Sponsors Link

Gigi Tonggos Parah : Penyebab, Akibat, dan Cara Penanganannya

Sponsors Link

Gigi memang seringkali memiliki masalah, mulai dari masalah struktur, hingga masalah bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Salah satu masalah struktur pada gigi adalah gigi tonggos yang seringkali menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Gigi tonggos adalah sebuah kondisi dimana ada bagian dari gigi atas yang lebih menonjol maju sehingga ada jarak yang cukup panjang antara rahang atas dan rahang bawah.

ads

Kondisi ini dalam ilmu kedokteran disebut sebagai maloklusi. Ciri ciri gigi tonggos yang paling mudah terlihat adalah jarak antara rahang atas dan bawah yang berlebihan. Selain itu, gigi tonggos juga bisa terjadi jika rahang bawah ukurannya lebih kecil dari ukuran normal. Atau sebaliknya, rahang atas yang ukurannya lebih besar dari ukuran normal.

Penyebab Gigi Tonggos

Penyebab gigi tonggos parah yang paling sering terjadi adalah faktor genetis, dimana seseorang memang memiliki gen yang diturunkan dari orang tuanya. Gen ini mempengaruhi bentuk dan ukuran dari rahang sehingga menyebabkan pertumbuhan gigi menjadi tonggos. Selain itu, gigi tonggos juga bisa terjadi karena faktor kebiasaan ketika kecil, seperti suka menghisap jari, atau menggunakan botol dot untuk minum. Maka dari itu ketahui juga Ciri Gigi Bayi Tonggos agar bisa mencegah di kemudian hari. Adanya gigi yang hilang atau tidak tumbuh dengan normal juga bisa menyebabkan gigi tonggos. Selain itu, kelainan pertumbuhan tulang dan juga jumlah gigi yang tumbuh abnormal juga bisa menyebabkan masalah gigi tonggos pada manusia.

Akibat dan Pengaruh Kesehatan dari Gigi Tonggos

Selain mengganggu penampilan, gigi tonggos parah juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Gigi tonggos akan menyebabkan penderitanya tidak bisa menutup mulut dengan sempurna dan hal ini mengakibatkan sistem pernafasan menjadi terganggu. Selain itu, dalam masalah pencernaan pun gigi tonggos menjadi sulit mengunyah makanan, sehingga makanan tidak bisa dicerna dengan sempurna. Belum lagi masalah stress pada penderita karena penampilannya yang sering dipandang sebelah mata oleh orang lain. Maka dari itu penanganan terhadap gigi tonggos perlu dilakukan.

Penanganan Gigi Tonggos

Jika gigi Anda memiliki ciri ciri gigi tonggos, maka ada baiknya sejak dini diperiksakan ke dokter untuk mengetahui apakah perlu dilakukan perawatan atau tidak, karena tidak semua gigi tonggos perlu dilakukan perawatan. Kebanyakan yang membutuhkan perawatan adalah gigi tonggos yang parah. Konsultasi ke dokter juga perlu dilakukan untuk mengetahui cara perawatan seperti apa yang perlu dilakukan.

Tindakan umum yang biasanya dilakukan pada kasus gigi tonggos parah di antaranya sebagai berikut:

  1. Kawat gigi (behel)

Manfaat gigi behel salah satunya adalah untuk mengatasi gigi tonggos. Behel ini merupakan salah satu perawatan terhadap gigi tonggos yang paling sering dilakukan. Namun biasanya gigi harus ada yang dicabut agar menghindari gigi penuh sesak nantinya. Kelebihan dari kawat gigi adalah praktis karena tidak perlu dilepas-pasang. Namun kekurangannya adalah sulit dibersihkan. Maka dari itu, ketahui Cara Merawat Gigi Behel agar gigi tetap bersih walau sedang menggunakan behel. Selain itu, proses menggunakan behel juga terbilang lama, bahkan hingga hitungan tahun.

  1. Operasi monifikasi rahang

Walau cara ini jarang dilakukan, namun operasi modifikasi rahang bisa membantu membuat konfisi gigi tonggos menjadi lebih rapi dan terlihat normal. Cara ini hanya dilakukan pada orang dewasa dan harus melalui beberapa prosedur terlebih dahulu. Biasanya cara ini dilakukan untuk kasus tertentu yang memang benar-benar membutuhkan operasi.

Sponsors Link

Tips untuk Gigi Tonggos

Tentunya gigi tonggos akan menurunkan tingkat kepercayaan diri saat bersosialisasi dengan orang lain. Namun jangan jadikan gigi tonggos sebagai halangan untuk bersosialisasi. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan agar sosialisasi tetap bisa dilakukan dengan baik.

  1. Menjaga kebersihan gigi dengan Cara Menyikat Gigi dengan Benar agar gigi tetap putih dan bersih dan meningkatkan rasa percaya diri. Gigi bersih dan putih juga akan meminimalisir masalah gigi dan rongga mulut lainnya seperti sariawan, gusi berdarah, dan sakit gigi.
  2. Menonjolkan bagian lain dari wajah, seperti mata, agar perhatian orang lain tidak selalu tertuju pada gigi jika bersosialisasi dengan Anda.
  3. Tersenyumlah dengan wajar dan jangan menahan senyuman dengan terlalu memaksa, karena hal itu justru membuat orang lain lebih fokus pada gigi Anda, dan bukan pada wajah Anda secara keseluruhan.
  4. Tetap percaya diri dan jangan minder untuk hal-hal sepele seperti gigi tonggos. Tetap jalani hari seperti biasa tanpa ada beban. Jangan dengarkan cibiran orang atau pandangan remeh orang lain, karena kondisi gigi tonggos sebenarnya hanya kelainan masalah gigi, dan bukan sesuatu yang perlu ditutup-tutupi.
  5. Hindari stress dan depresi, karena stress dan depresi bisa mempengaruhi kesehatan janga panjang Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai gigi tonggos parah : penyebab, akibat, dan cara penanganannya yang perlu diketahui. Lakukan perawatan dan konsultasikan kondisi ini pada dokter gigi agar masalah gigi tonggos bisa diselesaikan dengan tepat dan tidak mengganggu kesehatan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi