Sponsors Link

Gigi Keropos Pada Anak 1 Tahun – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Pernahkah Anda melihat anak yang baru berusia 1 tahun sudah memiliki gigi keropos? Rasanya hal seperti ini bukanlah satu-satunya yang baru anda ketahui. Bahkan di saat anak baru menginjak usia 1 tahun mereka sudah memiliki gigi keropos bahkan berwarna kuning kecoklatan. Lantas, apa yang menjadi penyebab gigi keropos pada anak kecil 1 tahun?

ads

Saat gigi susu mulai tumbuh terkadang banyak orang tua yang mulai memberikan asupan makanan pendukung ASI bagi si anak. Hasilnya, sisa makanan yang mereka konsumsi menjadi cikal bakal tumbuhnya plak pada gigi yang membuat masalah baru pada pertumbuhan gigi mereka di tahap berikutnya.

Plak yang tidak dibersihkan secara sempurna akan membuat mulut memiliki kadar asam yang lebih tinggi. Saat mulut dalam kondisi asam, maka sejumlah bakteri akan berkembang sangat cepat pada area tersebut. Hal inilah yang sering memicu timbulnya masalah gigi keropos pada anak walaupun usia mereka baru menginjak 1 tahun.

Penyebab Gigi Keropos Pada Anak 1 Tahun

Ciri-ciri gigi susu yang sudah mulai keropos tentu tidak terjadi begitu saja. Berikut beberapa penyebab gigi keropos pada anak usia 1 tahun:

  1. Kurangnya Asupan Gizi dan Nutrisi

Selain mendukung pertumbuhan tubuh, asupan gizi dan nutrisi juga dapat menjaga kesehatan gigi lebih baik lagi. Biasanya jika anak-anak memiliki asupan gizi dan nutrisi yang kurang, maka bukan hanya pertumbuhannya saja yang lambat. Melainkan akan mengalami keropos pada gigi susunya di usia yang masih 1 tahun. Untuk itu, perbanyak asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi agar kesehatan gigi anak lebih terjaga dan tidak menyebabkan gigi anak tumbuh berantakan.

  1. Rusaknya Email Gigi

Rusaknya email gigi mungkin dapat dipicu kurangnya asupan gizi dan nutrisi pada anak. Biasanya saat masa kehamilan, setiap ibu diharuskan mencukupi asupan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang cukup. Selain untuk mendukung perkembangan janin, asupan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi juga dapat mempengaruhi kesehatan gigi anak di masa mendatang. Dimana kurangnya asupan gizi dan nutrisi dapat menimbulkan kerusakan pada gigi termasuk lemahnya lapisan email gigi.

  1. Plak Pada Gigi

Penumpukan plak terjadi akibat sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu penumpukan plak yang paling banyak terjadi karena kebiasaan minum susu yang dilakukan di malam hari. Biasanya anak balita sangat identik dengan minum susu sebagai penghantar tidur mereka. Saat anak anda sudah tidur, maka kebanyakan orang tua tidak membersihkan gigi mereka sehingga terjadi penumpukan sisa susu yang menempel pada lapisan email gigi. 

Sponsors Link

  1. Kebersihan Gigi yang Kurang Diperhatikan

Sebagian orang tua enggan membersihkan gigi anak karena menganggap jika anak balita tidak akan mengalami masalah gigi separah orang dewasa. Namun anggapan tersebut sangat salah. Dimana bayi memiliki lapisan email gigi yang masih sangat rentan untuk mengalami kerusakan. Jika lapisan emailnya masih lemah, maka kemungkinan terjadi erupsi gigi susu akan bertambah lebih besar.

ads

  1. Minum Susu Melalui Dot

Tidak sedikit pada orang tua yang memilih dot sebagai wadah untuk memberikan susu pada si anak. Selain lebih praktis, dot juga dapat digunakan untuk menampung susu formula dan ASI dengan cara yang lebih baik. Sayangnya, kebiasaan menghisap dot dalam waktu yang lama justru menyebabkan gigi susu mengalami keropos di usia dini. Bahkan kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah gigi berlubang pada anak 2 tahun.

Efek Gigi Keropos Pada Anak 1 Tahun

Terdapat beberapa efek tumbuhnya gigi keropos pada anak usia 1 tahun. Berikut beberapa efek samping jika anak usia 1 tahun sudah mengalami gigi keropos:

  • Gigi Gigis
  • Perubahan Warna Pada Gigi Anak
  • Pertumbuhan Gigi Permanen yang Terganggu
  • Lubang Pada Gigi
  • Tampilan Gigi yang Buruk

Cara Mengatasi

Untuk para orang tua yang memiliki anak dengan gigi keropos di usia 1 tahun. Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi keropos agar kerusakannya tidak bertambah parah:

  1. Rutin Membersihkan Gigi Anak

Agar gigi keropos anak tidak bertambah parah, maka dapat di atasi dengan rutin membersihkan gigi. Anda dapat mengajarkan pada anak untuk mulai menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus anak. Dengan cara ini maka plak akibat sisa susu ataupun makanan dapat terangkat dan tidak menempel pada gigi.

  1. Hindari Penggunaan Dot Bayi

Jika selama ini anak masih menggunakan dot bayi untuk meminum susu. Maka hindari kebiasaan tersebut agar anak tidak menghisap karet dot yang dapat membuat gigi jadi bermasalah. Anda bisa menggunakan gelas khusus anak agar mereka tetap bisa meminum susu dengan baik.

  1. Tambah Asupan Gizi dan Nutrisinya

Gigi keropos juga dapat disebabkan karena asupan gizi dan nutrisi pada tubuh si anak berkurang. Anda bisa menambah asupan gizi dan nutrisinya dengan makanan pendukung ASI, seperti buah, sayur, daging, dan lainnya.

  1. Jauhkan Anak-Anak dari Makanan yang Memicu Kerusakan Gigi

Umumnya anak-anak sangat menyukai makanan manis untuk mereka konsumsi. Namun makanan tersebut justru menjadi musuh utama bagi kesehatan gigi mereka. Sebaiknya, jauhkan anak anda dari makanan yang dapat merusak gigi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini