Sponsors Link

Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Gumpalan darah pada gigi berlubang adalah suatu keadaan yang harus anda waspadai dari sekarang, mewaspadainya dapat anda lakukan dengan mengetahui apa saja penyebabnya, gejalanya, dan tentu cara mengatasinya. Sudahkah anda mengetahui semua informasi tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka inilah saatnya. Anda perlu mempelajarinya karena mungkin saja anda atau orang di sekitar anda pun dapat mengalami munculnya gumpalan darah di sekitar gigi berlubangnya. Namun sebelumnya, perlu dibahas lebih lanjut mengenai gigi berlubang yang muncul gumpalan darah itu sendiri.

ads

Anda yang mengalami gumpalan darah pada gigi berlubang, perlu mengetahui bahwa keadaan ini berhubungan dengan bagaimana gigi berlubang anda telah menjadi kronis. Biasanya pun juga akan diawali dengan kenapa gigi sering berdarah tanpa sebab. Berbagai penyebab tersebut yang menjadi alasan awalnya ada penumpukan darah di sekitar gigi berlubang darah. Anda sebaiknya mulai dari sekarang mewaspadai kemungkinan bahwa kondisi ini adalah bahaya gigi berlubang dan berdarah. Cobalah anda mengetahui apa saja penyebabnya berikut ini untuk segera mengetahui cara mengatasinya.

Penyebab Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang

Anda tentu tahu bahwa untuk mencegah suatu penyakit perlu diketahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. Berbagai penyebab ini juga perlu diketahui dalam hal gumpalan darah pada gigi berlubang anda. Apa saja penyebab dari kondisi munculnya gumpalan darah di gigi berlubang ini? Ketahui informasinya melalui berbagai penjelasan penyebabnya di bawah ini:

  1. Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang Terjadi Karena Kurang Asupan Nutrisi dan Vitamin

Penyebab yang pertama dan mempengaruhi munculnya gumpalan darah di gigi berlubang anda adalah karena kekurangan nutrisi dan vitamin.  Kekurangan vitamin ini biasanya vitamin C  dan Vitamin K. Lalu kedua jenis vitamin yang kurang ini baiknya anda cukupi dengan melakukan konsumsi seperti asupan makanan yang baik yaitu buah jeruk, tomat, kiwi, bayam, dll.

Setelah itu, bilamana asupan ini sudah tercukupi maka kemungkinan gumpalan darah tersebut perlahan-lahan akan mengecil dan rasa nyeri juga pendarahannya akan berkurang. Jadi jangan sampai anda mengalami kekurangan nutrisi dan vitamin lagi.

  1. Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang Terjadi sebagai Tanda HIV (Human Immunodeficiency Virus)

Jenis penyebab yang kedua ini dapat menjadi pemicu gumpalan darah di gigi berlubang karena menjadi tanda bahwa anda terancam dengan penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang sebagai gejala awalnya muncul dengan gumpalan darah di gigi. Sudah terbukti, misalkan gigi berlubang memiliki gumpalan darah artinya kondisi kekebalan gusi dan gigi anda sedang melemah. Tanda kelemahan ini seringkali ditunjukkan oleh penurunan sistem kekebalan tubuh akiba virus HIV.

  1. Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang Terjadi Karena Menurunnya Jumlah Trombosit Darah

Penyebab yang ketiga dari kondisi seperti munculnya gumpalan darah di gigi berlubang anda juga adalah karena adanya jumlah trombosit yang menurun dan di bawah batas normal. Hal inilah yang menyebabkan gigi berlubang tadi mengalami pendarahan dan darah mengalami pembekuan lebih cepat. Pembekuan darah tadi menggumpal di sela-sela gigi berlubang anda dan anda pun mengalami efek sakitnya.

Sponsors Link

  1. Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang Terjadi sebagai Tanda Infeksi Gigi Berlubang

Terakhir, penyebab gumpalan darah dapat muncul di gigi berlubang adalah sebagai tanda bahwa gigi berlubang anda sudah semakin parah tingkat infeksinya. Infeksi ini yang kemudian membuat gusi bengkak seperti daging tumbuh atau gumpalan darah. Cobalah anda lebih perhatian dalam menjaga kesehatan gigi berlubang anda. Sehingga, gigi berlubang anda tidak lagi menimbulkan masalah seperti gumpalan darah ini.

ads

Gejala yang Mengikuti Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya di atas, kali ini anda perlu mengetahui apa saja gejala lain dari penyakit ini yang dapat membantu anda untuk mendeteksinya lebih awal. Berikut ini informasi terkait gejala adanya gumpalan darah di gigi berlubang anda:

  • Terjadi kondisi gusi bengkak seperti daging tumbuh
  • Ada gigi berlubang tumbuh daging dan berdarah
  • Terasa nyeri dan sakit di berbagai bagian gigi yang berlubang
  • Keluar pendarahan terus menerus dari gigi berlubang anda
  • Gigi berlubang anda pun mengeluarkan bau busuk

Cara Mengatasi Gumpalan Darah pada Gigi Berlubang

Anda sebelumnya sudah mengetahui mengenai apa saja penyebab dan gejala dari gumpalan darah di gigi berlubang. Informasi selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah bagaimana cara mengatasinya. Anda dapat mencoba mengatasi berbagai masalah seperti gumpalan darah di gigi ini dengan melakukan cara seperti di bawah ini:

  1. Melakukan Pemeriksaan Gigi dan Perawatan ke Dokter dengan Rutin

Langkah mengobati pertama ini dapat anda lakukan dengan menggunakan pemeriksaan dan perawatan dari dokter gigi, seperti misalnya perawatan setelah cabut gigi yang cukup populer. Pengobatan ini diketahui dapat membantu anda untuk melemahkan bakteri yang menyebabkan infeksi di gigi berlubang. Lama kelamaan gumpalan darah tadi akan menghilang. Jika begitu anda pun dapat sekalian melakukan upaya untuk merawat gigi berlubang secepat mungkin. Cabut gigi berlubang jika sudah tidak mungkin diatasi dan tambal jika memang masih mungkin ditambal.

  1. Mengonsumsi Air Putih dalam Jumlah Banyak Setiap Waktu

Langkah mengobati kedua dalam hal ini adalah selalu membersihkan mulut anda dengan menggunakan air putih. Cobalah anda menghindarkan konsumsi air putih dan menggantinya dengan minum minuma bersoda dan bergula. Sebaiknya, anda selalu mengonsumsi air putih dan dalam jumlah yang banyak juga. Konsumsi air putih ini juga sebagai obat berkumur anda. Pastikan untuk selalu membersihkan gigi dan menjaganya dari efek terkumpulnya bakteri yang menyebabkan gumpalan darah.

Berikut tadi informasi yang menarik mengenai apa saja penyebab, gejala, dan cara mengobati gumpalan darah pada gigi berlubang. Bagaimana menurut anda? Sangat berbahaya tentunya jika anda lengah dan tidak segera mengatasinya. Sebaiknya anda coba segera melakukan perawatan gigi dan menghindarkan berbagai jenis jenis penyakit gigi mulai dari sekarang. Jadi gigi anda pun dapat tetap sehat dan terlindungi dari berbagai masalah kesehatan gigi. Selamat mencoba dan menjaga kesehatan gigi anda!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi