Sponsors Link

Gigi Sensitif Saat Hamil, Normal Atau Tidak?

Sponsors Link

Ada banyak perubahan yang bisa terjadi selama seorang wanita dalam masa kehamilan. Perubahan tersebut juga bisa terjadi pada beberapa area tubuh yang tidak diduga sebelumnya seperti salah satunya gigi. Ternyata, bukan hanya suasana hati yang akan berubah menjadi sensitif, namun gigi juga akan lebih mudah terasa ngilu ketika terkena makanan panas atau dingin. Namun, apakah sebenarnya gigi sensitif saat hamil normal terjadi? dan bagaimana cara mengatasinya?.

ads

Penyebab Gigi Sensitif Saat Hamil

Walau tidak semua ibu hamil akan mengalami kondisi yang serupa, akan tetapi ciri gigi sensitif saat hamil termasuk salah satu perubahan yang normal terjadi. Hal ini bisa saja terjadi pada akhir trimester pertama atau awal trimester kedua kehamilan. Gusi merupakan jaringan ikat yang mengelilingi leher gigi dan menutupi area rahang. Peningkatan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil mengakibatkan peningkatan aliran darah menuju gusi. Kondisi tersebut menyebabkan gusi menjadi lebih lembut dan jadi lebih rentan mengalami peradangan serta pembengkakan.

Komplikasi berkepanjangan dari kondisi tersebut akan berpengaruh pada jaringan gigi yang menutupi akar akar gigi dan juga bagian dalam gigi lain termasuk dentin gigi. Fungsi dentin adalah untuk menutupi saraf pusat yang ada pada gigi. Dentin yang tidak tertutup tentunya bisa meningkatkan sensitivitas gigi anda. Kondisi tersebut yang kemudian menjelaskan kenapa anda bisa merasakan sensitivitas yang menusuk dan menyakitkan ketika sedang mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas atau terlalu dingin. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi sensitif selama masa kehamilan.

1. Meningkatnya Hormon Kehamilan

Gigi sensitif atau terasa ngilu umumnya terjadi pada trimester 1 hingga 2 yang disebabkan karena peningkatan hormon kehamilan. Ini menyebabkan aliran darah menuju gusi meningkat sehingga gusi akan melembut dan menjadi penyebab gusi bengkak terjadi. Pembengkakan gusi tersebut biasanya akan mempengaruhi jaringan gigi seperti akar gigi atau dentin. Apabila akar atau dentin gigi tertutup oleh gusi, maka ngilu akan terasa ketika makanan atau minuman panas dan dingin masuk ke dalam mulut.

2. Kurang Asupan Kalsium

Seorang ibu yang mengalami masalah gigi sensitif juga bisa terjadi karena kekurangan kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Ketika dalam masa kehamilan kekurangan kalsium, maka kalsium dari gigi akan diambil sehingga gigi menjadi sensitif dan mudah berlubang.

3. Muntah Berlebihan

Muntah atau yang biasa disebut dengan morning sickness juga bisa menyebabkan gigi sensitif dan terasa ngilu. Ini terjadi karena muntah yang dikeluarkan membuat area gigi terkena asam lambung yang cukup kuat. Ketika terjadi berulang kali, maka enamel gigi bisa rusak dan menyebabkan gigi sensitif serta mudah berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Saat Hamil

Untuk mengatasi masalah gigi yang terasa ngilu karena makanan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Meningkatnya sensitivitas gigi bisa diakali dengan memakai sikat gigi yang lembut dan juga teknik menyikat gigi yang juga lembut.
  • Selain menyikat gigi, ganti juga pasta gigi yang biasa anda gunakan dengan pasta gigi sensitif dan mengandung fluoride.
  • Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis serta asam. Makanan dan minuman yang terlalu manis hanya akan memperburuk kondisi gigi anda sama seperti makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Pastikan anda berkumur dengan air hangat sesudah mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.
  • Vitamin B12, kalsium, vitamin C dan vitamin D sangat penting dikonsumsi untuk pertumbuhan gigi. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung beberapa nutrisi tersebut bisa membantu untuk menjaga kesehatan gigi yang sedang sensitif.
  • Tingkatkan frekuensi sikat gigi dalam sehari termasuk sesudah makan camilan untuk mencegah timbulnya plak pada gigi yang menjadi penyebab paling umum gangguan pada gusi.
    Sponsors Link

Akan tetapi, anda sebaiknya segera memeriksakan gigi ke dokter jika masalah gigi sensitif yang terjadi juga disertai dengan:

  • Rasa sakit pada gigi sampai menyebabkan gigi tanggal.
  • Pendarahan atau pembengkakan pada gusi.
  • Luka di bagian mulut lain yang terasa sakit setiap kali sedang makan.
  • Kesulitan saat bernapas.

Jangan lupa juga katakan pada dokter gigi jika anda sedang hamil ketika sedang melakukan pemeriksaan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi