Sponsors Link

Gusi Berdarah Pada Malam Hari: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Waktu tidur adalah waktu yang paling tepat untuk melepas rasa lelah dan beristirahat. Setiap bangun tidur, tubuh diharapkan menjadi segar kembali dan energi pun kembali terisi. Namun beberapa orang justru mengalami hal-hal yang tidak diinginkan ketika bangun tidur. Gusi berdarah adalah salah satunya. Beberapa orang mungkin penasaran dengan penyebab gusi berdarah saat tidur dan Gusi Berdarah Pada Malam Hari. Pada malam hari, gusi bisa saja berdarah tiba-tiba. Penyebab gusi berdarah tiba-tiba juga mirip dengan penyebab Gusi Berdarah Pada Malam hari. Berikut adalah penjelasannya.

ads

Penyebab Gusi Berdarah Pada Malam Hari

Dikutip dari laman periodontal-treatment.net, penyebab utama dari gusi berdarah pada malam hari adalah karena periodontitis yang diawali dengan gingivitis dan karena bruxism.

1. Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan pada gusi yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa berubah menjadi infeksi yang lebih parah seperti periodontitis. Gingivitis biasanya dipicu oleh kebiasaan merokok, diabetes, gigi bengkok, kehamilan, faktor genetis dan faktor lainnya.

2. Periodontitis

Periodontitis akan muncul jika gingivitis dibiarkan terus menerus. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi. Jika Anda menderita periodontitis, maka gusi Anda akan mudah berdarah. Gusi juga menjadi lebih mudah terinfeksi.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh periodontitis biasanya terjadi pada waktu-waktu yang tenang. Malam hari adalah waktu yang tepat bagi pengrusakkan jaringan akibat periodontitis.

3. Bruxism

Penyebab lain dari gusi berdarah pada malam hari adalah karena bruxismBruxism adalah kondisi ketika gigi-gigi menggerutu tanpa disadari. Biasanya bruxism terjadi ketika tidur. Penyebabnya adalah tergantung pada masalah yang dihadapi penderita, bisa karena tingkat emosi stress yang tinggi, sangat kelelahan, atau infeksi pada leher gigi.

Cara Menangani Gusi Berdarah Pada Malam Hari

Jika Anda menemukan noda darah kering di gigi pada malam hari, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi akan segera melakukan pembersihan pada gigi Anda, mulai dari membersihkan plak gigi hingga tartar.

Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan cara rutin menggosok gigi, berkumur dengan obat kumur dan melakukan flossing. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan kerak-kerak yang menempel pada gigi. Namun berhati-hatilah ketika menggosok gigi. Jika Anda menggosok gigi terlalu keras, gusi bukannya bersih malah akan berdarah.

Ketika menggunakan pasta gigi, berhati-hati juga dengan kandungan fluoride-nya. Fluoride memang sangat bermanfaat bagi kebersihan gigi. Salah satu manfaatnya adalah manfaat sistemik yang berkenaan dengan pencegahan kerusakan gigi. Sebelum gigi keluar dari gusi, Fluoride yang didapat dari makanan, minuman maupun suplemen dapat memperkuat enamel gigi (bagian yang keras dari gigi), menyebabkan gigi menjadi lebih mudah dalam menahan kerusakan. Meskipun begitu, fluoride jangan sampai tertelan. Apalagi jika fluoride tertelan dalam jumlah yang banyak.

Bahaya menelan pasta gigi terutama yang mengandung fluoride yaitu:

  • Dental fluorosis
  • Skeletal fluorosis
  • Masalah tiroid
  • Masalah neurologis
  • Jerawat dan masalah kulit lainnya
  • Masalah kardiovaskular seperti arteriosclerosis
  • Masalah reproduksi seperti penurunan kesuburan
  • Disfungsi tiroid
  • dll.
Sponsors Link

Itulah penjelasan mengenai Gusi Berdarah Pada Malam Hari. Jika setelah bangun tidur Anda merasakan ada darah kering yang menempel pada gigi Anda, kemungkinan pada malam harinya gigi Anda berdarah. Secara umum, penyebab utama dari gusi yang berdarah pada malam hari adalah karena gingivitis, periodontitis dan bruxism. Gingivitis dan periodontitis dapat dicegah dengan cara rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sedangkan bruxism adalah kondisi gigi menggerutu yang tidak wajar ketika tidur. Ketika gigi menggerutu, kemungkinan ada bagian-bagian gigi yang melukai gusi hingga akhirnya menimbulkan darah. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsultasikannya kepada dokter.

Sponsors Link
, ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini