Gusi Bengkak Saat Hamil 9 Bulan – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Selama kehamilan 9 bulan, sekitar setengah dari semua wanita (60 hingga 70 persen) mengalami kondisi yang disebut kehamilan gingivitis. Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan ketika plak menumpuk di ruang antara gusi dan gigi. Akumulasi bakteri dapat menyebabkan hilangnya tulang di sekitar gigi dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gigi tanggal seperti pengaruh gigi pada kehamilan.

Penyebab Gusi Bengkak Saat Hamil 9 Bulan

Wanita hamil berisiko tinggi untuk penyakit periodontal karena peningkatan kadar hormon progesteron yang datang dengan kehamilan menyebabkan peningkatan respon terhadap bakteri plak di mulut.

Gejala Gusi Bengkak Saat Hamil 9 Bulan

Jika Anda hamil 9 bulan, dokter gigi Anda perlu mengetahui tanda-tanda pertama gejala gingivitis. Gingivitis paling umum terjadi selama bulan dua hingga delapan kehamilan. Katakan kepada dokter gigi Anda ketika Anda hamil ia mungkin merekomendasikan pembersihan gigi yang lebih sering selama trimester kedua atau di awal trimester ketiga untuk membantu memerangi efek peningkatan progesteron dan membantu Anda menghindari gingivitis.

Plak tambahan ini dapat menyebabkan pembengkakan, pendarahan, kemerahan atau nyeri di gusi. Akibatnya, wanita hamil lebih mungkin mengembangkan gingivitis bahkan jika mereka mengikuti rutinitas perawatan kesehatan mulut yang konsisten seperti obat radang gusi untuk ibu hamil.

Perawatan dan Pencegahan Gusi Bengkak Saat Hamil 9 Bulan

Untuk mengontrol jumlah plak di mulut Anda dan untuk mencegah radang gusi, ikuti langkah-langkah ini untuk mengurangi bakteri yang dapat menyebabkan kehamilan gingivitis. Langkah-langkah untuk mencegah gusi bengkak saat hamil 9 bulan:

  • Sikat dengan seksama setidaknya dua kali sehari, sebaiknya di pagi dan malam hari
  • Anda harus menghabiskan setidaknya dua menit menyikat gigi
  • Pastikan untuk menggunakan pasta gigi anti-plak untuk membantu melindungi gigi dari pembusukan dan gingivitis
  • Bilas dengan bersih setelah menyikat untuk menyingkirkan bakteri di tempat-tempat yang sulit dijangkau
  • Ingatlah untuk membersihkan setiap hari agar terhindar dari penumpukan bakteri
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang, pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup kalsium, vitamin D, C, dan A, fosfor dan protein.
  • Hindari camilan manis
  • Terus kunjungi dokter gigi Anda secara rutin (setelah aman untuk bayi)

Tingkatkan Perawatan Mulut Anda Selama Kehamilan

Menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda diperlukan untuk menghindari risiko mengembangkan gingivitis kehamilan dan untuk membuat Anda berada di jalur menuju kesehatan mulut jangka panjang yang lebih baik. Dengan berinvestasi dalam sikat gigi listrik yang dapat diisi ulang, Anda dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jumlah plak di mulut Anda dan mencegah timbulnya penyakit gusi seperti kelainan gigi dan rongga mulut saat hamil.

Mengobati Penyakit Gusi Selama kehamilan Ketika Pengobatan Alami Tidak Bekerja

Kadang-kadang, penyakit gusi mungkin terlalu jauh untuk dirawat di rumah seperti resiko cabut gigi bungsu saat hamil. Jika ini masalahnya, pertimbangkan beberapa opsi berikut:

  • Kunjungi Dokter Gigi Lokal Anda : Dokter gigi lokal Anda dapat memberikan gigi Anda pembersihan yang dalam dan membantu menyingkirkan penumpukan plak yang berkontribusi pada penyakit gusi.
  • Bicarakan dengan dokter dan dokter gigi Anda sebelum mencari pengobatan, karena dokter menyarankan perawatan gigi terjadi selama trimester kedua jika memungkinkan.

Jika infeksi bakteri parah, dokter atau dokter gigi Anda mungkin menempatkan Anda pada putaran antibiotik untuk membantu memerangi infeksi. Dokter Anda harus tahu antibiotik mana yang aman selama kehamilan, tetapi Anda harus memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi sebelum memulai antibiotik.