Sponsors Link

Gigi Patah Setengah, Bisakah Ditambal?

Sponsors Link

Gigi patah apa yng harus kita lakukan? apakah harus melakukan teknologi 3D dalam kedokteran gigi? Tentang waktu dan tanggal tumbuh gigi banyak yang menanyakan masalah gigi yang patah. Meskipun gigi manusia sangat kuat, pada situasi tertentu dapat pecah, cuil, atau patah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ras nyeri yang parah dan membuat gigi rentan terkena infeksi dan kerusakan lebih lanjut.

ads

Jika gigi diduga patah, sangat penting untuk periksa ke dokter gigi sesegera mungkin untuk dilakukan tindakan misalnya pengobatan gigi dengan laser. Sambil menunggu kesempatan diperiksa ole dokter gigi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit dan menjaga gigi sesehat mungkin.

  • Merawat gigi patah sampai sembuh dapat diperiksa dan dilakukan tindakan oleh dokter gigi dengan alat dokter gigi yang canggih.

1. Simpan potongan gigi jika ada.

Terkadang dokter gigi dapat menempelkan potongan gigi. Jadi simpanlah patahan gigi tersebut ke dalam wadah yang berisi susu atau air liur agar tidak membusuk sebab terdapat dampak jika patah dibiarkan. Jangan mencoba menempelkan potongan gigi tersebut sendiri, karena akan menambah rasa nyilu pada gigi.

2. Cuci mulut dengan air garam.

Mulut penuh dengan bakteri yakni bakteri lapisan biofilm pada gigi dan gusi dan cedera apa pun dapat mudah terinfeksi, cuci mulut menggunakan air garam mampu mencegah infeksi saat mengalamai gigi patah. Gunakan garam 1 sdt dengan air 240 ml. Kumur – kumurkan selama 30 – 60 detik pada area cidera dan usahakan jangan di telan larutan tersebut dan lakukan hal yang sama setelah makan.

3. Konsumsi obat pereda nyeri.

Yang dapat dibeli tanpa resep untuk membantu meredakan nyeri. Juka kerusakan gigi sangat parah. Rawatlah dengan obat pereda nyeri yang dapa dibeli tanpa resep samapi dapat menemui doketr gigi untuk mendapatkan perwatan. Gunkan produk ibuprofen, seperti Mortin dan Advil yang mampu meredakan bengkak dan rasa nyeri.

4. Lapisi tepi tajam dengan dental wax.

Terkadang, gigi patah menyebaban tepi tajam yang dapat melukai lidah atau gusi. Guna mencegah luka di mulut, lapisi tepi tajam tersebut dengan dental wax, yang dapat dibeli dibagian muluta yang dapat dibeli di sebagian besar apotek.

5. Makanlah dengan hati – hati sampai mendapatkan perwatan dari dokter.

Mungkin saja Anda tidak dapat menemui dokter gigi selama beberapa hari setelah gigi patah. Pada kasus tersebut, Anda tetap harus tetap makan sebelum dapat menemui dokter gigi. Lakukan tindakan berikut untuk meredakan nyeri

dan mencegah kerusakan lebih lanjut saat makan. Pilihlah makanan yang lunak hindari makanan yang bertekstur keras, jangan makan makanan yang sangat panas atau dingin, usahakan menguyah tidak pada bagian yang mengalami cidera.

  • Gigi patah bisa terjadi  di berbagai bagian gigi, ada yang terjadi pada email, dentin dan pulpa, juga bisa terjadi patah pada bagian mahkota (sehingga tinggal menyisakan sisa akar) dan akar. Lalu bagaimana cara menanganinya?
Sponsors Link

1. Jika terjadi patah pada email

Ada dua hal yang bisa dilakukan, jika patahnya kecil dan tidak  mengganggu secara estetis gigi cukup dihaluskan saja, namun jika patahnya sudah sangat mengganggu maka gigi bisa ditambal dengan menggunakan Resin Komposit atau tambalan yang menggunakan sinar.

2. Jika gigi patah pada bagian dentin

Gigi harus dilakukan penambalan. Pada dentin terdapat serabut – serabut syaraf dan apabila tidak ditambal akan menyebabkan gigi nyilu pada saat makan panas, dingin dan makanan rasa yang kuat. Penambalan bisa dengan tambalan Resin Komposit (tambalan sinar) atau dengan membuat jaket/ mahkota tiruan. Pemilihan teknik penambalan ditentukan berdasarkan banyaknya bagian gigi yang patah.

ads

3. Jika gigi patah pada bagian pulpa

Akan mengalami tanda khusus yaitu terjadi pendarahan dari dalam gigi. Karena  di dalam pulpa  terdapat pembuluh darah dan syaraf, dan sakitnya pasti sakit banget! Kalau terjadi patah pada bagian pulpa sebaiknya langsung ke dokter gigi untuk dilakukan perwatan syaraf sehingga malam harinya bisa tidur dengan nyaman. Setelah perwatan syaraf tuntas, idealnya gigi ditambal dengan menggunakan pasak dan mahkota tiruan.

4. Kalau mahkota giginya yang patah

Jika hal ini terjadi ini sangat sakit. Dari semuanya yang paling sakit adalah bagian ini jika mengalami patah gigi. Penanganan dari kasusu ini benar – benar harus melihat kondisi patahnya. Jika patahnya masih di atas gusi, gigi masih bisa dirawat dan dilakukan pembuatan mahkota tiruan. Jika patahnya di bawah gusi atau tulang, kemungkinan besar akar yang tersisa harus di cabut dan selanjunya butuh pembuatan gigi tiruan.

  • Kapankah harus ke dokter?

Beerapa saat setelah gigi patah, pasien bisa langsung datang ke dokter untuk melakukan penambalan, tapi memang pada saat . namun pada saat itu pasti masih merasakn sakit karena benturannya. Jika pasien mengeluarkan banyak darah, penanganan bisa dilakukan setelah pasien pulih.

Sebulan setelah penambalan, pasien dianjurkan untuk datang kontrol ke dokter gigi walau pasien tidak merasakan keluhan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi gigi paska benturan, kadang benturan menyebabkan gangguan pada

pembuluh darah dan syaraf sehingga gigi tidak mendapatkan nutrisi hingga akhirnya mati.  Keadaan ini baru bisa diketahui minimal sebulan setelah kecelakaan. Gigi yang mati apabila tidak dilakukan perawatan dapat menyebabkan radang dan bengkak di kemudian hari.

Semoga cukup jelas ya… kalau gigi patah memang dapat ditambal dengan menggunkan Resin Komposit. Juga ada yang harus dilakukan tindakan pencabutan dan menggantinya dengan gigi palsu. Jadi tak perlu kawati jika mengalami gigi patah segera lah bawa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Semoga bermanfaat terima kasih……

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi