Sponsors Link

4 Penyebab Gusi Belakang Bengkak dan Penanganannya

Sponsors Link

Pembengkakan pada gusi bisa terjadi di semua area termasuk juga gusi belakang tempat tumbuhnya gigi bungsu. Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga yang terletak paling belakang. Gigi tersebut dinamakan gigi bungsu karena memang tumbuh terakhir ketika seseorang berusia antara 17 hingga 25 tahun. Gusi belakang bengkak bisa terjadi pada saat gigi bungsu akan tumbuh atau disebut dengan erupsi khususnya bagi seseorang yang sudah berusia dewasa. Untuk seseorang yang sudah memiliki gigi bungsu, maka gusi belakang bengkak bisa terjadi karena masalah penyebab gigi impaksi, gigi berlubang, infeksi gigi dan radang gusi dan lain sebagainya. Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap tentang penyebab, gejala dan juga cara mengatasi gusi belakang bengkak selengkapnya.

ads

Penyebab Gusi Belakang Bengkak

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gusi belakang bengkak yang biasanya timbul karena masalah pada gigi anda, seperti:

1. Pertumbuhan Gigi Bungsu

Ketika ciri ciri gigi bungsu tumbuh, maka gusi belakang yang akan ditembus akan mengalami pembengkakan yang diikuti dengan rasa sakit bahkan bisa menjalar hingga ke kepala. Tingkat rasa sakit dan juga durasi pembengkakan akan bervariasi pada masing masing penderita tergantung dari apakah ada yang menghalangi erupsi atau tidak.

2. Impaksi Gigi

Kadang, gigi bungsu yang erupsi akan menyebabkan masalah yakni impaksi gigi. Ini artinya gigi yang akan erupsi atau tumbuh tersebut tidak memiliki ruang yang cukup seperti terhalang dengan gigi lain, rahang yang sempit dan lainnya sehingga menyebabkan gigi bungsu tumbuh miring atau bahkan tidak keluar. Hal tersebut nantinya bisa menyebabkan infeksi berulang, kista gigi, pembengkakan dan bahkan juga bisa menyebabkan tumor.

3. Infeksi Gigi

Gigi bungsu yang erupsi sebagian atau tumbuh miring juga bisa membuat bakteri masuk ke area tersebut lewat sisa makanan yang masih menyangkut. Ini akan berakibat infeksi gigi bisa terjadi yang diikuti dengan rahang kaki, pembengkakan dan timbul rasa sakit yang disebut dengan periocoronitis penyebab paling umum dari rasa sakit dan gusi belakang bengkak.

4. Tumor

Penyebab gigi ngilu tiba tiba serta nyeri yang jauh lebih serius bisa disebabkan karena kista atau tumor yang terbentuk di sekitar area gigi bungsu yang mengalami impaksi. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan kerusakan tulang rahang dan gigi yang masih sehat lainnya jika tidak dirawat dengan tepat.

Cara Mengatasi Gusi Belakang Bengkak

Jika memang pembengkakan gusi bagian belakang disebabkan atau diperburuk karena potongan makanan yang tersangkut pada area tersebut, maka kebersihan gigi dan mulut yang dijaga dengan baik menjadi solusi terbaik. Anda bisa menyikat gigi dengan teratur sesudah makan dan sebelum tidur serta memastikan tidak ada lagi makanan yang tersangkut.

Selain itu, berkumur juga dengan air hangat yang ditambahkan dengan garam atau antiseptik oral pada pagi dan malam hari untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gusi belakang bengkak seperti berikut ini:

Sponsors Link

  • Gunakan obat anti inflamasi nonsteroid [NSAID] yang bisa dibeli bebas seperti ibuprofen dan juga aspirin.
  • Kompres dengan es atau kompres dingin pada sisi luar pipi yang bersebelahan langsung dengan area gusi bengkak.
  • Hindari hal yang bisa membuat gusi iritasi seperti tembakau karena banyak pengaruh rokok pada gigi dan alkohol.

Gusi belakang bengkak yang diikuti dengan rasa sakit ketika gigi bungsu akan erupsi memang menjadi hal umum yang sering terjadi. Akan tetapi jika memang sudah memiliki gigi bungsu, maka pembengkakan di area gusi belakang sudah bisa dikatakan tidak wajar. Untuk itulah beberapa cara di atas bisa anda gunakan dan jika memang masih terus berlanjut termasuk sudah menjauhi makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak, maka anda harus segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi.

Sponsors Link
, , , ,