Sponsors Link

Gingivitis Kronis – Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Anda pernah mengalami masalah radang pada gusi dan akibatnya dapat menjalar pada kerusakan gigi dan juga area sekitarnya. Penyakit radang gusi akut disebut juga sebagai gingivitis dalam bahasa medisnya.  Berikut ini contoh gingivitis akut penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasinya.

ads

Jika hal ini dibiarkan begitu saya tentu dapat menimbulkan resiko dan efek samping yang mengakibatkan pada hilangnya gigi indah Anda. Oleh sebab itu perlu Anda ketahui agar gejala gingivitis kronis dapat dicegah dan dilakukan tindakan pengobatannya. Salah satu bahaya dan penyebab kanker gusi pada anak yang wajib diwaspadai.

Untuk informasi mengenai penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahan gingivitis kronis, berikut ini penjabarannya untuk Anda :

Penyebab Gingivitis Kronis

Salah satu penyebab masalah radang gusi dapat terjadi yaitu adanya bakteri dan sisa makanan yang menumpuk, yang mana tidak dibersihkan dengan baik dan tepat. Hal ini sehingga menyebabkan munculnya radang gusi dan akhirnya membuat gigi menjadi rusak dan mudah goyang. Faktor lain yang dapat menyebabkan masalah gingivitis kronis yaitu timbunan plak dan karang gigi. Hal inilah yang memicu respon imun terganggu, dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan gingiva, komplikasi hingga pada akhirnya bisa mengakibatkan kehilangan gigi. Contoh gejala gingivitis penyebab, ciri ciri dan cara mengatasi.

Penyebab lain dari masalah gingivitis yaitu :

  • Perubahan hormon yang terjadi selama masa pubertas, menopause, siklus menstruasi dan hormon kehamilan. Dimana gingiva dapat menjadi lebih sensitif, dan dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan.
  • Komplikasi penyakit  seperti kanker, diabetes, dan HIV yang dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena gingivitis.
  • Pemakaianan obat – obatan, dimana kesehatan mulut dapat dipengaruhi oleh beberapa obat yang dikonsumsi. Dan beberapa obat anti-angina juga dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal jaringan gusi.
  • Kebiasaan merokok, biasanya hal ini lebih sering mengembangkan gingivitis menjadi lebih buruk akibat bahaya zat rokok yang dihisap. Perlu Anda ketahui cara menghilangkan bau mulut karena gusi dijamin ampuh.
  • Riwayat keluarga atau keturunan, umumnya orang-orang yang tua atau lansia lebih sering memiliki masalah radang gusi, dan beresiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Gejala Gingivitis Kronis

Berdasarkan pengalaman dan kebiasaan dari gejala timbulnya gingivitis atau radang gusi yaitu timbul rasa sakit, kesulitan untuk makan, bengkak, dan masih banyak lagi gejala lainnya. Berikut ini penyebab peradangan pada gigi dan gusi paling umum terjadi.

Gejala lain yang dapat terjadi akibat masalah radang gusi meliputi :

Sponsors Link

  • Gusi akan berubah menjadi memerah atau menjadi ungu.
  • Gusi menjadi lebih lunak, dan kadang-kadang sensi menyakitkan saat disentuh.
  • Gusi mudah berdarah saat menyikat gigi atau flossing.
  • Timbulnya bau mulut.
  • Timbul peradangan dan gusi menjadi bengkak.
  • Gusi terlihat menyurut dan menjadi sangat rentan akan infeksi dan rasa sakit. Contoh tips dan cara mengobati sakit gigi dan gusi bengkak Anda wajib tahu.
  • Menyebabkan rasa sakit kepala hebat jika kondisi menjadi parah.
  • Mulut terasa lebih kering.
    ads

Pencegahan Gingivitis Kronis

Sebelum Anda mengalami gejala dan riwayat penyakit ini semakin buruk, alangkah baiknya sedari dini untuk mencegah dengan menjaga pola hidup dan kebiasaan menjaga kebersihan dengan baik. Hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak semakin parah penyakit ini, berikut penjelasannya :

  • Menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi baik setelah makan dan juga hendak tidur, agar bakteri dan kuman tidak berkembang dan tumbuh dan akhirnya menyebabkan masalah pada gigi dan gusi.
  • Kalau perlu untuk menghindari dari masalah gusi dan gigi, alangkah baiknya Anda juga rajin berkumur – kumur dengan obat kumur antiseptic. Hal ini menjaga kondisi mulut dan daerah sekitarnya menjadi sehat dan bebas bakteri. Waspada contoh ciri ciri tumor pada gusi yang wajib diperhatikan.
  • Gunakan sikat gigi khusus seperti sikat gigi elektrik agar kebersihan gigi secara menyeluruh menjadi bersih optimal dan terjaga kesehatannya.
  • Lakukan flossing gigi paling tidak agar kesehatan mulut dan bagiannya menjadi ikut terjaga.
  • Periksakan kesehatan gigi dan mulut pada dokter ahli, agar dapat terhindari dari masalah gingivitis dan penyakit mulut, gigi dan gusi lainnya.
  • Hindari makanan dengan tekstur lengket, manis, dan dapat merusak gigi dan menyisakan timbunan bakteri dan kuman. Salah satu penyebab gusi berdarah tiba tiba dan cara mengatasinya.

Pengobatan Gingivitis Kronis

Dalam mengobati segala masalah pada penyakit gigi dan bagiannya memang memerlukan suatu tindakan yang tidak sebentar. Apalagi kondisi penyakit yang sudah cukup akut dan parah, tentu pilihan obatnya dapat ditentukan sesuai dengan keinginan baik secara medis maupun secara alami. Perhatikan sakit gusi pertanda awal kanker penyebab, gejala dan pengobatannya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengobati masalah gingivitis yang dapat Anda lakukan yaitu :

  • Dengan melakukan kebersihan gigi, pilih sikat gigi khusus dan pasta gigi khusus untuk menghilangkan plak pada gigi yang menjadi penyebab gingivitis.
  • Pilihan ramuan alami seperti air garam, perasan jeruk lemon, baking soda, bawang putih, bawang merah dan beberapa pilihan lain untuk mengurangi timbunan plak gigi.
  • Tindakan medis dengan melalukan scalling gigi pada dokter gigi yang berpengalaman. Berikut penyebab gusi berdarah terus menerus yang jarang diketahui.
  • Melakukan flossing gigi dengan benar dan tepat.
  • Memeriksakan kondisi gigi dan jika ada gigi yang tidak beraturan lana akan dilakukan tindakan ortho denti oleh dokter gigi.
  • Bisa juga dengan melakukan cabut gigi apabila kondisi gigi Anda sudah rusak dan akan menyebabkan pada gigi goyang dan berlubang.
  • Melakukan pemasangan behel gigi, namun hal ini harus berdasarkan pada anjuran dan petunjuk dokter gigi Anda.
    Sponsors Link

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, Anda harus sejak dini memperhatikan bagaimana menggosok dan merawat gigi dengan teratur dan benar. Apalagi setelah makan dan minum yang dapat menyisakan makanan, jika dibiarkan akan menumpuk menjadi bakteri yang menimbulkan plak gigi. Penyebab penyakit tumor jinak pada gusi gejala dan pengobatannya.

Maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati, gigi menjadi aset penting karena efek samping penyakit ini dapat berakibat pada komplikasi penyakit lainnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menjadi peringatan Anda untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi