Sponsors Link

Gigi Susu Tanggal Lama Tumbuh : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Manusia memiliki mekanisme pertumbuhan gigi yang terjadi dua kali seumur hidup, yaitu ketika tumbuh gigi susu ketika bayi, dan pertumbuhan gigi permanen setelah gigi susu tanggal. Tanggalnya gigi susu biasanya terjadi pada anak sekitar usia 6 tahunan dan tidak lama setelah gigi susu tanggal, gigi permanen akan tumbuh. Namun mungkin ada beberapa permasalahan yang terjadi kepada anak-anak sehingga muncul kondisi gigi susu tanggal lama tumbuh. Dalam artian anak ompong sangat lama. Berikut beberapa penjelasan mengenai masalah tersebut.

ads

Penyebab

Beberapa penyebab dari gigi anak yang tumbuh lama setelah gigi susunya tanggal antara lain sebagai berikut.

  1. Gigi susu tanggal terlalu cepat

Salah satu penyebab dari anak ompong terlalu lama adalah jika gigi susu tanggal terlalu cepat, sementara pertumbuhan gigi tetapnya normal. Hal ini akan membuat seolah-olah gigi permanen anak lama tumbuhnya, padahal tidak demikian. Gigi susu anak yang tanggal terlalu cepat pun memiliki berbagai latar belakang. Namun kebanyakan Penyebab Gigi Susu Rusak Parah dan tanggal terjadi karena karies gigi. Karies gigi akan menyebabkan akar gigi memendek sehingga akan lebih mudah goyang dan lepas sebelum waktunya. Hal ini akan membuat anak ompong lebih lama dari yang seharusnya.

  1. Jaringan gusi yang menutup

Selain Gigi Susu Anak Keropos dan tanggal terlalu cepat, penyebab lainnya dari gigi susu tanggal lama tumbuh adalah adanya jaringan gusi yang menutup. Jaringan gusi yang menutup tempa tumbuhnya gigi permanen tentunya akan menyebabkan gigi tidak juga muncul ke permukaan sehingga gigi tidak mudah untuk tumbuh.

  1. Tertutup oleh gigi lain

Permasalahan umum yang terjadi pada gigi adalah susunan gigi yang tidak normal atau yang dinamakan dengan maloklusi gigi. Permasalahan ini bisa jadi akan menyebabkan ruang di rahang tidak cukup untuk pertumbuhan gigi selanjutnya sehingga gigi tidak tumbuh atau tumbuh namun di posisi yang salah.

  1. Tidak adanya benih gigi

Gigi susu yang tanggal seharusnya diisi oleh gigi permanen. Namun ada beberapa kondisi yang tidak normal pada anak-anak, dimana gigi permanennya ternyata tidak ada. Penyebab Gigi Anak Tidak Tumbuh bisa jadi karena benih gigi permanen memang tidak terbentuk. Sehingga gigi yang seharusnya tumbuh tidak tumbuh. Perhatikan jarak antara tanggalnya gigi susu dengan tumbuhnya gigi permanen. Jika gigi permanen tidak tumbuh setelah 1 atau 2 tahun gigi susu tanggal, bisa jadi ruang tersebut memang tidak akan pernah ditumbuhi gigi permanen.

  1. Faktor sistemik

Penyebab gigi permanen anak tidak kunjung tumbuh setelah gigi susunya tanggal bisa juga disebabkan oleh faktor sistemik. Misalnya anak yang kekurangan nutrisi seperti vitamin D sehingga pembentukan benih giginya terlambat, bayi yang lahir secara prematur atau bayi yang lahir dengan berat badan rendah, faktor genetika, sedang menjalani kemoterapi jangka panjang, kelainan pada sistem endokrin, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan gigi permanen anak lama tumbuhnya setelah gigi susunya tanggal.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Bagi orang tua yang melihat kondisi ini terjadi kepada anak, mungkin banyak yang berpikir bahwa ini bukan masalah serius sehingga tidak perlu terlalu dipusingkan. Namun sebenarnya, hal ini perlu untuk dicek ke dokter. Karena jika tidak, akan muncul berbagai kemungkinan gangguan pada anak ketika dewasa nanti, misalnya:

  • Ruang gigi yang kosong akan membuat gigi di sebelahnya bergeser sehingga gigi akan memiliki susunan yang buruk, renggang, tidak simetris, bibir miring, dan sebagainya.
  • Gigi yang tidak lengkap akan mengganggu proses kunyah makanan sehingga makanan akan masuk ke dalam lambung dengan proses kunyah yang kurang sempurna. Ini akan berdampak pada penyerapan nutrisi di organ pencernaan yang juga tidak sempurna.
  • Meningkatkan risiko penurunan kepercayaan diri anak ketika semakin beranjak dewasa. Apalagi jika permasalahan tersebut diikuti dengan masalah Bau Mulut pada Anak juga.
Sponsors Link

Maka dari itu, permasalahan gigi susu tanggal lama tumbuh tidak bisa dianggap sepele. Berikut beberapa cara mengatasinya yang bisa dilakukan.

  • Mengunjungi dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya. Hal ini penting karena jika tidak mengetahui penyebabnya mana mungkin bisa melakukan perbaikan dan pengobatan. Pemeriksaan ini mungkin akan didukung dengan proses foto panoramik atau foto rontgen untuk melihat kondisi gigi dan akar gigi. Dengan demikian penyebab gigi lama tumbuh akan diketahui dengan lebih mudah.
  • Jika tidak tumbuhnya gigi anak terjadi karena adanya jaringan gusi yang menghalangi, maka mungkin akan dilakukan sayatan di gsui untuk membuka jalan muncul benih gigi permanen anak Anda. Dengan demikian gigi akan tumbuh dengan sendirinya.
  • Jika permasalahan ada pada benih gigi yang tidak muncul, mungkin penggunaan gigi palsu akan direkomendasikan untuk anak agar gigi di sebelahnya tidak mengambil posisinya, bergeser, dan akhirnya membentuk permasalahan maloklusi gigi yang lebih buruk.

Dokter gigi akan lebih mengetahui bagaimana cara penanganan yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. Sehingga jangan menunda pemeriksaan tersebut untuk mengatasi gigi susu tanggal lama tumbuh. Demikianlah penjelasan mengenai hal ini. Dapatkan Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Anak sejak dini dengan mengajarkan kebiasaan baik bagi mereka. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini