Sponsors Link

Penyebab Gigi Retak dan Ngilu serta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepintas jika anda bercermin melihat gigi anda, sepertinya baik – baik saja tidak ada masalah. Tetapi kenapa saat makan makanan yang panas atu minum minuman yang dingin tiba – tiba ada rasa ngilu yang begitu sakit, tetapi hanya sebentar saja kemudian normal kembali.

ads

Apabila anda pernah bahkan sering mengalami kejadian sperti ini, bisa saja gigi anda ada yang retak sobat. Keretakan gigi ini akan mengakibatkan rasa ngilu ketika gigi anda kena dengan makanan atau minuman. Hal ini membuat gigi anda menjadi sangat sensitif. Baca juga mengenai gigi retak bisa ditambal.

Pada umumnya gigi yang retak ini tidaklah kasat mata, makanya anda berpikir bahwa gigi anda baik – baik saja dan tidak ada masalah. Tetapi ada hal yang harus anda waspadai sobat. Sekalipun memang tidak kasat mata, tetapi retak gigi ini sangat berpengaruh terhadap kerusakan gigi anda nantinya.

Keretakan gigi yang dibiarkan berlama – lama, akan mengakibatkan keretakan bahkan kerusakan pada pulpa gigi anda. Jika hal ini terjadi,maka siap – siaplah sobat semua harus mencabut gigi tersebut.

Gigi retak dan ngilu bisa menimbulkan rasa sakit saat anda mengunyah. Dan bila didiamkan dan tidak ditindak lanjuti, bisa saja rasa sakit itu timbul bahkan sekalipun anda sedang tidak mengunyah. Baca juga mengenai cara memperbaiki gigi retak.

Gejala itu timbul akibat bakteri yang masuk lewat celah retakan dan menginfeksi jaringan yang lebih dalam di gigi. Jangan sampai hal seperti ini anda alami ya sobat. Biasanya gigi retak dan ngilu itu disebabkan oleh beberapa hal nih sobat, diantaranya :

  • Mengunyah makanan penyebab gigi ngilu yang keras seperti es batu, kacang atau bahkan permen.
  • Adanya kebiasaan selalu menggeretak gigi ( biasanya pada saat tidur).
  • Memberikan tekanan berlebihan pada gigi.
  • Kehilangan enzim dalam gigi karena faktor pemakaian tambalan pada gigi.
  • Paparan kepada lapisan terluar gigi yang disebut email gigi, dari makanan atau minuman yang terlalu panas, atau makanan dan minuman yang terlalu dingin.
  • Adanya efek samping dari pemutihan gigi yang dilakukan ber ulang – ulang.
  • Keseringan melakukan pembersihan karang gigi.

Jika sobat semua termasuk salah satu kriteria di atas, maka mulai sekarang belajarlah untuk berhenti ya sobat. Memang menahan kebiasaan secara laangsung akan terasa berat. Jadi anda bisa mengakalinya dengan meninggalkannya secara bertahap. Baca juga mengenai penyebab gigi dan gusi ngilu.

Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngilu akibat gigi yang retak. Yuk kita simak bersama – sama penjelasannya di bawah ini :

Sponsors Link

  • Gunakanlah pasta gigi yang memang di rancang khusus untuk gigi ngilu. Hal ini dapat anda lakukan setidaknya untuk mengurangi rasa ngilu yang anda rasakan.
  • Berkonsultasilah dengan dokter spesialis gigi. Dan bila perlu mintalah dokter untuk mengoleskan gigi anda dengan fluoride agar gigi anda lebih kuat untuk menahan ngilu. Selain itu lakukan juga hal ini dirumah sewaktu – waktu ngilu gigi anda kambuh.
  • Mengikat atau menebalkan. Permukaan gigi yang terpapar dapat ditangani  dengan lapisan pengikat ( bonding resin) yang diaplikasikan pada akar. Tetapi anda harus siap – siap dibius ya sobat, karena biasanya proses ini membutuhkan bius lokal
  • Saluran akar. Proses ini dilakukan dengan cara merawat pulpa gigi. Cara ini dapat anda lakukan apabila ke tiga point diatas sudah anda lakukan tetapi belum mendatangkan hasil yang anda inginkan. Baca juga mengenai cara mengatasi gigi ngilu.
Sponsors Link

Itulah beberapa tips yang penulis informasikan pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai gigi retak dan ngilu ya sobat. Terima kasih bagi yan sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi