Sponsors Link

Apakah Gigi Tiruan yang Sebagian Bisa Dilepas?

Sponsors Link

Gigi tiruan yang sebagian bisa dilepas umumnya terdiri dari gigi pengganti yang dipasang pada dasar plastik berwarna merah muda atau memiliki warna yang sama dengan gusi yang termasuk salah satu macam macam gigi palsu. Tergantung dari kebutuhan anda, dokter gigi akan merancang gigi tiruan sebagian untuk anda. Gigi tiruan parsial mungkin mempunyai kerangka logam dan penjepit yang terhubung ke gigi anda atau bisa memiliki konektor lain yang terlihat lebih alami.

ads

Pada beberapa kasus, gigi tiruan yang sebagian bisa dilepas dibuat untuk menempel pada gigi alami anda dengan perangkat yang disebut attachment presisi yang umumnya lebih estetika dibandingkan jepit.

Mahkota pada gigi alami terkadang dibutuhkan untuk meningkatkan kesesuaian gigi tiruan sebagian yang bisa dilepas dan umumnya dibutuhkan dengan lampiran. Konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk mengetahui jenis mana yang tepat untuk anda.

Apa yang Diharapkan?

Pada awalnya, gigi tiruan sebagian baru anda mungkin akan terasa canggung atau tebal dan ini normal sebab pada akhirnya anda akan terbiasa memakainya. Memasukkan dan melepaskan gigi tiruan sebagian butuh beberapa latihan. Untuk itu, ikuti semua instruksi yang diberikan oleh dokter gigi anda.

Gigi tiruanjuga seharusnya masuk ke tempatnya dengan relatif mudah dan jangan pernah memaksakan gigi tiruan sebagian ke posisi dengan cara menggigit sebab ini bisa menekuk atau menghancurkan jepit.

Dokter gigi akan memberikan instruksi yang spesifik tentang berapa lama gigi palsu harus dipakai dan kapan harus dilepas. Pada awalnya, mungkin anda akan diminta untuk memakai gigi palsu parsial sepanjang waktu. Meski ini bisa terasa tidak nyaman pada awalnya, akan tetapi ini merupakan cara tercepat untuk mengidentifikasi area yang mungkin butuh penyesuaian.

Apabila gigi tiruan memberikan terlalu banyak tekanan pada area tertentu, maka area tersebut akan terasa sakit namun tidak seburuk efek samping gigi palsu permanen. Dokter gii akan menyesuaikan gigi tiruan sebagian agar lebih pas. Sesudah melakukan penyesuaian, maka dokter gigi mungkin akan mengajurkan agar anda mengeluarkan gigi tiruan sebagian dari mulut anda sebelum tidur dan memasangnya kembali di pagi hari.

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan lunak yang dipotong kecil kecil dan kunyah kedua sisi mulut untuk menjaga tekanan agar rata di kedua sisi. Selain itu, hindari makanan yang sangat lengket atau keras seperti permen karet selama periode penyesuaian.

Gigi tiruan yang sebagian bisa dilepas juga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan bicara anda. Jika anda kesulitan mengucapkan kata kata tertentu, maka berlatihlah untuk membacanya dengan keras. Ulangi kata kata yang membuat anda kesulitan dan seiring berjalannya waktu, maka anda akan terbiasa berbicara dengan benar memakai gigi tiruan tersebut.

Perawatan Gigi Palsu

Dokter gigi bisa merekomendasikan pembersih gigi tiruan. Carilah pembersih gigi tiruan dengan Seal of Acceptance American Dental Association. Ketika membersihkan gigi tiruan parsial, ada baiknya jika anda tidak menggunakan pasta gigi yang terlalu keras dan pastikan juga anda menjauhi pantangan pengguna gigi palsu.

Beberapa orang juga memakai sabun tangan atau cairan pencuci piring ringan untuk membersihkan gigi palsu yang keduanya juga masih bisa anda lakukan. Akan tetapi sebenarnya, sebagian besar pembersih rumah tangga terlalu abrasif dan tidak boleh digunakan untuk membersihkan gigi palsu.

Pastikan untuk menyikat gigi palsu setiap hari untuk menghilangkan timbunan plak pada gigi palsu dan menjadi penyebab gigi palsu ternoda secara permanen.

Sponsors Link

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah memakai sikat gigi yang memang dirancang untuk membersihkan gigi palsu sebab mempunyai bulu sikat yang diatur supaya sesuai dengan gigi palsu atau juga bisa memakai sikat gigi biasa yang memiliki bulu halus.

Hindari menggunakan sikat gigi berbulu keras karena bisa merusak gigi tiruan anda. Bersihkan gigi palsu dengan cara melembabkan sikat dan oleskan pembersih gigi tiruan. Sikat semua permukaan gigi tiruan anda dengan lembut untuk menghindari kerusakan plastik atau tertekuk.

Gigi tiruan bisa saja kehilangan bentuknya jika tidak dijaga kelembabannya sehingga cara merawat gigi palsu memang harus dilakukan dengan baik. Pada malam hari, gigi tiruan juga harus ditempatkan dalam larutan atau air rendaman. Dokter gigi juga bisa merekomendasikan metode yang tepat untuk menjaga gigi palsu anda agar kondisinya tetap baik.

Sponsors Link
, , , ,