Sponsors Link

Gigi Ngilu Akibat Asam Lambung : Penyebab, Ciri, Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kesehatan adalah sebuah nikmat yang perlu dijaga. Jika tidak, maka akan muncul berbagai gangguan pada kesehatan. Jika sudah muncul satu gangguan, maka bagian lain juga secara tidak langsung bisa terpengaruh olehnya. Sudah banyak contoh kasusnya. Salah satu yang berhubungan adalah masalah kesehatan gigi dengan kesehatan lambung sebagai organ pencernaan. Walau terlihat keduanya tidak memiliki hubungan yang erat, namun nyatanya keduanya cukup erat hubungannya. Bukan hanya menjadi penyebab Mulut Terasa Asam saja, bahkan, ada banyak kasus gigi ngilu bisa disebabkan oleh masalah lambung.

ads

Penyebab Asam Lambung

Salah satu yang perlu diketahui adalah bahwa kasus gigi ngilu bisa disebabkan oleh asam lambung. Namun sebelum mengetahui lebih jelas mengenai gigi ngilu akibat asam lambung, ada baiknya memahami terlebih dahulu mengenai penyakit asam lambung itu sendiri.

Penyakit asam lambung atau yang sering disebut sebagai GERD (Gastri Esophageal Reflux Disease) merupakan sebuah kondisi gangguan pada lambung, dimana asam lambung akan naik ke esofagus atau kerongkongan. Esofagus sendiri adalah organ yang menghubungkan lambung dengan mulut. Penyebab dari asam lambung sendiri adalah adanya gangguan pada Lower Esophageal Sphichter (LES). Dimana LES akan berfungsi sebagai katup otomatis yang akan membuka dan menutup pada waktu yang tepat.

Jika katup LES tidak bisa menutup sempurna, maka asam lambung bisa naik ke atas dan kembali ke esofagus. Hal inilah yang sering kali menyebabkan gejala rasa sakit di ulu hati dan rasa panas. Selain itu salah satu akibatnya adalah munculnya permasalahan gigi ngilu akibat asam lambung.

Penyebab Gigi Ngilu karena Asam Lambung

Permasalahan gigi ngilu memang sering terjadi di masyarakat. Penyebab Gigi Sensitif ada banyak sekali. Namun kali ini yang dibahas adalah yang disebabkan oleh asam lambung. Seperti yang dijelaskan di atas, asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Seperti namanya, asam lambung memiliki sifat yang asam. Sedangkan zat yang memiliki sifat asam juga memiliki kemampuan untuk mengikis (korosif).

Hal inilah yang terjadi kepada gigi Anda jika Anda sering mengalami kenaikan asam lambung. Gigi memiliki lapisan email sebagai pelindung bagian gigi yang lebih dalam (dentin). Dan di dalam dentin terdapat susunan saraf yang sensitif. Jika asam naik, maka lapisan email lama kelamaan akan menjadi terkikis. Dan hal ini akan menyebabkan lapisan dentin menjadi lebih terbuka. Akibatnya, akan muncul rasa ngilu seperti gigi sensitif.

Ciri Gigi Ngilu karena Asam Lambung

Permasalahan gigi ngilu akibat asam lambung juga memiliki ciri khusus, karena penyebabnya mungkin berbeda dengan masalah gigi sensitif yang lainnya. Berikut beberapa Ciri Gigi Sensitif yang disebabkan oleh asam lambung.

  • Bagian gigi yang terkikis biasanya adalah bagian belakang, sementara bagian depan tidak terkikis. Hal ini dikarenakan asam lambung memang akan dikeluarkan melalui mulut (sendawa), sehingga arah kedatangan sifat asam adalah dari belakang gigi.
  • Karena bagian yang terkikis adalah bagian belakang, sementara bagian depan tidak, maka jika mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin, rasa ngilu yang paling dominan akan berada di bagian belakang gigi, yaitu yang lebih sering terpapar asam lambung dari kerongkongan.

Itulah ciri dari gigi ngilu karena masalah asam lambung. Jika Anda sering mengalami masalah asam lambung dan Anda menunjukkan ciri gigi ngilu seperti di atas, maka sudah pasti penyebab gigi ngilu Anda adalah karena asam lambung.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Permasalahan gigi ngilu akibat asam lambung bisa diatasi jika Anda berhasil mengatasi penyakit asam lambung itu sendiri. Beberapa cara mengatasi penyakit GERD antara lain sebagai berikut.

  • Menurunkan berat badan bagi orang-orang dengan kelebihan berat badan.
  • Menghindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa menekan rongga perut dan memicu asam lambung naik lebih cepat.
  • Menghindari stress.
  • Menghindari merokok.
  • Membiasakan diri untuk tidur dengan bantal yang lebih tinggi, karena saat kepala tidak tinggi, asam lambung bisa mudah naik ke kerongkongan.
  • Menghindari kebiasaan berbaring setelah makan.
  • Makan dalam porsi kecil namun dilakukan lebih sering.
  • Menghindari makanan yang bisa memicu asam lambung berlebihan.
  • Menghindari minuman beralkohol dan kafein.
  • Mengonsumsi beberapa jenis obat yang bisa menetralisir asam lambung. Namun perhatikan dosis dan jenisnya. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan ini.
  • Jika kasus asam lambung Anda sudah cukup parah, metode operasi bisa dilakukan dengan rekomendasi dokter. Operasi bisa dilakukan jika muncul peradangan yang parah pada esofagus, adanya perubahan pada sel esofagus, atau jika terjadi penyempitan esofagus.
Sponsors Link

Selain itu, jika Anda mengalami gigi ngilu karena asam lambung, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai Cara Mencegah Gigi Sensitif dan ngilu. Antara lain sebagai berikut.

  • Menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi.
  • Mengurangi asupan makanan yang asam dan yang manis.
  • Memilih pasta gigi untuk gigi sensitif dan sikat gigi yang lembut sehingga tidak merusak lapisan gigi.
  • Mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Tunggu beberapa saat setelah makan saat akan menggosok gigi. Jangan langsung menggosok gigi setelah makan.
  • Memeriksakan ke dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gigi ngilu akibat asam lambung. Ketahui juga mengenai Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag untuk lebih menjelaskan masalah tersebut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini