Sponsors Link

Gigi Taring Tumbuh di Dalam Gusi – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Gigi taring adalah gigi yang berfungsi untuk mempermudah makanan terkoyak atau tersobek sehingga mudah untuk dilakukan proses mengunyah makanan. Adanya manfaat gigi taring dalam proses pencernaan sebenarnya tidak akan lepas dari masalah gigi lainnya. Beberapa orang seing kali tidak menyadari bahwa selain gigi geraham yang bisa mengalami masalah gigi seperti penyebab keluar darah pada gigi berlubang, penyebab gigi cepat gigi kuning, penyebab gigi ngilu pada anak dan penyebab gigi keropos pada anak kecil tetapi gigi taring bisa mengalami beberapa masalah gigi.

ads

Salah satunya ada sebagian orang yang mengalami gigi taring tumbuh di dalam gusi. Namun beberapa diantaranya tidak menyadari hal itu. Sebenarnya apakah ada penyebab dari gigi taring tumbuh di dalam gusi. Yuk kita simak info selengkapnya dari halogigi mengenai gigi taring tumbuh di dalam gusi.

Penyebab Gigi Taring Tumbuh di Dalam Gusi

1. Erupsi Gigi Tidak Ideal

Erupsi gigi adalah proses munculnya gigi. Tidak idealnya erupsi pada gigi taring di dalam gusi bisa menyebabkan jaringan pendukung pada gigi susu yang tidak didukung dan kondisi kesehatan gigi yang kurang baik. Selain itu gigi yang erupsi tidak ideal bisa dipengaruhi oleg gigi yang tidak memiliki ruang tumbuh yang cukup terutama pada gigi molar tiga bawah, gigi berlebihan menempati ruang gigi normal, kista dentigerus, retensi gigi susu dan resorpsi akar gigi susu karena infeksi periapeks.

2. Letak Gigi Taring

Letak gigi taring yang ideal seharusnya berada di depan dan tumbuh dengan lurus dan sejajar dengan gigi yang ada disebelahnya. Pertumbuhan gigi taring di dalam gusi kemungkinan bisa menjadi tanda bahwa gigi taring anda tidak berada dalam kondisi pertumbuhan yang kurang baik. Oleh karena itu untuk mencegah hal ini supaya tidak terjadi sebaiknya saat anda masih anak-anak perlu dilakukan rongten pada gigi anda sehingga dapat mengetahui kondisi gigi anda. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika anda belum pernah melakukan rongten, sebaiknya anda melakukan rongten ke dokter gigi untuk mengetahui apakah anda mengalami gigi taring tumbuh di dalam gusi.

3. Gigi Taring Permanen

Gigi taring permanen adalah gigi taring yang muncul di permukaan yang sudah membentuk bagian mahkota gigi sampai dengan ujung akar. Pengaruhnya gigi taring permanen bisa menjadi penyebab gigi taring tumbuh di dalam gusi. Hal ini bisa terjadi apabila anda memiliki 2 (dua) gigi taring, dimana gigi taring anda ada yang sudah utuh dan muncul dipermukan dan yang lain masih berada di dalam gusi, sehingga tidak tumbuh seperti gigi taring anda yang sudah tumbuh.

Cara Mengatasi Gigi Taring Tumbuh di Dalam Gusi

Penyebab gigi tarng tumbuh dalam gigi sudah anda ketahui bersama. Dengan demikian anda perlu melakukan beberapa tindakan medis untuk mengatasi gigi taring tumbuh di dalam gusi untuk mencegah masalah gigi lainnya. Ini dia beberapa tindakan medis yang bisa anda lakukan secara dini untuk mencegah dampak akibat gigi taring tumbuh di dalam gusi.

Sponsors Link

1. Rongten Gigi

Rongten gigi adalah melihat kondisi gigi anda. Dengan melakukan rongten gigi, anda bisa mengetahui struktur gigi anda apakah tumbuh dengan ideal atau tidak. Dalam menangani masalah gigi taring tumbuh di dalam gusi, anda pun bisa mengetahui apakah anda memiliki gigi taring tumbuh di dalam gusi.

2. Pencabutan Gigi Taring

Pencabutan gigi taring perlu dilakukan apabila gigi taring tumbuh di dalam gusi. Tindakan pencabutan gigi di dalam gusi bisa dilakukan dengan tindakan operasi. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki rasa takut untuk ke dokter gigi sebaiknya harus bisa mengurangi rasa takut anda. Jika anda tidak ingin mengalami masalah gigi lain karena gigi taring tumbuh di dalam gusi maka anda harus menghilangkan rasa takut anda.

3. Penempatan Gigi Taring

Penempatan gigi taring yang dimaksudkan adalah apabila anda memiliki gigi taring dimana ada gigi taring yang sudah utuh muncul di permukaan dan ada yang tertanggal di dalam gusi. Jika gigi taring yang sudah utuh ini muncul atau gigi taring yang masih ada dalam gusi dan tumbuh tidak tepat sebaiknya dilakukan pemindahan supaya gigi taring tumbuh di tempat yang seharusnya.

Sponsors Link

4. Pelat

Memotong gusi dengan membuat jendela di tempat gigi taring yang tertanam. Lalu membuat pelat yang bisa mencegah gusi tumbuh dan menutup jendela yang dibuat sebelumnya. Penggunaan pelat pada kondisi gigi taring yang tumbuh di gusi bisa digunakan dengan mudah oleh anda. penggunaan pelat akan memberikan manfaat yang maksimal pada kesehatan dan struktur gigi anda apabila anda memakai pelat dengan teratur dan tidak membuka dan melepaskannya sembarangan. Penggunaan pelat sebaiknya dilepas ketika anda hendak melakukan pentingnya menggosok gigi.

Setelah anda mengetahui penyebab dan upaya yang bisa anda lakukan karena memiliki gigi taring tumbuh dalam gusi, anda jadi bisa lebih peduli akan kesehatan gigi anda. Selain itu dengan anda mengetahui penyebab dan upaya yang bisa anda lakukan karena memiliki gigi taring tumbuh dalam gusi anda bisa terhindar dari kemungkinan akibat gigi taring tumbuh di dalam gusi. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi