Sponsors Link

Gigi Retak Bisa Ditambal Dengan Bahan Berkualitas

Sponsors Link

Gigi merupakan salah satu asset dari bagian tubuh kita yang harus selalu dirawat dan dijaga kebersihan serta kesehatannya. Seperti yang kita ketahui bersama, gigi merupakan salah satu bagian dari mulut yang memberi kesan indah pada senyuman kita jika keberadaan gigi ini kita rawat sebagai mana mestinya.

ads

Tetapi pada aktulanya, tidak sedikit diantara kita semua yang melalaikan kewajiban ini. Begitu banyak penyakit gigi yang kita alami diakibatkan oleh kelalaian kita dalam merawatnya. Padahal dengan rajin menggosok gigi saja sudah merupakan langkah awal dalam proses perawatan gigi ini. Baca juga mengenai cara memperbaiki gigi retak.

Sering sekali terjadi gigi kita bermasalah dahulu baru merawatnya. Sebaiknya tetap melakukan perawatan yang rutin agar gigi anda tetap sehat ya sobat.

Salah satu masalah yang ditimbulkan karena kelalaian dalam merawat gigi adalah gigi retak. Jika sudah mengalami hal seperti ini mau tidak mau sobat harus melakukan perawatan khsusus pada gigi anda. Baca juga mengenai cara merawat gigi agar tetap putih.

Perawatan khusus tersebut seperti menambalnya agar gigi tetap kuat. Yuk simak bersama – sama ulasan mengenai gigi retak bisa ditambal. Adapun jenis penambalan gigi yang bisa anda lakukan sebagai berikut :

1. Amalgam

Gigi retak bisa ditambal yang pertama menggunakan bahan amalgam. Tambalan gigi jenis ini terbuat dari campuran timah, perak , seng, tembaga dan merkuri. Hampir 50 % bahan yang digunakan adalah merkuri, dan biasanya tambalan gigi sejenis ini digunakan untuk menambal gigi geraham bagian belakang. Tambalan jenis ini bisa bertahan hingga 10 tahun loh sobat tergantung perawatan anda sendiri. Baca juga mengenai pasta gigi untuk gigi retak.

2. Komposit Resin

Gigi retak bisa ditambal selanjutnya menggunakan bahan komposit resin. Bahan tambalan gigi komposit ini, terbuat dari partikel campuran plastik dan kaca halus. Proses penambalan gigi jenis ini akan menggunkan sinar biru terang, yang berfungsi untuk mengeraskan partikel pada kaca gigi.

Pada proses penambalan ini agak memakan waktu yang cukup lama karena hasil cetakan anda yang sebenarnya akan dikirimkan terlebih dahulu ke laboratorium. Setelah itu barulah gigi anda kan diukir menggunkaan partikel plastikdan kaca halus tadi. Baca juga mengenai cara mengatasi sakit gigi berlubang.

3. Emas Kuning

Seperti yang kita lihat bersama, di Indonesia atau di tengah – tengah masyarakat kita sudah banyak sekali gigi yang ditambal menggunakan emas kuning. Karena bahan emas memang banyak diminati oleh masyarakat.

Sponsors Link

Selain berfungsi untuk menambal gigi agar terlihat bentuknya seperti semua, penggunaan gigi tambalan berbahan emas ini juga mendatangkan kesan seolah – olah anda orang kaya. Sah – sah saja sih sobat tetapi asalkan jangan terlalu over saja ya. Gigi berbahan emas ini bisa tahan hingga 15 tahunan. Baca juga mengenai bahaya gigi palsu.

4. Logam dan Porselen

Gigi retak bisa ditambal terakhir menggunakan bahan logam dan juga porselen. Porselen dan logam merupakan bahan umum untuk memperbaiki kerusakan pada gigi. Biasanya kedua bahan tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki semua bagian gigi. Seperti untuk veneer gigi, implan, bahkan kawat gigi menggunakan bahan ini.

Sponsors Link

Meskipun demikian biasanya harga penmablan gigi dengan bahan ini, harganya tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Adapun untuk masa pemakain dari bahan ini bisa bertahn hingga 7 tahun.

Bagaimana sobat anda memilih yang mana. Kalau bisa tidak usah memilih salah satu diantaranya ya sobat. Karena memang pada intinya yang alami itu tetaplah lebih indah. Untuk itu disarankan kepada sobat semua yang memang belum memiliki masalah pada gigi, rawatlah gigi anda sebaik mungkin sebelum terlambat. Karena sekali lagi penulis ucapkan yang alami itu tetaplah menjadi pilihan.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih pada sobat semua ynag telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini yang membahas mengenai gigi retak bisa ditambal. Semoga bermanfaat dan penulis ucapkan sampai jumpa. Salam gigi sehat sobat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi