Sponsors Link

5 Penyebab Gigi Susu Copot Tapi Gigi Permanen Tidak Tumbuh

Sponsors Link

Sebagai orang tua, anda semestinya tidak perlu cemas ketika melihat gigi anak yang ompong di masa pertumbuhan sebab nantinya gigi yang sudah copot tersebut akan diganti dengan gigi permanen atau gigi dewasa. Akan tetapi, bagaimana jika yang terjadi adalah gigi susu copot tapi gigi permanen tidak tumbuh?, apa yang menyebabkan hal ini terjadi?, berikut jawaban selengkapnya untuk anda.

ads

Gigi Permanen Tidak Tumbuh, Apakah Wajar?

Setiap manusia akan mengalami pertumbuhan gigi sebanyak dua kali yakni ciri ciri gigi bayi akan tumbuh ketika usia 6 bulan dan akan terus berlanjut hingga usia 2 sampai 3 tahun. Sedangkan pertumbuhan gigi yang kedua akan terjadi ketika anak memasuki usia lima tahun dimana gigi susu akan copot dan digantikan dengan gigi permanen atau gigi dewasa. Pertumbuhan gigi permanen tersebut biasanya membutuhkan waktu antara satu minggu hingga enam bulan semenjak gigi susu sudah mulai copot.

Akan tetapi untuk beberapa orang anak, ciri ciri gigi susu copot tapi gigi permanen tidak tumbuh bisa saja terjadi yang bahkan terus berlangsung hingga beberapa tahun yang terkadang anak jadi kurang percaya diri karena gigi ompong tersebut. Seorang profesor kedokteran gigi anak asal Ohio State University, Amerika Serikat mengatakan jika kondisi tersebut sebenarnya normal terjadi dimana kasus tersebut disebut dengan delayed eruption yakni pertumbuhan gigi permanen yang telat. Untuk itu, para orang tua yang kebetulan memiliki anak dengan masalah serupa tidak perlu khawatir.

Penyebab Gigi Permanen Telat Tumbuh

Gigi permanen berasal dari benih gigi yang sudah ada di dalam gusi sejak bayi dilahirkan. Selama benih gigi tersebut masih ada, maka gigi susu yang copot pastinya akan segera digantikan dengan gigi yang baru. Akan tetapi, beberapa orang ternyata juga tidak memiliki benih gigi permanen di dalam gusi dan ini mengartikan jika ketika gigi susu copot, maka orang tersebut juga tidak mempunyai cadangan gigi yang bisa menggantikan gigi yang sudah copot tersebut dan inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi ompong anak berlangsung dalam waktu yang lama.

Gigi susu copot tapi gigi permanen tidak tumbuh juga bisa terjadi karena trauma gigi. Trauma gigi ini bisa berupa gigi yang lepas atau copot karena terkena pukulan keras di kepala atau langsung pada gigi dan terjatuh. Ketika gigi copot sebelum waktunya, maka bisa mengakibatkan area di sekitar gigi tersebut akan mengalami pendarahan di dalam gusi yang akan membuat gigi anak akan terlihat hitam dan gigi permanen mereka juga akan susah untuk tumbuh.

Selain karena kedua hal tersebut, masih ada beberapa faktor lain yang bisa membuat gigi permanen anak tidak tumbuh sesudah gigi susu tersebut copot atau kelainan gigi tidak tumbuh seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Faktor Genetik

Faktor keturunan atau genetik sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak termasuk juga untuk pertumbuhan gigi. Jika orang tua juga mengalami pertumbuhan gigi permanen yang lambat dibandingkan anak lain, maka kemungkinan besar anak anak juga akan mengalami hal yang serupa.

  1. Masalah Gizi

Ketika anak mengalami kekurangan gizi, maka ini juga menyebabkan tumbuhnya gigi permanen pada anak akan mengalami hambatan. Ini bisa terjadi karena gusi dan gigi anak tidak mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang cukup sehingga akan menghambat pertumbuhan gigi anak.

  1. Jenis Kelamin

Seperti yang kita ketahui jika anak perempuan akan lebih cepat berbicara jika dibandingkan anak laki laki. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan gusi. Anak perempuan umumnya mulai mengalami tanda tanda bayi tumbuh gigi susu pada usia 4 hingga 6 bulan yang lebih dulu dibandingkan anak laku laki. Dengan ini, maka pertumbuhan gigi permanen akan perempuan juga akan lebih cepat dibandingkan dengan anak laki laki. 

Sponsors Link

  1. Postur Tubuh

Jika seorang anak memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan anak anak seumurnya, maka pertumbuhan gigi permanen mereka juga akan lebih cepat. Sedangkan bayi yang terlahir prematur biasanya mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi permanen dibandingkan dengan bayi yang terlahir cukup bulan.

  1. Jenis Penyakit Tertentu

Meski kasusnya jarang terjadi, namun gigi susu tanggal lama tumbuh juga bisa terjadi karena kondisi gusi yang mengeras. Ketika gusi anak menjadi keras, maka benih gigi permanen akan sulit mencari jalan keluar untuk tumbuh menggantikan gigi susu yang sudah copot sehingga juga menghambat pertumbuhan gigi permanen tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini