Sponsors Link

Gigi Tanggal di Usia Muda : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Gigi memang memiliki masa tumbuh dan tanggal yang umum kita ketahui bersama. Gigi yang tanggal biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami pergantian dari gigi susu ke gigi permanen. Selain itu gigi tanggal juga biasanya terjadi di usia lanjut ketika kekuatan gigi mungkin sudah menurun dan terjadilah gigi ompong. Namun kasus gigi tanggal di usia muda mungkin tidak umum terjadi. Akan tetapi ada beberapa orang yang mungkin mengalaminya. Apa yang menjadi penyebab dari gigi tanggal di usia remaja atau muda?

ads

Penyebab

Memiliki gigi lengkap dan dalam kondisi baik memang adalah dambaan setiap orang. Namun jika Anda mengalami gigi ompong di usia muda, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya.

  1. Cedera atau trauma

Salah satu penyebab gigi copot di usia muda adalah jika pernah terjadi trauma atau cedera di area rahang, sehingga mempengaruhi gigi dan gigi menjadi lepas dari tempat tumbuhnya. Hal ini biasa terjadi ketika kecelakaan, kebiasaan buruk membuka botol dengan gigi, atau ketika terhantam di bagian rahang sehingga membuat gigi tanggal.

  1. Periodontitis

Penyebab mengapa gigi tanggal di usia muda lainnya adalah penyakit gusi yaitu periodontitis. Periodontitis adalah peradangan di jaringan pendukung gigi. Peradangan ini bisa terjadi akibat peradangan gusi yang tidak diobati, sehingga bakteri bisa berpindah ke jaringan yang lebih dalam lagi. Dan jika periodontitis terjadi, maka hal ini bisa mempengaruhi kekuatan gigi. Jika kasusnya parah, maka periodontitis bisa menyebabkan gigi tanggal walau usia Anda masih relatif muda.

  1. Ngemil di malam hari

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan ngemil di malam hari. Sebenarnya kebiasaan itu sah-sah saja dilakukan selama sebelum tidur gigi digosok dengan bersih. Akan tetapi, kebanyakan orang yang suka ngemil di malam hari mungkin akan malas menggosok gigi lagi sebelum tidur dan hal ini akan menyebabkan sisa makanan menumpuk di dalam mulut. Jika kebiasaan ini terjadi secara terus menerus, maka jangan heran jika akan muncul banyak masalah di gigi dan mulut, termasuk gigi yang ompong di usia muda.

  1. Diabetes

Tidak banyak yang menyadari bahwa diabetes itu cukup berbahaya. Dan Hubungan Gigi dengan Diabetes sebenarnya cukup erat. Dimana gula darah yang meningkat tidak hanya berdampak pada organ-organ di dalam tubuh saja, namun berdampak juga ke gigi dan rongga mulut. Hubungan diabetes dengan mulut bahkan cukup erat. Orang yang menderita diabetes akan meningkatkan risiko terserang berbagai gangguan mulut, dari periodontitis hingga gigi goyang. Jika hal ini terus berlanjut, bukan hal yang mustahil jika gigi akan tanggal. Sayangnya, penderita diabetes kini bukan hanya orang-orang tua, namun anak muda pun juga berisiko.

  1. Merokok

Pengaruh Rokok bagi Kesehatan Gigi dan Mulut juga dapat menjadi penyebab yang meningkatkan risiko gigi copot di usia muda. Hal ini dijabarkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di San Fransisco mengenai kesehatan gigi. Maka dari itu, Anda diharapkan tidak merokok untuk menjaga kesehatan, kebersihan, dan kekuatan gigi Anda.

Sponsors Link

  1. Karang gigi

Karang gigi mungkin terlihat tidak mempengaruhi kekuatan gigi. Namun karang gigi tetaplah sebuah kondisi yang perlu untuk segera dihilangkan dari gigi Anda. Hal ini dikarenakan karang gigi bisa menyebabkan penurunan gusi. Jika gusi sudah turun, maka tentu saja kekuatan untuk menopang gigi tidak akan lagi kuat. Dan hal ini akan memicu gigi mudah goyang, bahkan tanggal di usia muda. Maka dari itu lakukan Cara Membersihkan Karang Gigi yang paling tepat yaitu ke dokter gigi.

  1. Kurang menjaga kebersihan gigi

Penyebab umum dari semua masalah gigi dan mulut adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kebersihan mulut yang tidak terjaga bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti karang gigi dan periodontitis. Dimana kedua masalah tersebut adalah penyebab dari gigi goyang dan tanggal.

Itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko gigi goyang dan tanggal di usia muda.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi hal ini.

  • Cek kadar gula darah, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes.
  • Untuk gigi yang sudah tanggal karena cedera, jika ada sisa akar gigi yang tertinggal, ada baiknya menghubungi dokter gigi agar bisa dilakukan pengangkatan sisa akar gigi. Hal ini penting karena akar gigi yang masih tertinggal di mulut akan menjadi ruang bakteri hidup dan melakukan proses pembusukan.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Bersihkan karang gigi secara berkala ke dokter gigi.
  • Jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan cara yang benar sehingga tidak menyebabkan gigi mengalami masalah.
  • Hindari ngemil di malam hari jika malas menggosok gigi setelah ngemil.
  • Jangan sepelekan masalah gusi berdarah atau gusi bengkak yang sering terjadi karena itu bisa meningkatkan risiko periodontitis yang bisa menyebabkan gigi tanggal.
  • Periksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gigi tanggal di usia muda yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa Manfaat Menjaga Kesehatan Gigi Anak sejak dini agar anak tumbuh dengan kebiasaan baik dengan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi