Sponsors Link

Hubungan Jeruk Nipis dengan Kesehatan Gigi dan Mulut

Sponsors Link

Jeruk nipis memiliki aroma yang menyegarkan dan banyak yang mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang cocok untuk dikonsumsi saat udara sedang dingin ataupun panas dan merupakan makanan yang menyehatkan gigi di usia lanjut. Diketahui bahwa di dalam jeruk nipis memiliki

ads

banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, misalnya kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasanya jadi asam.

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti dapat membantu menurunkan resiko stroke, mencerdaskan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, cara alami menumbuhkan gigi berlubang, membantu menjaga kesehatan organ-organ pencernakan, dapat menyehatkan kulit. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini penjelasannya.

  • Buah jeruk bisa membantu gigi terlihat lebih putih

Gigi yang kuning pastinya membuat anda tidak nyaman saat tersenyum. Biasanya kebanyakn orang mengatasinya dengan berbagai macam upaya teknologi terbaru pena pemutih gigi atau seperti menyikat gigi secara rutin serta melakukan pemutihan gigi telah dilakukan. Tetapi dengan hanya menggunakan air perasan jeruk nipis juga akan membantu anda untuk lebih memutihkan gigi

anda yang kuning. Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, yaitu sekitar 50 mg dalam setiap 100 gram sajiannya. Vitamin C itulah yang berperan untuk membuat gigi kita bisa terlihat lebih bersih, putih, dan terlihat lebih sehat.

Adapun caranya cukup mudah, yaitu :

1. Ambil beberapa kulit jeruk yang masih segar. Bagian yang digunakan adalah bagian yang berwarna putih. Penerapannya adalah dengan cara menggosokkan bagian kulit jeruk yang berwarna putih tersebut pada gigi kita (sebaiknya hal ini dilakukan di malam hari sebelum tidur). Selain bisa menghasilkan gigi yang terlihat bersih dan putih, terapi ini juga akan membuat mulut Anda terasa lebih segar.

2. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran ekstrak jeruk nipis dan garam. Sifat pembersih alami yang dimiliki eruk nipis akan dapat membuat gigi Anda terlihat lebih bersih dan putih. Dan kandungan sodium yang terdapat dalam garam dapur akan membantu mengurangi bau mulut.

3. Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan perasan 1 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan garam dapur. Selanjutnya, pergunakan ramuan tersebut untuk menggosok gigi Anda secara rutin 2 kali sehari. Dengan melakukan terapi ini, maka plak-plak yang menempel pada gigi Anda akan menghilang, dan gigi akan terlihat lebih putih dan bersih.

Sponsors Link

  • Buah jeruk dapat membantu gigi lebih kuat

Vitamin C dan kolagen yang terkandung di dalam buah jeruk sangat bermanfaat untuk membantu menciptakan gigi yang lebih kuat serta membantu menurunkan resiko terjadinya gusi berdarah. Jadi, jika Anda memiliki gigi yang kurang

kuat serta gusi berdarah, itu artinya asupan vitamin C dan kolagen dalam tubuh Anda sangat kurang. Vitamin C  akan membantu mencegah terjadinya kerusakan pada kolagen yang dibutuhkan gusi kita. tanpa adanya kolagen, gusi akan menjadi lembut dan pada akhirnya akan meningkatkan resiko terkena penyakit periodontal.

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang mudah didapatkan di sekitar rumah. Bahkan anda dapat menanamnya sendiri. Maka manfaatkanlah jeruk nipis untuk menjaga keesehata gigi dan juga mulut anda tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini