Sponsors Link

Apakah Gigi Sensitif Bisa Sembuh Total Seperti Semula?

Sponsors Link

Penyebab gigi cenat cenut ketika makan sesuatu yang panas atau dingin menjadi tanda jika anda sedang mengalami gigi sensitif. Meski sangat mengganggu, namun sebenarnya masalah gigi sensitif ini bisa dengan mudah disembuhkan sendiri di rumah. Namun memang, jika masalah gigi sensitif ini masih saja terus terjadi, maka sebaiknya kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Namun sesudah berobat ke dokter, apakah gigi sensitif bisa sembuh total seperti semula?

ads

Penyebab Gigi Sensitif

Anatomi gigi manusia terdiri dari beberapa lapisan yakni lapisan terluar gigi bernama email gigi atau enamel, akar atau sementum dan juga lapisan gigi terdalam yang disebut dengan dentin. Gigi nantinya akan berubah menjadi sensitif pada saat lapisan dentin sudah terekspos dengan lingkungan luar.

Dentin terhubung dengan saluran yang berisi serabut saraf. Pada saat dentin terpapar dengan suhu panas atau dingin lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi, maka serabut saraf dalam gigi juga akan terpapar sehingga bisa menyebabkan sakit pada gigi.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dentin terbuka seperti enamel gigi yang terkikis sehingga akar gigi terlihat yang disebabkan karena karang gigi, gigi berlubang, gigi surut, menggosok gigi terlalu keras sampai gingivitis atau penyakit gigi. Kebiasaan menggemeretakkan gigi atau bruxism ketika sedang tidur juga bisa mengikis email gigi sehingga gigi menjadi sensitif.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari juga bisa menjadi penyebab gigi sensitif khususnya makanan yang terlalu asam seperti lemon, saus tomat, acar dan juga kiwi yang membuat pengikisan lapisan paling luar gigi sehingga bisa menjadi penyebab gigi ngilu tiba tiba saat sedang makan.

Asam bisa mengakibatkan lapisan pelindung gigi semakin tipis dan inilah yang menyebabkan seseorang dengan masalah pencernaan seperti maag atau GERD memiliki risiko lebih tinggi terhadap gigi sensitif sebab asam lambung yang naik ke kerongkongan sehingga bisa mengenai lapisan gigi. Masalah gigi sensitif juga akan dialami orang bulimia yang sering memuntahkan makanan sesudah dicerna sehingga mengikis gigi dan membuat gigi menjadi sensitif.

Pengobatan Gigi Sensitif

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi sensitif ringan di rumah, seperti:

  • Sikat gigi dengan benar dengan cara tidak menekan sikat dan menggosok terlalu keras.
  • Gunakan sikat gigi berbulu halus sebab bulu sikat yang kasar bisa menyebabkan gusi turun dan email gigi terkikis.
  • Gunakan pasta gigi khusus sensitif mengandung mineral dan fluorida tinggi.
  • Hindari makan dan minum panas atau dingin. 
    Sponsors Link

Apakah Gigi Sensitif Bisa Sembuh Total?

Untuk sebagian besar kasus, penyebab gigi sensitif sebenarnya bisa sembuh apabila diberikan perawatan tepat dan dilakukan dengan teratur, Memakai pasta gigi sensitif juga terbilang ampuh untuk mengatasi masalah gigi sensitif ringan. Dalam pasta gigi sensitif biasanya mengandung potasium nitrat atau strontium klorida yang bisa melindungi sistem saraf dalam gigi serta menghalangi sinyal rasa sakit. Merawat dengan pasta gigi sensitif juga biasanya menjadi saran pertama yang diberikan dokter untuk pasien gigi sensitif.

Apabila masih belum sembuh, maka dokter akan menyelidiki penyebabnya sebelum menentukan cara terbaik untuk mengatasi ciri gigi sensitif. Jika gigi sensitif terjadi karena gigi berlubang atau masalah gigi lain seperti gusi surut, maka dokter akan menangani sumber tersebut sebelum mengatasi masalah gigi sensitif pasien. Umumnya, jika penyebab gigi sensitif sudah diatasi, maka masalah gigi sensitif juga akan hilang.

Sesudah itu, dokter akan memberikan perawatan desensitisasi dengan mengaplikasikan gel khusus pada lapisan gigi untuk mengurangi ngilu karena ciri ciri gigi sensitif. Dokter kemungkinan juga akan mengaplikasikan gel fluorida untuk menguatkan lapisan gigi, mencegah gigi berlubang dan menurunkan risiko gigi sentifi di kemudian hari.

Perawatan di dokter gigi umumnya akan dilakukan beberapa kali agar hasilnya bisa maksimal sehingga gigi sensitif bisa sembuh total. Akan tetapi, ini semua juga harus diikuti dengan perawatan gigi yang baik dan benar. Jika masih malas menyikat gigi dan sering mengkonsumsi makanan penyebab gigi ngilu, maka masalah gigi sensitif bisa terjadi kembali dan membuat perawatan gigi yang anda lakukan menjadi sia sia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini