Sponsors Link

Hubungan Gigi Berlubang dengan Asam Lambung Berlebih

Sponsors Link

Kesehatan adalah sebuah nikmat yang perlu dijaga. Jika tidak, maka akan muncul berbagai gangguan pada kesehatan. Jika sudah muncul satu gangguan, maka bagian lain juga secara tidak langsung bisa terpengaruh olehnya.

ads

Sudah banyak contoh kasusnya. Salah satu yang berhubungan adalah masalah kesehatan gigi dengan kesehatan lambung sebagai organ pencernaan sebab itu berhati hatilah dengan makanan asam penyebab gigi berlubang. Walau terlihat keduanya tidak memiliki hubungan yang erat, namun nyatanya keduanya cukup erat hubungannya.

Bukan hanya menjadi penyebab mulut terasa asam saja bahkan, ada banyak kasus gigi berlubang bisa disebabkan oleh masalah lambung dimana memang terdapat pengaruh asam pada gigi. Jika pada pasien sering merasa nyeri pada ulu hati atau merasakan sensasi panas di dada sampai ke tenggorokan, mungkin pasien tersebut memiliki gangguan pencernaan yang dikenal dengan nama GERD.

GERD ini mirip dengan refluks asam lambung dan membuat gigi ngilu akibat asam lambung. Namun meski sama-sama bikin asam lambung naik, refluks asam lambung dan GERD tidaklah sama. Sakit asam lambung akibat GERD bersifat kronis dan biasanya terjadi setidaknya lebih dari dua kali per minggu dan biasanya kambuh sewaktu-waktu.

Pada pasien GERD, ini seringkali merasa asam di mulut dimana memang itulah salah satu penyebab mulut terasa asam. Pada dasarnya, semua hal yang berkaitan dengan asam termasuk asam lambung dapat menyebabkan gigi sensitif. Kalau sudah lama terkadang tidak menyadari bahwa gigi belakang menjadi berlubang.

Tapi gigi depannya masih tampak bagus dna tidak terlihat gigi depan miring ke samping. Itu karena rongga mulut cenderung asam sehingga bakteri menggerogoti lapisan email. Pada beberapa kasus, GERD yang tak tertangani dengan baik dapat memicu kerusakan pada lapisan kerongkongan yang dalam jangka panjang menyebabkan kanker kerongkongan.

Jika sudah begini, penderita akan merasa tidak nyaman pada bagian kerongkongan, dan mucul sensasi terbakar di dada. Asam lambung naik biaasa dialami dan tidak berbahaya. Namun pada tahap kronis, dan sering terjadi, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi seperti susah menelan makanan,

esophagitis (radang dan iritasi pada dinding kerongkongan) dan jaringan dinding kerongkongan bertambah parah sehingga berpotensi menjadi kanker. Berikut ini adalah beberapa penyebab asam lambung naik karena kebiasaan yang salah :

  • Berbaring setelah makan atau makan hingga kenyang
  • Kelebihan berat badan
  • Konsumsi aspirin, ibuprofen, atau obat relaksasi otot
  • Ngemil sebelum tidur
  • Minum minuman beralkohol, soda, teh, atau kopi
  • Makan makanan tertentu seperti cokelat, bawang merah atau putih, tomat, sajian berlemak dan pedas
  • Hamil
  • Merokok
Sponsors Link

Berikut ini adalah beragam gejala asam lambung naik yang perlu Anda ketahui :

  • Merasa begah atau kembung

Meningkatnya asam lambung juga dapat menyebabkan Anda mengalami rasa begah atau kembung setelah makan dalam porsi besar. Untuk menghindarinya, kurangi konsumsi makanan berlemak, jangan merokok dan mengonsumsi alkohol saat begah atau kembung terasa.

  • Rasa tidak nyaman di kerongkongan dan mulut

Saat asam lambung naik hingga ke saluran cerna bagian atas, Anda bisa saja mengecap rasa yang tidak enak seperti pahit dan asam di mulut. Selain itu, kerongkongan juga mungkin terasa nyeri. Dalam kasus yang sangat ekstrim, kenaikan

asam lambung juga dapat menyebabkan tersedak. Apabila hal ini terjadi di malam hari, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Atau segera konsumsi obat maag seperti antasida yang biasanya Anda minum saat kambuh.

ads
  • Sulit menelan

Asam lambung naik dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada esofagus. Hal tersebut dapat membuat kita sulit menelan (disfagia) dan merasa makanan terasa tersangkut di kerongkongan. Dalam beberapa kasus, dapat juga diikuti rasa nyeri ketika menelan makanan.

  • Heartburn

Heartburn adalah sensasi yang Anda rasakan ketika asam lambung naik sampai ke esofagus. Anda akan merasa dada terasa panas seperti terbakar dengan tingkat nyeri yang berbeda-beda. Jika tidak begitu parah Anda mungkin hanya merasa tidak nyaman. Namun, jika sudah parah gejala ini bisa menyebabkan dada terasa sangat nyeri. Kondisi ini juga dapat bertahan selama beberapa jam dan semakin buruk setelah makan.

  • Batuk kering

Gejala lain yang dialami saat lambung naik adalah batuk kering. Beberapa orang mungkin merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan menyebabkan mereka perlu batuk berulang kali untuk membersihkan tenggorokan.

Hubungan gigi berlubang dengan asam lambung

Penyebab mengapa gigi berlubang bisa menyebabkan masalah pada asam lambung juga hampir sama dengan radang tenggorokan, yaitu karena infeksi bakteri, virus, iritasi, dan juga karena alergi. Radang tenggorokan yang sebelumnya didahului dengan sakit gigi maka penyebabnya adalah infeksi.

Kuman dan bakteri yang menyebabkan sakit gigi berlubang masuk ke dalam tenggorokan karena letaknya berdekatan sehingga mudah untuk berpindah. Pada dinding lambung memiliki lapisan pelindung yang fungsinya melindungi dinding dari tingkat keasaman cairan yang dihasilkan oleh lambung.

Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang bisa turun ke lambung dan merontokkan lapisan pelindung di dinding lambung. Hal tersebut menyebabkan dinding lambung rentan terhadap luka atau tukak karena terkena asam lambung terutama saat mengalami peningkatan.

Penyakit asam lambung naik sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan makan kurang tepat. Meskipun biasa terjadi, kondisi yang terus menerus terjadi perlu diwaspadai. Kenali gejala asam lambung naik dan hindari penyebabnya. Itulah sekilas informasi mengenai gigi mudah berlubang akibat asam lambung berlebih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini