Sponsors Link

Gigi Rapuh : Penyebab, Perawatan dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu piranti atau bisa juga disebut sebagai suatu asset yang sangat penting dan tergolong vital peranannya dalam tubuh kita, terutama fungsinya yang cukup vital dalam sistem pencernaan kita. Setuju ya sobat semua.

ads

Selain itu, memiliki gigi yang putih, bersih, dan rapi merupakan impian semua orang, karena dengan memiliki gigi putih dan bersih ini dipercaya akan membuat senyuman di wajah anda akan semakin manis dan menarik. Jadi tidak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan sejumlah uang untuk melakukan perawatan gigi demi mendapatkan gigi yang diinginkannya.

Oke sobat semua yang selalu penulis rindukan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kesehatan  gigi, agar berbeda dengan artikel sebelumnya. Adapun materi atau pembahasan kita kali ini adalah mengenai gigi rapuh.

Nah sobat semua, apakah anda memiliki gigi rapuh? Atau apakah anda ingin mendeteksi sejak dini penyebab gigi rauh tersebut? Jika iya, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya secara terperinci buat sobat semua. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Penyebab Gigi Rapuh

Pada umumnya sebagian dari kita masih sering melupakan atau melalaikan kewajiban untuk membersihkan atau menggosok gigi paling tidak 2 kali dalam sehari. Selain itu, yang sering kita lalaikan juga adalah sering kali kita meluapkan kebiasaan buruk dari cara makan atau minum sesuatu yang bisa membuat gigi kita rapur. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi rapuh :

1. Sering Mengunyah Es Batu

Penyebab yang pertama adalah kebiasan buruk anda yang sering mengunyah es batu. Kebiasan buruk ini bisa terus menerus berlanjut dapat membuat jaringan lunak di dalam gigi mengalami iritasi sehingga akan membuat gigi anda akan lebih mudah retak yang nantinya akan berlanjut ke gigi rapuh.

2. Terlalu Sering Minum Miuman Bersoda

Penyebab yang kedua adalah anda terlalu sering minum minuman bersoda. Minuman bersoda ini, selain tidak bagus buat gigi minuman ini juga tidak bagus untuk berat badan anda sobat, karena minuman bersoda mengandung 11 sendok gula dalam setiap porsinya. Selain itu, minuman bersoda ini juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat merusak serta mengikis enamel gigi anda sehingga akan membuat kerusakan gigi lebih cepat.

3. Kebiasaan Buruk Merokok

Penyebab yang ketiga adalah karena kebiasaan buruk anda merokok.  Seperti yang sudha tertera di bungkus setiap rokok, bahwasanya merokok dapat menyebabkan kanker gigi dan mulut, bibir serta lidah. Selain itu, dengan kebiasana merokok maka lama kelamaan akan membuat gigi anda menjadi berubah warna kekuningan yang diakibatkan oleh zat nikotin yang ada pada rokok tersebut. Inilah yang membuat gigi tersebut akan berubah menjadi rapuh dan gigi depan keropos dan patah. Jadi anda wajib mengurangi atau lebih baik lagi menghindarinya.

Sponsors Link

4. Karena Minum Atau Makan Yang Terlalu Panas Atau Dingin

Penyebab yang ke empat adalah karena minum atau makan yang terlalu panas atau dingin. Jika anda terlalu sering minum atau makan yang terlalu panas dan dingin, akan berakibta fatal bagi kesehatan gigi anda. Salah satunya adalah dengan rusaknya bagian luar pada gigi anda, yaitu abgian enamel gigi tersebut Apabila bagian enamel ini sudah rusak, maka bagian atau jaringan gigi anda yang lainnya juga akan lebih cepat mengalami kerusakan seperti rapuh ataupun cepat keropos.

5. Cara Merawat Gigi Rapuh

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk merawat gigi rapuh adalah sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila mengonsusmi buah adan sayur segar tentunya akan membuat gigi kit akan menjadi sehat. Hal ini dikarenakan vitamin C yang ckup banyak dalam buha dan sayur tersebut yang dapat memperbaiki keadaan gigi anda yang sudah rapuh. Gigi anda boleh saja rapuh. Tapi hati jangan ya sobat, harus tetap kuat. Setuju dong, mengingat manfaat vitamin c untuk gigi cukup bagus, berarti anda wajib mencukupi asupan vitamin c harian anda ya sobat.

ads
  • Pemberian Fluroide

fluoride ini adalah salah satu zat yag pada umumnya terdapat pada pasta gigi yang dapat membantu merawat gigi anda yang sudah rapuh. Namun jika memang kondisi gigi anda sudah terlanjur parah, ada baiknya anda menambahkan jumlah fluoride tersebut mislanya dari pasta gigi khusus, atau bisa juga dari obat kumur secara khusus agar gigi anda lebih terawat.

  • Periksa Gigi Anda Setidaknya 6 Bulan Sekali

Melakukan perawatan gigi sendiri di rumah memang bagus ya sobat, namun akan lebih bagus lahi apabila anda melakukan perawatan atau pengecekan ke dokter gigi secara rutin. Anda bisa melakukan perawatan setidaknya 6 bulan sekali ke dokter gigi. Hal ini mempunyai tujuan untuk mendeteksi kerusakan yang kasat mata yang tidak bisa anda lihat secara nyata.

Cara Mengatasi Gigi Rapuh

Selanjutnya setelah anda mengetahui mengenai penyebab gigi rapuh, sekarang saatnya anda mengetahui cara mengatasi gigi rapuh. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi rapuh antara lain adalah sebagai berikut :

  • Melakukan Penambalan

Cara yang pertama adalah dengan melakukan penambalan pada gigi anda. Penambalan ini bertujuan untuk menghentikan terjadinya pengeroposan pada gigi anda. Namun apabila anda ingin melakukan penambalan pilihlah bahan yang bagus ya sobat, agar tidak terjadi masalah nantinya. Penambalan ini juga bisa dilakukan untuk perawatan gigi hipersensitif sehingga dalam jangka waktu yang panjang tidak menyebabkan gigi rapuh.

  • Jagalah Kebersihan Gigi dan Mulut Anda

Kebersihan mulut merupakan suatu yang sangat pentng untuk anda lakukan ya sobat. Semahal apapun perawatan pada gigi anda namun jika kebersihan gigi dan mulut anda tidak dijaga, maka akan percuma dan akan membuat gigi anda bermasalah juga nantinya. Oleh karena itu kebersihan gigi ini bersifat wajib ya sobat.

  • Melakukan Remineralisasi Pada Gigi

Remineralisasi merupakan proses untuk mengembalikan kembali unsur mineral pada gigi anda yang hilang, sehingga memperbaiki struktur gigi yang berpotensi rusak karena adanya proses deremineralisasi. Anda bisa melakuka perawatan gigi ini dengan mengunjungi dokter gigi ya sobat.

Sponsors Link

Oke sobat semua, berakhir sudah kebersamaan kita pada artikel kali ini. Terima kasih buat sobat semua yang sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya sobat. Sampai ketemu di artikel selanjutnya dengan pembahasan yang menarik. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini