Sponsors Link

Gigi Lebih Sehat dengan Gemar Memakan Ikan, Benarkah?

Sponsors Link

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia tentu kaya sekali akan ikan. Tapi sayangnya beberapa masyarakat kurang begitu suka mengkonsumsi ikan.

ads

Tentu sangat berbeda dengan negara tetangga sebelah seperti Jepang dan Korea, diamana masyarakatnya gemar sekali makan ikan.bahkan tak jarang mereka mengkonsumsinya secara mentah. Dengan gemar mengkonsumsi ikan, gigi bisa menjadi lebih sehat. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan ialah :

Asam lemak Omega-3, Vitamin : D dan B2 (riboflavin), Kalsium, Fosfor, Mineral ( zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium ).

Salah satu cara untuk mencegah peradangan tersebut adalah konsumsi omega-3. “Bakteri penyebab periodontitis bisa tumbuh karena adanya peradangan.

Nah, terapi anti inflamasi dengan omega-3 yang dilakukan pada kelinci di laboratorium menunjukkan hasil yang positif. Kami berharap hal ini juga berlaku pada manusia,” kata dr Kenneth J Mukamal dari Harvard Medical School.

Menurut dr Gerald Curatola dari New York University’s College of Dentistry, hasil penelitian yang dilakukan Mukamal itu masuk akal mengingat sudah cukup banyak bukti-bukti ilmiah yang menunjukkan omega-3 akan mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menjaga kesehatan liver.

“Inflamasi adalah pembunuh nomor satu dalam tubuh manusia dan dalam skala rendah inflamasi terjadi pada penyakit gusi,” kata Curatola. Ia menambahkan, orang yang menderita penyakit gigi kronis lebih berisiko terkena penyakit jantung.

“Penderita periodontitis risikonya 10 kali terkena serangan jantung, penyakit diabetes, atau Alzheimer. Konsumsi omega-3 akan mengurangi terjadinya inflamasi di dalam tubuh,” katanya.

Dalam penelitian yang dilakukan Mukamal, ia dan timnya melibatkan 9.000 orang dewasa yang berpartisipasi dalam survei nasional mengenai kesehatan dan nutrisi pada tahun 1999 dan 2004. Empat persen dari responden menderita penyakit gusi. Namun, mereka yang rutin makan ikan laut hanya sedikit yang menderita periodontitis.

Beberapa manfaat lain dari ikan yang mungkin belum kamu ketahui :

  • Mengurangi Risiko Stroke

Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan demikian anda yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke. cara mengobati dry socket pada gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Mata dan Kulit Menjadi Lebih Sehat

Kandungan fosfor dan vitamin yang cukup tinggi sangat penting untuk membantu kesehatan mata dan kulit yang menjadi sehat. Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Omega 3 juga sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini. manfaat vitamin c untuk gigi dan mulut bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Mengurangi Risiko Adanya Kanker

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun ternyata menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kandungan zat riboflavin dipercaya juga dapat mencegah dan menghalau berbagai jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Sponsors Link

Mukamal juga menemukan, pasien yang gusinya sehat memiliki kadar protein C-reactiveyang rendah dalam darahnya. Ini merupakan tanda adanya inflamasi. Walau begitu, ia mengatakan bahwa yang paling penting untuk mencegah penyakit gusi adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi