Sponsors Link

Gigi Patah Orang Dewasa, Apa Masih Bisa Diselamatkan?

Sponsors Link

Seperti pada bagian tubuh lain, area gigi juga sangat rawan terhadap cedera seperti contohnya gigi geraham patah setengah. Ketika masih kecil, gigi susu memang akan tanggal dengan sendirinya dan menjadi hal normal yang harus terjadi. Namun gigi patah orang dewasa bukan masalah yang remeh sebab bisa mengakibatkan infeksi atau kerusakan saraf. Ketika ini terjadi, maka penanganan medis harus secepat mungkin diberikan atau langsung menemui dokter gigi. Lalu, apakah masalah gigi yang patah ini masih bisa diselamatkan dan disambung kembali pada gigi yang masih tertanam pada gusi?, berikut jawabannya untuk anda.

ads

Jenis Jenis Gigi Patah Orang Dewasa

Ada beberapa jenis cedera yang bisa terjadi pada seseorang dan jenis gigi patah orang dewasa akan tergantung dari penyebab cedera serta tingkat keparahan kejadian. Beberapa jenis gigi patah pada orang dewasa yang biasa terjadi diantaranya adalah:

  • Gigi retak: Gigi retak dan ngilu umumnya tidak akan menyebabkan gigi tanggal seluruhnya dari area gusi. Ada bagian gigi yang masih tertanam pada gusi namun terlihat garis retakan atau ada sebagian gigi yang tanggal atau patah. Rasa sakit yang ditimbulkan juga tidak sehebat gigi patah hingga terlepas dari gusi. Kemungkinan rasa sakit akan terjadi ketika menggosok gigi, mengunyah makanan atau minum sesuatu yang panas dan dingin.
  • Gigi patah seluruhnya: Gigi patah hingga tanggal dari gusi umumnya menimbulkan rasa nyeri, pendarahan dan juga bengkak. Gigi patah ini bisa disimpan kemudian langsung pergi ke instalasi gawat darurat atau IGD sehingga bisa langsung ditangani pihak medis karena tidak bisa disembuhkan sendiri di rumah. Semakin cepat diatasi pihak medis, maka peluang untuk merekatkan gigi kembali pada gusi dan akar juga semakin besar.

Pertolongan Pertama Gigi Patah

Sambil menunggu tindakan dari tenaga medis atau dokter gigi, ada beberapa pertolongan pertama yang harus anda lakukan untuk menyelamatkan gigi anda. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  1. Bersihkan Patahan Gigi

Jika gigi yang patah tersebut terjatuh, maka segera temukan dan cuci dengan air bersih yang mengalir kemudian rekatkan kembali ke posisi semula. Tambahkan tekanan supaya gigi bisa menempel dengan kuat. Namun jika ternyata patahan gigi tersebut sudah tidak bisa menempel pada gigi, maka rendam gigi tersebut dengan susu putih atau air hangat dengan kain kasa yang sudah steril untuk mencegah penyebab gigi ompong.

  1. Kumur Memakai Air Hangat

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan patahan gigi adalah dengan menekan gigi yang patah memakai lidah atau jari. Lanjutkan dengan berkumur memakai air hangat untuk membersihkan sisa darah dan kotoran pada area mulut anda. Ini sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi gigi dan sesudah selesai berkumur segera gigit sapu tangan lembut agar patahan gigi tersebut bisa tertahan dengan baik hingga sampai ke IGD atau dokter gigi.

  1. Atasi Pendarahan dan Pembengkakan

Jika gigi yang patah sampai menyebabkan pendarahan, maka tekan dengan kasa yang steril. Jika tidak ada kain kasa, maka gunakan kain lembut atau sapu tangan yang sudah dicelupkan dengan air dingin. Jika terlihat pembengkakan, maka segera kompres memakai es namun jangan tempelkan es batu ke area gusi karena bisa membuat jaringan rusak untuk mengatasi penyebab gusi bengkak tersebut. Bungkus terlebih dahulu es batu dengan kain yang lembut dan baru tempelkan pada area yang bengkak. 

Sponsors Link

  1. Redakan Rasa Nyeri yang Terjadi

Sambil menunggu dokter dan untuk mengurangi rasa sakit, maka anda bisa minum obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen yang juga digunakan untuk mengatasi penyebab sakit gigi kambuh. Selain itu, anda juga bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam untuk meredakan rasa nyeri tersebut.

Sebenarnya, gigi patah orang dewasa masih bisa diselamatkan dan direkatkan kembali pada patahan gigi yang masih menempel pada gusi dengan bantuan medis. Semua ini bisa terjadi jika penanganan pada gigi patah yang anda lakukan tepat sambil menunggu pertolongan dari pihak medis atau dokter gigi. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi anda yang bermasalah dengan gigi patah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi