Sponsors Link

Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Gusi bengkak dan bernanah saat hamil seringkali dialami oleh ibu hamil. Perlu anda ketahui bersama masalah gigi dan mulut pada saat hamil bisa lebih berbahaya karena tidak hanya mempengaruhi ibu hamil saja tetapi mempengaruhi kondisi janin yang dikandung. Tingkat bahaya masalah gigi dan mulut pada saat hamil bisa dipengaruhi oleh usia kehamilan dan tingkat pengetahuan dan kebiasaan ibu hamil. Untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, halogigi akan membantu anda untuk menginformasikan tentang penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi gusi bengkak dan bernanah saat hamil.

ads

Penyebab Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

1. Perubahan Hormon Ibu Hamil

Pada ibu haml perubahan hormon bisa terjadi. Hormon yang mempengaruhi gusi ketika hamil adalah hormon sek wanita yang meningkat sehingga gusi akan merespon berlebihan apabila mengalami iritasi terutama ketika ibu hamil sedang menggosok gigi.

2. Kebersihan Gigi dan Mulut Tidak Terjaga

Malas untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa terjadi pada siapa saja tidak terkecuali ibu hamil. Bagi ibu hamil pada trisemester pertama sering mengalami gejala mual dan muntah yang terkadang kondisi mulut ibu hamil dibiarkan kotor karena perasaan malas tersebut. Padahal kondisi mulut yang tidak bersih bisa menjadi agen yang membantu bakteri untuk menginfeksi mulut dan gigi ibu hamil.

3. Pembiaran Masalah Gigi dan Mulut

Kelanjutan dari kebersihan gigi dan mulut ibu hamil yang terjaga bisa berlanjut pada masalah gigi dan mulut. Oleh karena pembiaran sejak awal, ibu hamil tidak langsung segera menanganinya ke dokter gigi. Perlu ibu hamil ketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut ibu hamil bisa mempengaruhi kondisi janin atau bayi yang dikandungnya. Masalah gigi dan mulut yang biasa terjadi pada ibu hamil selain gusi bengkak dan bernanah adalah gingivitis kehamilan, granuloma kehamilan, dan karies gigi.

Gejala Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

1. Perubahan Warna Pada Gusi

Perubahan warna gusi bengkak dan bernanah saat hamil bisa menjadi berwarna merah pekat dan mudah berdarah ketika melakukan kegiatan membersihkan gigi seperti menggosok gigi.

2. Area Gusi yang Bengkak dan Bernanah Sakit

Area gusi yang bengkak dan bernanah apabila ditekan atau terkena oleh benda asing akan terasa sakit.

3. Ada Benjolan di Bagian Gusi

Selanjutnya rasa sakit pada gusi bengkak dan bernanah akan ditandai dengan munculnya benjolan pada gusi sehingga stuktur gusi pada gusi bengkak dan bernanah tidak sama dengan gusi yang ada di sebelahnya.

Sponsors Link

Resiko Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

1. Abses Gusi

Gusi bengkak dan bernanah pada ibu hamil bisa menyebabkan abses gusi. Abses gusi merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri sehingga gusi merespon dengan membuat kantung berisi cairan nanah.

2. Tumor Gusi

Tumor gusi adalah penyakit abses gusi yang berlanjut. Perbedaanya adalah ukuran tumor pada gusi bisa lebih besar dari abses gusi. Berikut ini ciri-ciri tumor pada gusi yang perlu diketahui.

ads

3. Infeksi Organ Tubuh Lainnya

Pernah tahukan anda kalau penyakit yang ada dalam tubuh bisa saling berhubungan. Beberapa penyakit bisa berhubungan dengan penyakit lain karena sebagai tanda awal. Pada masalah gigi dan mulut, infeksi organ tubuh lainnya bisa terjadi ketika anda mengalami gusi bengkak dan bernanah. Beberapa penyakit lain seperti hubungan gigi dengan jantung dan hubungan gigi dengan mata bisa terjadi.

4. Pertumbuhan Janin atau Bayi Terganggu

Penyakit yang diderita ibu hamil tentunya berhubungan dengan kondisi janin atau bayi yang dikandungnya. Masalah gusi bengkak dan bernanah saat hamil apabila tidak ditangani dengan baik maka bisa menyebabkan penyebaran infeksi dari gusi bengkak dan bernanah ke organ tubuh lain sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin atau bayi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Bernanah Saat Hamil

1. Perawatan Kebersihan Gigi Rutin

Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar bisa menjadi cara rutin yang ibu hamil lakukan untuk merawat kebersihan gigi rutin. Selain itu ibu hamil bisa melakukan perawatan kebersihan gigi seperti biasa hanya saja intensitasnya perlu ditingkatkan dibandingkan anda yang tidak hamil.

2. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Pola makan sehat dan bergizi bisa membantu mengatasi gusi bengkak dan bernanah saat hamil. Makanan yang sehat dan bergizi selain membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dan ibu hamil, bisa membantu mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut. Makanan sehat dan bergizi yang perlu ibu hamil konsumsi seperti banyak mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Manfaat yang bisa anda dapatkan antara lain manfaat vitamin c untuk gigi.

3. Konsultasi ke Dokter Gigi

Konsultasi ke dokter gigi langkah yang bisa anda lakukan apabila mengalami gusi bengkak dan bernanah. Konsultasi ke dokter gigi bisa menjadi cara paling aman karena ibu hamil ditangani oleh orang yang ahli dan tepat. Selain konsultasi ke dokter gigi, apabila masalah gigi berhubungan dengan janin atau bayi yang dikandung maka ibu hamil bisa meminta rekomendasi dari dokter gigi.

4. Perawatan Masalah Gigi dan Mulut Secara Alami

Perawatan masalah gigi dan mulut secara alami selain menggunakan bahan yang tidak berbahaya bagi janin yang dikandung, bisa menghemat biaya. Terlebih pengeluaran selama masa kehamilan bisa dibilan tidak sedikit. Beberapa bahan alam yang ibu hamil bisa rasakan dengan menggunakan biji cengkeh, biji wijen, manfaat minyak zaitun untuk gigi, garam, dan manfaat jahe untuk sakit gigi.

Informasi kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk diketahui bersama terutama untuk ibu hamil. Demikian penyampaian halogigi yang berhubungan dengan masalah gusi bengkak dan bernanah saat hamil. Semoga bisa memberikan manfaat dan salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini