Sponsors Link

5 Hubungan Antara Cabut Gigi dengan Demam

Sponsors Link

Haloooo sobat semuaaa! Salam sehat! Heyyooo di artikel kita kali ini, kita akan membahas “Hubungan Antara Cabut Gigi dengan Demam”, sobat. Kalian ada yang tau gak sobat? Kenapa beberapa orang mengalami demam dan nyeri setelah melakukan pencabutan gigi yang sering dikira alergi akibat bahan perawatan gigi? Lets cekidot kita bahas yuk sobat!

ads

Demam merupakan sebuah tanda bahwa di tubuh sedang ada gangguan sobat. Sering kali demam disebabkan oleh infeksi pada tubuh. Demam ditandai dengan naiknya suhu tubuh di atas normal. Demam bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja nih sobat. Termasuk setelah kalian cabut gigi. Seringkali seseorang yang selesai cabut gigi akan mengalami demam yang dikira tanda gigi terinfeksi tanpa ke dokter gigi.

Nyeri yang dirasakan pasca cabut gigi adalah hal yang sangat normal untuk dirasakan. Nyeri biasanya akan bertambah hebat setelah efek dari obat anestesi yang diberikan sebelum cabut gigi sudah hilang efeknya. Bila pencabutan gigi dilakukan karena terjadinya lubang pada gigi yang sudah mencapai pulpa gigi, biasanya risiko infeksi pasca tindakan pencabutan gigi memang akan meningkat. Kemungkinan infeksi ini yang menyebabkan terjadinya demam

1. Adakah Demam karena Cabut Gigi?

Perlu diketahui bahwa demam setelah cabut gigi di spesialisasi dokter gigi bisa berkaitan dengan proses pencabutan gigi dan juga bisa jadi tidak berkaitan sama sekali dengan proses pencabutan gigi. Karena memang ada banyak sekali kemungkinan dari demam. Sehingga penyebab demam usai cabut gigi tidak bisa dipastikan secara langsung bahwa itu pasti terjadi karena masalah gigi. Berikut ini kita bahas beberapa penjelasnya yuk sobat!

2. Demam yang mungkin berkaitan dengan cabut gigi

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa demam usai cabut gigi bisa jadi berhubungan erat dengan proses pencabutan gigi atau masalah pada gigi itu sendiri. Pencabutan gigi adalah upaya dokter gigi untuk mengangkat gigi yang sudah rusak parah. Tujuan pencabutan gigi adalah untuk mencegah adalah infeksi yang disebabkan oleh gigi yang rusak tersebut dan menjadi penyebab gigi ngilu berkepanjangan.

Efek samping cabut gigi ada beragam. Salah satunya adalah muncul rasa nyeri. Sebenarnya rasa nyeri pada gigi ini adalah efek bius yang sudah hilang sobat. Namun perlu diketahui bahwa risiko infeksi usai cabut gigi bisa meningkat. Apabila jika kerusakan gigi sudah mencapai pulpa gigi itu sendiri. Jika terjadi infeksi usai cabut gigi, inilah yang menyebabkan demam infeksi atau demam setelah cabut gigi.

Untuk mencegah infeksi dan demam usai cabut gigi, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat, misalnya obat penghilang rasa sakit dan juga anti biotik untuk mengatasi infeksi itu sendiri. Namun jika demam tidak membaik selama lebih dari 3 hari, sebaiknya sobat kembali ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Selain setelah cabut gigi, infeksi pada mulut bisa juga menyebabkan demam karena sakit gigi.

3. Demam yang tidak berkaitan dengan cabut gigi

Demam yang terjadi setelah pencabutan gigi bisa juga tidak berhubungan dengan pencabutan gigi itu sendiri. Mengapa begitu ya sobat? Dalam artian, demam yang terjadi murni disebabkan oleh hal – hal selain masalah pada gigi. Misalnya karena tertular virus atau bakteri dari orang lain, dan kebetulan saja gejala demamnya muncul setelah cabut gigi. Hal ini bisa saja terjadi kepada sobat – sobat nih.

Sponsors Link

Adapun penyebab demam umumnya adalah infeksi virus maupun bakteri. Namun jenis Demam Virus lebih sering terjadi daripada infeksi bakteri. Jika sobat terserang demam usai cabut gigi, perhatikan saja gejala lain yang muncul selain rasa sakit di gigi dan demam.

Karena demam biasanya disertai dengan gejala lainnya yang khas sesuai dengan penyebabnya masing – masing. Misalnya jika demam disebabkan karena virus influenza, maka gejala flu akan muncul sebagai salah satu gejala tambahan dari demam.

Demikian juga jika demam disebabkan oleh cacar air, maka akan muncul gejala berupa muncul ruam cacar air di kulit. Atau jika demam disebabkan oleh demam berdarah atau sering disingkat DB, juga akan muncul gejala khas demam berdarah. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara tepat untuk mengetahui jenis bakteri atau virus penyebab demam dan juga penanganan yang tepat.

ads

Itulah sobat, beberapa kemungkinan penyebab demam setelah cabut gigi maupun karena faktor selain cabut gigi.

4.Cara Mengatasi Demam karena Cabut Gigi

Jika demam terjadi kepada sobat, kapan pun itu, dimana pun itu, maka beberapa hal berikut ini perlu dilakukan untuk meringankan gejala demam yang sedang sobat derita, seperti di bawah ini :

  • Menghubungi dokter untuk mengetahui penyebab demam dan cara pengobatan demam yang tepat.
  • Mengonsumsi obat penurun panas badan yang sesuai agar meredakan gejala demam
  • Tetap konsumsi cairan yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan yang sehat namun pilihlah makanan yang lembut untuk mencegah pendarahan di gigi yang dicabut
  • Mengompres tubuh juga bisa membantu meredakan demam
  • Jika muncul gejala mencurigakan segera lakukan pemeriksaan ke dokter

5. Cara Mencegah Infeksi Usai Cabut Gigi

Jika sobat baru saja melakukan proses pencabutan gigi, beberapa hal di bawah ini perlu dilakukan untuk mencegah infeksi di mulut setelah cabut gigi, yaitu :

  • Sobat perlu menggigit kassa yang diberikan dokter di area pencabutan gigi. Tujuan hal ini adalah untuk membantu menghentikan pendarahan dari luka yang tercipta setelah cabut gigi
  • Jika kassa terasa sudah basah dan penuh, sebaiknya sobat mengganti kassa dengan kassa steril yang baru. Tujuannya adalah untuk mencegah perkembangbiakan bakteri di area tersebut dan agar terhindar dari berbagai infeksi di area gigi yang bekas dicabut
  • Setelah cabt gigi, jenis makanan mungkin perlu diatur sedemikian rupa agar makanan tidak mempengaruhi gigi yang baru dicabut. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang lembek atau lembut. Baru setelah beberapa hari, jenis makanan bisa kembali seperti sedia kala. Namun sebaiknya lakukan secara bertahap ya sobat
  • Jika muncul rasa tidak nyaman di area bekas cabut gigi, sobat bisa mengganjal kepala dengan bantal agar tidur bisa lebih nyaman ya
  • Jangan menghisap lubang bekas cabut gigi karena bisa memperlama proses penyembuhan. Hindari juga meludah dengan terlalu keras karena bisa meningkatkan risiko pendarahan kembali
  • Jangan mengutak – atik atau menyentuh – nyentuh area bekas cabut gigi agar bisa segera sembuh

Nah sekian, artikel tentang “Hubungan Antara Cabut Gigi dengan Demam” ya sobat. Salam sehat sobat. Terima kasih.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi