Sponsors Link

Penyebab Gigi Sensitif Terhadap Dingin dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Anda mungkin sering menikmati minuman dingin atau es krim ketika cuaca sedang panas. Namun, jika gigi anda sensitif dengan dingin, maka bersentuhan dengan makanan atau minuman dingin bisa terasa sangat menyakitkan. Gigi sensitif terhadap dingin memang dialami banyak orang di seluruh dunia. Untuk itulah, memahami penyebab gigi sensitif terhadap dingin menjadi hal penting untuk dilakukan seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads

Gejala Gigi Sensitif

Gejala paling utama dari ciri gigi sensitif terhadap dingin tentunya rrasa tidak nyaman sesudah makan atau minum sesuatu yang dingin. Nyeri tersebut bisa terjadi secara tiba tiba dan tingkat sensitivitasnya bisa ringan, sedang sampai berat.

Beberapa orang dengan gigi sensitif juga bisa mengalami sakit ketika sedang menyikat gigi atau flossing gigi yang kemudian bisa memperburuk kebersihan gigi dan memicu masalah gigi lebih lanjut seperti penyakit gusi dan gigi berlubang seperti gigi taring berlubang.

Penyebab Gigi Snesitif

Sensitivitas gigi bisa terjadi minor atau mengindikasikan masalah gigi serius dan anda tidak bisa mendiagnosis sendiri sensitivitas gigi. Jika anda memiliki kepekaan terhadap dingin, maka sebaiknya bicarakan pada dokter gigi. Beberapa penyebab gigi sensitif terhadap dingin diantaranya adalah:

1. Menyikat Dengan Kuat

Menyikat gigi terlalu kuat dengan sikat gigi yang keras bisa secara bertahap merusak enamel gigi anda yang menjadi lapisan paling luar gigi yang melindungi lapisan dalam.

Enamel gigi yang digunakan secara bertahap bisa mengekspos laposan dentin gigi yang merupakan lapisan kedua tempat ujung saraf. Minum atau makan sesuatu yang dingin bisa mengiritasi saraf dan menyebabkan rasa sakit tajam serta berselang di dalam mulut anda.

2. Makanan Asam

Makanan asam juga bisa merusak enamel gigi dan mengekspos ujung saraf. Beberapa contoh makanan asam diantaranya adalah kiwi, lemon, jeruk bali dan juga jeruk. Untuk itu, pastikan anda mengkonsumsi makanan asam dalam jumlahs edang khususnya jika anda memiliki masalah gigi sensitif.

3. Pasta Gigi Pemutih Gigi

Pasta gigi untuk memutihkan gigi memang bisa membuat senyum anda terlihat lebih cerah. Namun, anda mungkin juga bisa sensitif terhadap bahan kimia yang digunakan dalam zat pemutih tersebut seperti bahaya deterjen pasta gigi.

Penggunaan pasta gigi pemutih secara teratur bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan sensitivitas. Obat kumur yang mengandung alkohol juga bisa membuat gigi sensitif terhadap dingin.

4. Penyakit Gusi

Menyikat gigi dengan teratur, membersihkan dengan flossing gigi memang menjadi hal penting untuk menghilangkan plak pada gigi dan menghindari penyakit gusi.

Apabila plak menumpuk pada gigi atau di sepanjang garis gusi, maka radang gusi dan infeksi bisa terjadi yang akhirnya bisa merusak jaringan gusi, menyebabkan gigi menyusut dan mengekspos ujung saraf pada akar.

5. Bruxism

Bruxism atau kebiasaan menggemeretak gigi ketika sedang tidur bisa mengkespos dentin. Jika tidak diperbaiki, maka bisa menyebabkan sensitivitas setiap kali anda sedang makan atau minum sesuatu yang dingin.

6. Kerusakan Gigi

Rongga atau lubang yang tidak dirawat atau tambalan gigi yang aus juga bisa menyebabkan ujung saraf pada gigi terkespos. Pada saat terkena dingin, maka anda mungkin akan merasakan sakit gigi sampai ke kepala dan mata atau sensitivitas pada area gigi yang terkena.

Perawatan Gigi Sensitif

Perawatan gigi sensitif sendiri tergantung dari penyebabnya sehingga harus dibicarakan dengan dokter dan melakukan pemeriksaan gigi. Beberapa perawatan untuk menghentikan rasa sakit dan masalah gigi sensitif diantaranya adalah:

Sponsors Link

  • Perawatan fluoride: Dokter gigi akan merekomendasikan perawatan fluoride untuk menguatkan enamel gigi.
  • Perubahan diet: Perubahan pola makan seperti menghilangkan makanan asam dari diet yang bisa melemahkan enamel gigi juga harus dilakukan.
  • Mengenakan pelindung mulut: Untuk mengatasi kebiasaan menggesek gigi saat tidur atau menggemeretakkan gigi dengan gejala seperti sakit kepala, sakit telinga, rahang kaku dan sakit wajah bisa mencegah enamel menjadi aus selain juga akan merekomendasikan perawatan fluoride atau pasta gigi fluoride untuk menguatkan enamel gigi anda.
  • Mengubah cara menyikat gigi: Kebiasaan menyikat gigi yang sehat juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif terhadap dingin. Anda bisa mengganti sikat gigi yang keras dengan sikat gigi berbulu halus dan jangan menyikat gigi terlalu keras.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi