Sponsors Link

Hubungan Demam dengan Sakit Gigi yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Hai guys, kita berjumpa lagi di tulisanku kali ini tentang kesehatan gigi. semoga tulisan tulisan ku yang berisi informasi ini dapat berguna bagi kalian pembaca informasi ini, untuk itu Sebelum kita mengupas lebih jauh tentang  hubungan demam dengan sakit gigi kita harus tau penyebab dari demam yang terjadi saat sakit gigi. Kali ini aku bertanya apasih itu demam?

ads

Pengertian Demam

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi pada kondisi hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. Kenaikan suhu tubuh akibat konsumsi obat ini disebut dengan demam obat atau “drug fever”.

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, demam yang tinggi tidak selalu menandakan bahwa Anda menderita suatu penyakit yang serius. Demam yang seringkali dijumpai pada kasus infeksi anak-anak seringkali tidak berbahaya. Malahan, demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Penyebab

Hubungan demam dengan sakit gigi tentu disebabkan oleh beberapa hal. Seseorang yang sedang sakit gigi memang bisa mengalami demam atau bahkan menggigil dan lemas. Inilah beberapa penyebab yang menghubungkan kedua hal tersebut:

  • Terjadi infeksi pada rongga mulut yang menyebabkan sakit gigi. Demam saat sakit gigi terjadi agar virus atau bakteri yang berkembang di rongga mulut tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan memicu munculnya penyakit.
  • Pertumbuhan gigi pada anak bisa menjadi penyebab demam pada anak. Pada fase ini anak akan menjadi sangat rewel dan mudah menangis karena ada organ baru yang tumbuh di tubuhnya.
  • Gigi berlubang bisa menimbulkan demam pada tubuh. Penyebab dari gigi berlubang antara lain adalah kuman atau bakteri yang menumpuk pada gigi karena sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Gigi berlubang bisa menjadi penyebab demam berkepanjangan pada anak jika tidak segera diobati.
  • Salah satu penyebab panas dalam dan sariawan yang memicu demam tubuh adalah gigi yang membusuk. Ini adalah kelanjutan dari gigi berlubang yang terinfeksi lebih banyak virus dan bakteri. Inilah mengapa demam disertai sariawan sering terjadi. Harus segera dilakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi infeksi pada rongga mulut.
  • Adanya luka pada gusi yang disebabkan oleh infeksi karena bakteri atau virus. Luka ini meradang seiring berjalannya waktu sehingga menimbulkan demam panas bagi penderitanya.
Sponsors Link

Gejala

Demam akibat sakit gigi akan muncul saat seseorang sedang merasakan sakit baik pada gigi maupun rongga mulutnya. Anda harus memperhatikan dan memahami apa saja gejala yang muncul dari demam akibat sakit gigi.. Mengetahui gejala demam karena sakit gigi sangat penting agar Anda bisa melakukan langkah pengobatan dan pencegahan yang tepat. Ini dia gejala demam yang berhubungan dengan sakit gigi:

  • Suhu badan mulai naik dan kemudian muncul demam.
  • Rasa sakit dan nyeri di kepala yang cukup parah.
  • Area gigi mulai nyeri. Ini juga bisa menjadi penyebab panas pada anak yang mulai tumbuh gigi.
  • Gusi membengkak akibat infeksi yang mulai menyebar.
  • Bau mulut menjadi sangat tidak enak karena peradangan yang terjadi pada rongga mulut.
  • Sariawan dan panas dalam yang parah.
ads

Cara Mengobati

Penanganan dan cara mengobati demam yang tepat adalah dengan membawa ke dokter. Temui dokter gigi untuk memastikan penyakit yang menyerang gigi dan mulut Anda. Namun jika Anda belum pergi ke dokter, ini dia cara mengobati demam karena sakit gigi yang tepat:

  • Minum banyak air putih hangat sebagai cara mengobati demam akibat radang tenggorokan. Tenggorokan yang berhubungan langsung dengan mulut akan mudah terkena bakteri dan penyakit saat mulut dan gigi sedang sakit.
  • Minum obat penurun panas badan untuk meredakan demam sementara waktu. Namun hindari membeli obat sembarangan di warung karena efek jangka panjangnya tidak baik. Jangan terlalu banyak meminum obat ini, dan segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
  • Kompres bagian yang sakit dengan menggunakan air hangat. Air hangat mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa sakit Anda.

Untuk merawat gigi agar terhindar dari sakit gigi, kami ada beberapa tips untuk kalian :

  • Optimalkan asupan gizi seimbang terutama perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung kalsium serta vitamin C. Agar gigi tetap kuat dan kondisi Asam di mulut tetap seimbang.
  • Bersihkan bagian mulut, yaitu sikat gigi 2x sehari secara perlahan, bagian lidah dengan pembersih lidah, dan gusinya dengan kain kasa.
  • Bilas dengan air putih setelah makan dan minum yang manis.
  • Hindari makan manis ketika jam makan utama dan waktu malam.

Kontrol gigi ke Dokter gigi spesialis agar mendapatkan tindakan yang tepat sesuai usia dan kondisi gigi nya.
Jadi aktifitas menggosok gigi itu kan fungsinya untuk membersihkan mulut dan jaringan sekitar ya, termasuk gusi dan lidah, dan pasta gigi itu gunanya sebetulnya adalah sebagai pelengkap.

Misalnya, untuk menambah agar tidak bau mulut, dari aroma si mint nya, atau ada juga pasta gigi yg bisa mencegah timbulnya karies, seperti contohnya gc tooth mousse yang saya bilang tadi malam, atau sensodyn pain relief atau pepsodent sensitive untuk yg dewasa.

Tapi intinya adalah sebenarnya itu cara kita menyikat giginya. Bukan digosok keras-keras, tapi disikat pelan tapi menyeluruh sampai sela-sela gigi dan bersihkan gusi. Dan kalau odolnya, mau pakai apa aaja kalau sudah dewasa boleh, walaupun banyak kandungan fluoride, detergen dll, orang dewasa sudah bisa berkumur dan tidak menelan si fluoride itu.

Sponsors Link

Karena kan fluoride itu berbahaya bagi kesehatan bila tertelan. Makanya untuk bayi, di atas dua tahun yang sudah gosok gigi pake odol, sebaiknya cari yang kandungan fluoride nya paling dikit. Cari yang tidak banyak busanya, karna anak kecil belum bisa kaya orang dewasa, kalau odolnya ketinggalan dimulut dan banyak detergennya dan fluoridenya jadi bahaya kan? Yah kira-kira seperti itu penjelasan singkat saya tentang seputar kesehatan gigi.

Sekian dari penjelasan saya mengenai hubungan demam dan sakit gigi yang saya ketahui, semoga informasi ini sangat bermanfaat untuk para pembaca tulisanku. ingat ya menjaga kesehatan gigi itu sangat penting apalagi harus di jaga sejak dini agar tidak mendapatkan dampak di kemudian hari. Contoh nya seperti gigi berlubang / gigi mudah patah dan yang lain lain nya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini