Sponsors Link

Gingivitis Akut – Penyeba – Gejala – Resiko – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kali ini halogigi akan membahas mengenai penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi gingivitis akut. Penyakit gingivitis akut adalah penyakit inflamasi pada gusi yang sering ditandai dengan kemerahan, peradangan dan pendarahan pada jaringan gusi. Berikut ini penjelasan halogigi secara lengkap mengenai penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi gingivitis akut sehingga anda akan lebih mudah memahaminya.

ads

Penyebab Gingivitis Akut

Penyebab gingivitis akut adalah latar belakang mengapa penyakit ini bisa terjadi. Beberapa penyebab gingivitis akut seringkali diabaikan oleh penderitanya. Demikian bagi anda yang ingin terhindar dari masalah gingivitis akut, anda perlu mengetahui penyebab gingivitis aku. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab gingivitis akut yang tanpa anda sadari.

1. Kebersihan Gigi Tidak Terjaga

Setelah anda mengetahui pengertian dari gingivitis akut, anda akan mengetahui penyebab awal gingivitis akut adalah kebersihan gigi tidak terjaga. Kebersihan gigi tidak terjaga dapat anda lihat dengan adanya sisa makanan yang menumpuk pada gigi. Seringkali sisa makanan yang menumpuk tidak bisa dirasakan oleh seseorang karena kondisi gigi tidak rapi. Gigi tidak terjaga kebersihannya bisa menyebabkan masalah seperti karies gigi sehingga gigi berlubang parah busuk dan penyebab gigi cepat keropos lebih mudah.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan Bakteri Meningkat

Akumulasi dari sisa makanan yang menumpuk pada gigi menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri meningkat. Peningkatan jumlah bakteri dalam mulut seseorang tentunya harus segera ditangani dengan segera supaya terhindar dari penumpukkan plak.

Gejala Gingivitis Akut

Gejala gingivitis akut merupakan tanda awal yang bisa dilihat oleh seseorang apabila mengidap penyakit gingivitis akut. Berikut ini gejala gingivitis akut yang bisa terjadi pada penderitanya.

1. Radang Gusi

Penyebab peradangan pada gigi dan gusi adalah respon gusi terhadap benda asing yang masuk dalam gusi sehingga menunjukkan pembengkakan dan perubahan warna gusi. Seringkali masalah radang gusi disepelekan, namun bisa menjadi berbahaya apabila radang gusi anda bisa menjadi gejala penyakit gingivitis akut.

2. Warna Gusi Berubah

Perubahan warna gusi pada gingivitis aku bisa saja terjadi. Warna gusi pada penderita gingivitis akut akan berwarna merah kebiruan. Anda perlu mengetahui apakah kondisi gusi anda sehat sehingga anda bisa mengantisipasi terjadinya gingivitis akut. Ciri gusi sehat adalah gusi kuat dan berwarna merah muda.

3. Bau Mulut

Bau mulut bisa terjadi karena kondisi mulut yang tidak bersih. Gejala gingivitis akut dapat dilihat dengan adanya bau mulut yang menunjukkan seperti bau busuk. Bau mulut pada gejala gingivitas akut bisa menjadi tanda bahwa pada mulut anda ada bakteri dan sisa makanan yang masih tertinggal. Perlu anda ketahui bau mulut dapat dihilangkan dengan cara menghilangkan bau mulut dengan lemon dan cara lainnya.

Sponsors Link

4. Gigi Goyang

Gigi goyang bisa dengan mudah kita rasakan terutama saat anda aktivitas makan dan minum, berbicara dan membersihkan gigi. Ciri gigi goyang adalah gigi akan mudah digerak-gerakkan sehingga gigi tidak berdiri pada tempat gigi yang seharusnya.

ads

Resiko Gingivitis Akut

Resiko gingivitis akut adalah kelanjutan dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan dari gingivitis aku. Beberapa resiko gingibitis akut tidak dapat dihindari apabila pasie penderita tidak segera menanganinya dengan baik. Berikut ini resiko gingivitis akut akan disampaikan oleh halogigi dengan mudah untuk anda.

1. Penyakit Gusi

Penyakit gusi bisa menjadi resiko gingivitas akut. Beberapa penyakit gusi seperti nanah, radang, bengkak serta penyebab gusi berdarah tiba tiba bisa terjadi. Penyakit gusi tentunya akan menganggu anda karena menimbulkan sakit dan nyeri seperti anda mengalami sakit gigi.

2. Kehilangan Gigi

Kehilangan gigi tidak hanya terjadi saat masih anak-anak saja. Beberapa orang dewasa bisa mengalami kehilangan gigi. Tentunya masalah ini bisa menjadi berbahaya karena pada orang dewasa gigi sudah tidak bisa tumbuh lagi seperti saat gigi susu pada anak-anak. Upaya mengatasi yang apabila anda sudah mengalami kehilangan gigi dengan cara membuat gigi palsu dimana macam-macam gigi palsu bisa anda pilih tergantung kondisi gigi anda.

3. Masalah Periodontitis

Masalah periodontitis adalah peradangan pada jaringan penyangga gigi. Periodontitis sendiri dapat terjadi akibat bakteri dari masalah gingivitis akut berkembang dan dibiarkan sehingga muncul masalah karena ada penyakit baru.

Cara Mengatasi Gingivitis Akut

Cara mengatasi gingivitas akut perlu dilakukan oleh anda untuk mencegah penyakit gingivitas akut tidak menyebar lebih parah lagi. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gingivitas akut.

1. Jaga Kebersihan Gigi

Penyebab gingivitis akut diawal dipengaruhi oleh kebersihan gigi tidak terjaga. Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar yang benar bisa membantu anda untuk mengurangi jumlah bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Selain menggosok gigi, anda perlu melakukan perawatan gigi seperti berkumur dengan obat kumur dan membersihan sela-sela gigi sebagai cara yang bisa anda lakukan sendiri.

2. Scalling ke Dokter Gigi

Scalling adalah teknik membersihkan gigi menggunakan peralatan medis. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam scalling gigi adalah anestesi lokal, pembersihan ultrasonik, pemberian antibiotik dan proses polish. Dengan demikian, manfaat cuci gigi (scalling gigi) dapat menjadi upaya mengatasi masalah gingivitis akut pada anda.

Sponsors Link

3. Konsumsi Obat Antibiotik

Penggunaan obat antibiotik biasanya dilakukan apabila seseorang mengalami masalah sakit gigi. Obat antibiotik dapat diresepkan oleh dokter gigi untuk membantu mengendalikan infeksi bakteri.

Demikian informasi mengenai gingivitis akut yang dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut. Semoga bermanfaat. Salam Gigi Sehat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi