Sponsors Link

Gigi Sensitif sejak Anak Anak : 8 Penyebab dan 10 Cara Mengatasi

Sponsors Link

di artikel kita kali ini, kita akan membahas “Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif sejak Anak – anak”, ya sobat. Gigi ngilu adalah salah satu masalah yang juga kerap dialami oleh banyak orang. Gigi ngilu juga dikenal sebagai gigi sensitif misalnya karena dampak terlalu sering mengunyah permen karet.

ads

Orang yang merasakan gigi ngilu tentunya akan merasa terganggu dan barang kali merasa jengkel karena gigi ngilu biasanya akan terasa pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sehingga orang yang memiliki gigi ngilu pun terpaksa untuk menghindari segala makanan atau minuman yang bisa memicu rasa ngilu pada gigi mereka terlebih ketika dihadapkan pada dampak cabut gigi saat menstruasi.

Gigi ngilu ini sendiri bisa dialami oleh semua orang dari berbagai usia, termasuk anak – anak. Rasa ngilu yang dirasakan anak – anak sama halnya dengan rasa ngilu yang dirasakan oleh orang dewasa. Pada umumnya gigi ngilu dapat disebabkan oleh terkikisnya lapisan enamel gigi akibat adanya jenis – jenis penyakit gigi akibat dampak buruk minuman labek “sugar free”

dan jenis – jenis penyakit mulut yang menyerang. Selain itu, gigi ngilu juga bisa dipicu oleh perlakuan buruk yang sering dilakukan terhadap gigi. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, berikut ini akan diulas mengenai penyebab gigi sensitif sejak anak anak ya sobat, baca dan pahami dengan teliti ya sebab sobat harus tau batasan usia efektif menggunakan kawat gigi.

1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang atau sering disebut karies gigi dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Bakteri ini akan membentuk asam yang dapat mengikis lapisan gigi. Ketika lapisan gigi terbuka, maka lapisan di bawahnya pun akan terpapar oleh rangsangan dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut anak dan dicegah dengan vaksin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Lapisan itu dikenal sebagai dentin. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju sarap gigi. Sehingga ketika lapisan gigi dentin ini tersentuh oleh makanan atau minuman yang panas dan dingin, akan memicu rasa ngilu yang sangat hebat pada gigi.

2. Metode sikat gigi yang salah

Perlunya mengajari anak tentang cara menyikat gigi dengan benar sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi para orang tua. Karena metode sikat gigi yang salah juga dapat berdampak negatif pada gigi anak. Seperti metode menyikat gigi yang terlalu keras, maka hal ini dapat memicu terjadinya gigi ngilu.

Selain metode, sikat gigi yang digunakan oleh anak haruslah sesuai dengan usianya. Jangan membiarkan anak menyikat giginya menggunakan sikat gigi yang dewasa karena sikat gigi dewasa ini terlalu keras untuk gigi anak. Hal ini lambat laun akan menyebabkan pengikisan lapisan gigi. Akibatnya, gigi jadi ngilu dan sensitif.

3. Radang Gusi

Radang gusi atau juga dikenal dengan istilah gingivitis ini juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu pada anak lho sobat. Radang gusi terjadi akibat adanya infeksi dari bakteri mulut. Infeksi ini pun dapat menimbulkan rasa nyeri dan ngilu pada area gigi sehingga anak yang mengalami radang gusi pun bisa merasakan gigi ngilu. Selain itu, radang gusi juga akan membuat gusi mengalami bengkak dan merah.

Sponsors Link

4. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang dikonsumsi anak juga bisa menjadi pemicu terjadinya gigi ngilu. Seharusnya sobat – sobat yang telah menjadi orang tua tidak terlalu sering membiarkan anak untuk mengkonsumsi makanan yang dapat merusak gigi seperti makanan atau minuman yang terlalu asam,

serta makanan atau minuman yang terlalu manis. Karena hal ini mampu membuat bakteri dalam mulut bekerja lebih keras dalam membentuk asam yang dapat mengikis lapisan gigi hingga ke dalam. Akibatnya rasa nyeri atau ngilu pun dapat dialami oleh gigi anak.

5. Plak yang terlalu menumpuk

Plak merupakan asam yang terbentuk dari sisa – sisa makanan yang tidak dibersihkan. Plak ini bertugas untuk mengikis lapisan gigi hingga menyebabkan gigi berlubang besar dan dapat memicu terjadinya gigi ngilu. Pentingnya menggosok gigi bertujuan untuk mencegah pembentukan plak.

ads

Nah kalau anak – anak tidak rutin menyikat gigi maka penumpukan plak bisa terjadi sehingga gigi ngilu pun akan dialami. Selain itu, plak yang menumpuk juga akan mengakibatkan gigi susu rusak parah dan gigi susu anak keropos.

6. Gigi Retak

Gigi retak pada anak dapat terjadi karena menggigit makanan yang terlalu keras, cedera, atau kebiasaan menggertakkan gigi. Gigi retak ini sama halnya dengan gigi berlubang besar, gigi yang retak juga dapat memicu rasa ngilu saat anak mengkonsumsi sesuatu.

7. Proses Pembusukan pada Gigi

Pembusukan yang terjadi pada gigi tentunya termasuk dalam kategori salah satu penyebab gigi sensitif. Gigi yang semula dalam keadaan baik – baik saja tanpa kita tau tiba – tiba bisa sensitif karena kebiasaan pola makan yang kurang baik, apalagi gigi yang membusuk? Pastinya resiko untuk sensitif lebih besar.

8. Pemilihan Pasta Gigi yang Kurang Tepat

Pasta gigi yang tepat untuk gigi sobat haruslah diperhatikan dengan baik. Jika sobat merasakan ketidaknyamanan dalam penggunaan sebaiknya segera mengganti pasta gigi tersebut. Selain itu lihat terlebih dahulu ingredientnya. Karena pasta gigi yang kurang tepat bisa memicu timbulnya gigi sensitif.

Nah sobat, setelah kita membahas apa saja penyebab – penyebab gigi sensitif pada anak, selanjutnya kita akan membahas bagaimanan cara mengatasi gigi sensitif yang  dialami oleh anak – anak. Langsung saja simak pembahasan di bawah ini ya sobat !

  • Hilangkan kebiasaan buruk menggosok gigi dengan tekanan yang keras dan dengan gerakan kiri – kanan.
  • Sikat gigi secara rutin.
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dengan kepala sikat sesuai dengan ukuran mulut.
  • Hindri penggunaan sikat yang bulu sikatnya sudah rusak.
  • Bersihkan gigi pada seluruh permukaan gigi sampai ke celah – celah gigi siku gusi.
  • Lakukan pijatan gusi untuk memperlancar peredaran.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung sinc dan triclosan.
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki perbedaan suhu pada saat bersamaan.
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan trauma pada gusi atau merusak gusi.
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu asam atau terlalu manis.

Nah sekian, artikel tentang “Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif sejak Anak – anak” ya sobat. Salam sehat sobat. Terima kasih

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini