Sponsors Link

Apakah Gigi Supernumerary?

Sponsors Link

Orang dewasa umumnya memiliki 32 gigi permanen, sedangkan anak anak memiliki 20 gigi bayi. Meski jarang terjadi, gigi ekstra bisa berkembang di mulut yang dikenal dengan sebutan hyperdontia yang merupakan salah satu dari jenis jenis penyakit gigi dan gigi ekstra tersebut disebut dengan gigi supernumerary.

ads

Gigi gigi tersebut terjadi pada 0.15 persen sampai 4 persen dari populasi yang bisa terjadi pada siapa saja namun lebih sering dihubungkan dengan orang yang memiliki sindrom Gardner yakni kelainan genetik langka, down sindrom atau mereka yang terlahir dengan bibir sumbing. Gigi supernumerary tersebut bisa muncul dua kali lebih sering pada pria dewasa dibandingkan dengan wanita dewasa.

Jenis Jenis Gigi Supernumerary

Gigi supernumerary bisa tumbuh di mana saja di dalam mulut, namun paling sering ditemukan di antara gigi permanen. Ini bisa terjadi di antara gigi bayi, namun cenderung lebih sulit diidentifikasi sebab tumbuh secara normal dan bentuknya juga seperti gigi lain serta berada pada posisi yang benar. Pemeriksaan klinis dokter gigi atau sinar X nantinya bisa membantu untuk menegakkan diagnosis.

Gigi supernumerary bisa tumbuh sebagai gigi tunggal, namun terkadang ada beberapa gigi yang muncul secara terpisah atau dalam kelompok. Sedangkan dalam kasus yang jarang terjadi, sebanyak 30 gigi supernumerary bisa ditemukan. Beberapa jenis gigi supernumerary diantaranya adalah:

1. Gigi Supernumerary Berbentuk Kerucut

Ini merupakan tipe paling umum dan terjadi pada gigi permanen. Jenis gigi supernumerary ini memiliki akar normal dan akan tumbuh di dekat gigi seri pusat yang berpotensi menggusur gigi tersebut penyebab rahang asimetris.

2. Gigi Supernumerary Tuberkulosis

Jenis gigi supernumerary ini berbentuk tong dan bisa berdampak pada gusi. Gigi ini memiliki akar abnormal dan jarang erosi. Gigi ini terletak di langit langit mulut dekat gigi seri pusat dan bisa menunda erupsi gigi gigi tersebut dan menyebabkan kerusakan gigi.

3. Gigi Supernumerary Tambahan

Jenis gigi supernumerary ini merupakan jenis paling umum yang ditemukan di antara gigi bayi yang biasanya muncul di dekat gigi seri lateral dan biasanya bisa erupsi.

4. Gigi Supernumerary Molariform

Gigi jenis ini memiliki jenis akar yang paling lengkap dan bentuknya menyerupai gigi premolar. Gigi ini biasanya akan tumbuh di sebelah kanan geraham pada anatomi gigi manusia.

Penyebab dan Faktor Risiko

Penyebab gigi supernumerary sendiri masih tidak pasti meski ada beberapa faktor yang bisa berkontribusi pada penampillan termasuk genetika, akivitas yang terlalu berlebihan dari lamina gigi yakni sel yang memulai perkembangan gigi, proses penyakit dan atavisme yakni kemunculan kembali sebuah sifat yang tidak lagi umum karena evolusi. Sedangkan untuk faktor lingkungan yang bisa menyebabkan hyperdontia masih belum diketahui.

Sedangkan untuk kondisi terkait dengan gigi supernumerary meliputi:

  • Displasia cleidocranial: Kondisi yang bisa mempengaruhi perkembangan tulang dan pertumbuhan gigi. Risiko untuk mengembangkan gigi supernumerary pada pasien dengan displasia cleidocranial adalah 22 persen di area gigi seri maksila dan 5 persen di area gigi molar.
  • Down syndrome: Ini merupakan kelainan genetik yang juga dikenal sebagai trisomi 21.
  • Sindrom Elher Danlos: Ini merupakan satu set gangguan jaringan ikat yang diturunkan.
  • Sindrom Gardner: Sindrom genetik yang ditandai dengan pembentuk polip kolorektal dan meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Komplikasi Gigi Supernumerary

Gigi supernumerary bisa menyebabkan berbagai masalah gigi yang nantinya akan mengganggu fungsi mulut dan kesehatan normal dan juga menimbulkan masalah kosmetik. Beberapa masalah gigi hyperdontia bisa menyebabkan:

Sponsors Link

  • Impaksi gigi di mana gigi supernumerary akan mengganggu erupsi normal gigi permanen.
  • Misalignment gigi permanen yang normal.
  • Masalah tidak bisa mengunyah dengan benar.
  • Fusion dengan gigi permanen.
  • Penutupan prematur ruang di antara gigi.
  • Pembentukan kista gigi atau tumor oral.
  • Erupsi gigi ke dalam rongga hidung.
  • Masalah dengan pencangkokan tulang yang dibutuhkan untuk implan gigi.

Perawatan

Sangat penting untuk mengidentifikasi dan merawat gigi supernumerary secepat mungkin. Dokter gigi akan bisa mengidentifikasi gigi supernumerary serta menyarankan perawatan termasuk diekstraksi yang biasanya dilakukan dengan anestesi lokal dan umum. Selain itu, gigi supernumerary juga mungkin perlu dipotong dan kemudian dihilangkan berkeping keping.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi