Gigi Sensitif : Penyebab, Pencegahan dan Cara Perawatannya

Gigi merupakan salah satu komponen atau piranti yang sangat memiliki peran penting dan tergolong vital fungsinya dalam, tubuh kita terlebih lagi dalam sistem pencernaan. Gigi ini merupakan piranti dalam tubuh yang bertugas pertama kalinya untuk mengolah makanan dalam mulut.

Bisa anda bayangkan ya sobat apabila gigi anda bermasalah tentunya bukan hanya sistem pencernaan aja yang bermasalah namun performa tubuh anda secara keseluruhanpun akan mengalami dampaknya. Selain itu sobat, ternyata ada fakta unik di balik keberadaan gigi ini dalam tubuh kita.

Yakni dengan memiliki gigi yang putih, bersih dan rapih akan menambah indahnya senyuman di wajah anda. Tentunya hal ini kta ketahui bersama ya sobat, karena gigi adalah salah satu penunjang untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

Oleh karena pentingnya fungsi gigi tersebut dalam  tubuh kita, oleh karenanya sudah seyogianya kita harus menjaga serta merawat kesehatan gigi tersebut secara teratur. Ada beberapa jenis perawatan pada gigi tergantung kondisi gigi anda ya sobat, salah satunya adalah gigi sensitif.

Apakah sobat semua adalah pemilik gigi sensitif? Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan ulasan mengenai gigi sensitif. Jadi jika sobat adalah salah satu yang memiliki gigi sensitif atau bahkan gigi hipersensitif, ada baiknya sobat menyimak ulasaan berikut ini. Yuk sobat langsung saja kita simak dengan seksama.

Mempunyai gigi yang sensitif memang sangat menganggu ya sobat dan cenderung membuat kita tidak nyaman. Sering kali rasa ngilu tersebut timbul pada saat sedang menikmati makanan dan minuman kesukaan anda, namun tiba – tiba saja rasa ngilu itu hadir yang membuat mood menjadi tidak enak.

Bahkan yang lebih menjengkelkan lagi ngilu tersebut bisa kita rasakan hingga ber jam – jam pasca makan atau minum. Adapun gigi sensitif tersebut bisa terjadi di usia berapapun. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh lapisan tengah gigi atau dentin yang sangat tipis dan lembut sehingga pada saat terpapar dengan makanan akan menyebabkan rasa ngilu yang sangat sakit. Gigi sensitif tersebut bisa terjadi ketika lapisan terluar gigi anda atau yang disebut dengan enamel gigi sudah menipis.

Penyebab Terjadinya Gigi Sensitif

Adapun yang menjadi penyebab gigi sensitif antara lain adalah sebagai berikut :

1. Penyusutan Gusi

Penyebab gigi sensitif yang pertama adalah karena penyusutan gusi. Dentin atau akar gigi berisi ribuan tabung kecil yang mengarah ke pusat saraf gigi. Bagian ini biasanya terlindungi oleh lapisan gusi. Namun ketika jaringan ini tertarik atau menyusut, maka bagian yang sangat sensitif ini akan terbuka sehingga menimbulan terjadinya gigi sensitif dan terkadang juga radang gusi sulit dihindari.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Penyebab gigi sensitif yang kedua adalah karena menyikat gigi yang terlalu keras. Apabila anda terus – menerus menyikat gigi terlalu keras dengan sikat gigi atau bulu sikat gigi yang terlalu keras bisa merusak enamel gigi sehingga dentin menjadi terbuka. Bahkan sikat gigi terlalu keras menyebabkan sariawan lo sobat. Jika denti gigi sudah terbuka maka peluang gigi menjadi sensitif akan terbuka lebar ya sobat.

3. Sering Mengonsumi Makanan Atau Minuman Terlalu Asam

Penyebab gigi sensitif yang ketiga adalah terlalu seting mengonsumsi makanan dan minuman  yang terlalu asam . Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, dapat mengikis lapisan emal gigi yang seyogianya melindungi bagian akar dan dentin gigi anda. Jika enamel gigi anda sudah terkikis sobat, maka akan membuat gigi anda menjadi rentan akan gigi sensitif.

4. Akibat Gigi Pecah Atau Patah

Penyebab gigi sensitif yang ke empat adalah karena gigi pecah atau patah. Apabila gigi anda patah, entah oleh karena faktor apapun itu sudah pastinya akan membuat dentin gigi anda terbuka. Jika dentin gigi ini terbuka maka tidak usah ditanya lagi ya sobat, pastinya akan membuat gigi anda akan berpotensi menjadi sensitif.

Pencegahan Gigi Sensitif

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah gigi sensitif tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Hindari Makanan Dan Minuman Asam

Cara pencegahan gigi sensitif yang pertama adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang asam. Seperti yan sudah peulis jelaskan di atas, kebiasaan mengonsumsi makanan dan  minuman yang asam akan membuat enamel gigi anda terkikis yang nantinya akan mengakibatkan gigi anda menjadi sensitif. Untuk itu kuranhi makanan dan minuman asam nya ya sobat.

  • Hilangkan Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Cara pencegahan gigi sensitif yang kedua adalah dengan menghilangkan kebiasaan anda mengunyah es batu. Selain teksturnya yang memang keras, unsur dingin yang ada di dalam es batu tersebut tidak baik jika langsung bersentuhan dengan gigi, apalagi bersentuhan dengan cara dikunyah. Hal ini bisa membuat erosi pada enamel gigi anda yang nantinya kan membuat gigi anda menjadi sensitif.

  • Hilangkan Kebiasaan Menggertak Gigi

Cara pencegahan gigi sensitif yang ketiga adalah dengan cara menghilangkan kebiasaan anda menggertak gigi. Tanpa anda sadari sobat, bahaya kebiasaan menggertakkan gigi tak disengaja maupun tidak disengaja akan berpotensi membuat gigi anda patah yang berujung membuat gigi anda sensitif atau bahkan gigi rapuh.

Cara perawatan Gigi Sensitif

Adapun cara perawatan gigi sensitif antara lain adalah sebagai berikut : 

  • Gunakan Sikat Gigi Yang Berbulu Halus

Cara perawatan gigi sensitif yang pertama adalah dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang bulunya halus. Hal ini bisa mengurangi efek menyikat gigi yang agresif dan membantu melindungi enamel gigi anda.

  • Jangan Menyikat Gigi Terlalu Kencang

Cara perawatan gigi sensitif yang kedua adalah jangan menyikat gigi terlalu kencang. Apabila neyukat gigi terlalu kencang, hal ini dapat mengakibatkan resesi pada gusi anda yag mengakibatkan terjadinya erosi pada enamel gigi anda. Bahkan penyebab gusi berdarah tiba tiba bisa terjadi karena perilaku kurang tepat seperti ini.

  • Pakailah Pasta Gigi Khusus Untuk Gigi Sensitif

Cara perawatan gigi sensitif yang ketiga adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Hal ini tentunya membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi anda karena pasta gigi tersebut dirancang khusus untuk merawat enamel gigi anda sehingga mengurangi rasa ngilu.

Sekian informasi yang bisa penulis share mengenai gigi sensitif pada kesempatan kali ini ya sobat. Semoga bermanfaat dan bisa menjad irefrensi buat anda. Sampai jumpa di artikel selanjuntya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru kami. Salam hangat selalu dari penulis.