Sponsors Link

5 Hal yang Harus diketahui Tentang Penyakit Gusi

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami sakit pada gusi atau tanda gusi tidak sehat? Gusi adalah salah satu bagian dari rongga mulut, yang mana pada gusi ini sering terjadinya masalah. Penyakit pada gusi ini adalah salah satu yang harus anda perhatikan, karena sama dengan bagain tubuh lainnya gusi pun sangat penting untuk dijaga kesehatannya.

ads

Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui seputar penyakit gusi.

  • Apa itu penyakit gusi?

Penyakit gusi adalah infeksi pada jaringan di sekitar yang mendukung gigi Anda misalnya resesi gusi. Kondisi ini merupakan penyebab utama dari gigi yang lepas pada orang dewasa. Karena penyakit gusi biasanya tidak terasa sakit, Anda mungkin tidak menyadarinya. Penyakit gusi juga dikenal sebagai penyakit periodontal, dan disebabkan oleh plak, lapisan lengket bakteri yang secara konstan terbentuk pada gigi

  • Penyebab penyakit gusi

Mulut adalah salah satu bagian anggota tubuh yang dipenuhi oleh bakteri seperti lapisan biofilm pada gigi dan gusi. Bakteri-bakteri ini akan terkumpul dan membentuk lapisan lengket tak berwarna yang biasa disebut dengan ‘plak’. Plak dapat dihilangkan dengan sikat gigi yang

disertai dengan flossing yakni cara memebrsihkan gigi dengan benang gigi. Namun, terkadang ada sisa plak yang tertinggal dan lama-kelamaan membentuk lapisan karang gigi. Jika sudah membentuk karang gigi, Anda membutuhkan bantuan profesional untuk membersihkannya.

Semakin lama plak dan karang gigi dibiarkan, semakin buruk dampak yang diakibatkannya misalnya menyebabkan halitosis. Bakteri yang terkandung dapat menyebabkan radang pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Penyebab utama dari penyakit pada gusi memang

berasal dari bakteri pada mulut, namun ada faktor lain yang dapat memicu terjadinya pernyakit ini. beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit gusi antara lain adalah kebiasaan merokok, faktor genetik, gigi yang berantakan, diabetes, dan pengaruh obat-obatan.

  • Gejala penyakit gusi

Berikut beberapa gejala yang dapat anda kenali jika gusi anda bermasalah:

1. Kamu Melihat Warna Merah

Merah itu artinya bahaya. Jadi masuk akal jika saat bercermin kamu melihat gusimu berwarna merah atau keunguan, tandanya gusimu mungkin sedang bermasalah. Gusi yang sehat akan kuat dan berwarna merah muda pucat Bakteri dapat menyebabkan radang gusi yang dikenal sebagai gingivitis, yaitu penyakit gusi stadium awal yang ringan, atau periodontitis, yaitu stadium akhir yang lebih serius dari penyakit ini.

2. Gusimu Bengkak

Pada penyakit gusi stadium awal, gusi juga dapat membengkak karena meradang. Ini adalah pertanda bahwa kamu harus mulai mengikuti rutinitas perawatan mulut yang lebih solid.

3. Ada Darah di Wastafel

Gejala lainnya yaitu ada darah ketika kamu meludah saat menggosok gigi dan/atau flossing di wastafel. Gusi yang mudah berdarah adalah sinyal dari penyakit gusi stadium awal.

Sponsors Link

4. Gusimu Menjauh Dari Gigi

Jika gigimu terlihat lebih besar daripada biasanya, dan kamu juga melihat adanya resesi gusi atau gusi menjauh dari gigi, itulah tanda-tanda umum dari penyakit gusi awal, disebut periodontitis. Hal ini bukanlah bagian dari penuaan alami tubuh.

5. Kamu Menderita Bau Mulut

Bau mulut, atau ada rasa yang sangat tidak enak di mulutmu juga bisa menandakan penyakit gusi stadium awal. Penumpukan plak di lidah biasanya adalah penyebab bau mulut.

Perubahan unik lainnya di mulut karena penyakit gusi misalnya gusi yang terasa lunak saat disentuh, ada jarak di antara gigimu, gigimu goyang dan/atau ada perubahan saat menggigit atau cara gigimu bertaut saat menggigit. Semua tanda ini jangan kamu abaikan. Jika segera ditangani, kamu masih bisa terhindar dari penyakit gusi lebih parah.

ads
  • Bagaimana cara mencegah penyakit gusi?

Tujuan utama dalam menangani dan mencegah penyakit gusi adalah berhasil mengontrol infeksi agar tidak semakin parah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, mulai dengan yang bisa Anda lakukan sendiri hingga yang membutuhkan tangan profesional. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menangani penyakit pada gusi.

1. Pelajari cara menggosok gigi dan flossing dengan baik dan benar.

Hal ini mungkin terdengar sederhana, tetapi kebersihan mulut dan gigi memanglah kunci agar Anda terhindar dari penyakit gusi. Coba lebih peka lagi dengan cara Anda menggosok gigi agar gigi benar-benar bersih. Selain itu, mulailah kebiasaan flossing atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

2. Rajin memeriksakan diri ke dokter gigi.

Sejak kecil, Anda pasti sudah dianjurkan untuk memeriksakan gigi dengan rutin setidaknya 6 bulan sekali. Hal ini memang sangat penting untuk mencegah segala penyakit yang mungkin terjadi. Jika Anda sudah terlanjur mengidap penyakit gusi, kunjungan sebaiknya lebih sering misalnya 3 bulan sekali, atau sesuai kebutuhan.

3. Pembersihan secara mendalam oleh dokter.

Mulai menyadari adanya lapisan plak dan karang gigi? Segera lakukan pembersihan secara mendalam oleh ahlinya. Dengan rutin melakukan deep cleaning, karang gigi akan hilang dan pembentukannya juga dapat dicegah.

  • Bagaimana Cara Mengobatinya?

Langkah yang paling penting dalam mengobati gingivitis adalah dengan tidak mengabaikan gejala-gejala yang mungkin tak terlihat merusak, seperti adanya sedikit darah di wastafel saat kamu flossing dan menggosok gigi, dan/atau gangguan gusi yang terlihat merah dan/atau bengkak.

Jika gejala tersebut muncul, maka  pergilah ke dokter untuk memeriksakan gigi dan gusimu serta mengenali penyebabnya. Dokter gigi mugkin menyarankan peningkatan perawatan gigi di rumah, termasuk menambahkan mouthwash antiseptik pada rutinitasmu.

Jika ada ditemukan pembentukan kantong-kantong bakteri di sekitar gigi dan gusi mulai menjauh dari gigi, dokter gigi atau periodontist (dokter gigi yang mengkhususkan diri dalam penyakit gusi) mungkin akan menyarankanmu melakukan pembersihan menyeluruh.

Untungnya, penyakit gusi stadium awal yang ringan ini dapat dicegah. Dikatakan bahwa gingivitis yang tidak diobati dan diabaikan dapat berkembang menjadi penyakit gusi stadium lanjut (periodontitis), yang merupakan nomor satu penyebab gigi tanggal pada orang dewasa.

Gusi menjadi salah satu hal yang memang harus diperhatikan kesehatannya, karena gusi pun dapat mengalami masalah masalah yang nantinya akan membuat gusi anda menjadi rusak. Maka dari itulah, kenali dan perhatikan hal hal yang dapat membuat gusi anda bermasalah sehingga penyakit gusi akan terhindar.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini