkena gejala impaksi gigi, akan muncul tanda – tanda seperti rasa sakit pada gigi, bengkak dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi masalah tersebut dan menyakinkan bahwa gigi Anda benar – benar terinfeksi, berikut ini contoh gejalanya :

  • Timbul rasa nyeri dan sakit pada sekitar daerah impaksi, jika tidak ditangani dengan baik dan benar maka akan berakibat semakin parah. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi kehamilan Anda kelak.
  • Rasa nyeri disertai bengkak pada gigi yang terimpaksi. Akan dirasakan bengkak mulai dari bagian mulut, pipi, ragang, leher sampai pada kelenjar getah bening akan terpengaruh. Dampak dan efek samping gigi impaksi yang wajib diketahui.
    Sponsors Link

  • Timbul sakit kepala seperti mirgain, akibat rasa nyeri hebat yang disertai dengan peradangan. Jika tidak diobati maka akan berimbas pada kondisi kehamilan dan janin yang terganggu.
  • Menimbulkan rahang dan tulang pipi akan tegang dan kaku, karena posisi gigi yang memang tidak sepatutnya berada di tempat yang salah. Jadi impaksi gigi sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.
  • Terjadi gangguan pada syaraf sekitar mulut, pipi, dan lainnya. Hal ini karena adanya infeksi dan peradangan pada gigi yang terkena impaksi.
  • Gejala sinusitis Anda dapat terganggu jika hal ini dibiarkan begitu saja. Dan sudah tentu akan semakin parah dengan kondisi kehamilan yang tidak diimbangi dengan obat.
    ads

Pengobatan Gigi Impaksi Saat Hamil

Ragam cara untuk mengobati impaksi gigi, mulai dari cara alami sampai pada cara medis. Hal ini dapat dilakukan dengan kondisi impaksi gigi Anda, jika masih bisa ditangai secara alami, cobalah dengan beberapa ramuan atau sebaliknya. Berikut contoh pengobatan baik alami dan medis :

  • Gunakan ramuan air hangat dengan garam, yaitu dengan dicampur menjadi satu. Setelah itu jadikan sebagai obat kumur – kumur, lakukan setidaknya 3 kali dalam sehari atau sampai kondisi gigi tidak sakit.
  • Gunakan ramuan perasan jeruk lemon sebagai obat kumur. Penggunaan air perasan yang dijadikan obat kumur bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, rasakan manfaatnya setelah beberapa waktu pemakaian.
  • Gunakan minyak cengkeh, caranya hangatnya minyak cengkeh. Setelah itu oles pada bagian impaksi gigi, lakukan selama 3 kali dalam sehari dan sampai kondisi membaik. Referensi obat impaksi gigi terbukti ampuh dan aman.
  • Menggunakan ramuan bawang putih, dengan cara merebus bawang putih sampai mendidih. Setelah itu jadikan obat berkumur, lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Niscaya rasa sakit akan menghilang.
  • Konsultasi ke dokter apabila Anda memburuk, dokter akan melihat kondisi gigi dan kondisi kehamilan Anda. Biasanya dokter akan melakukan operasi gigi apabila hal ini baik bagi kondisi kehamilan Anda.
  • Dokter akan memberikan beberapa referensi obat yang aman untuk dikonsumsi sebagai penghilang rasa sakit dan bengkak. Dan obat ini aman untuk ibu hamil. Berikut ini efek kerusakan gigi penyebab, pencegahan dan cara mengatasinya.
  • Untuk tindakan pencabutan, hal ini dokter akan melihat kondisi kehamilan Anda. Jika berbahaya maka akan ditunda sampai Anda melahirkan.

Pencegahan Gigi Impaksi Saat Hamil

Lebih baik mencegah daripada mengobati, itulah pepatah yang sering kita dengar untuk suatu penyakit atau hal lain. Untuk mengantisipasi gejala impaksi gigi bertambah parah dan mencegahnya sedari dini, berikut ini tips dan langkah untuk Anda :

  • Rajin menggosok gigi dengan cara yang benar dan rutin, supaya pertumbuhan gigi dapat tumbuh normal.
  • Gunakan mouthwash sebagai antisipasi masalah gigi khususnya impaksi gigi. Masalah gigi susu rusak parah penyebab, cara mengatasi dan efek samping.
  • Hindari makanan dan minuman bertekstur keras atau yag dapat merusak gigi Anda.
  • Rajin memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda pada dokter gigi yang berpengalaman.

Semoga penjelasan di atas mengenai gigi impaksi saat hamil bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi