Sponsors Link

Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, tentu tidak boleh telat makan dan menunda makan. Hal ini biasanya akan mempercepat gejala perut perih dan rasa mual, selain itu juga akan terasa kepala menjadi pusing dan hal terburuk bisa berdampak kepada tingkat kesadaran diri alias pingsan.

ads

Anda yang memiliki penyakit maag, harus tetap waspada karena penyakit ini juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit lainnya, seperti sakit gigi dan penyakit migrain serta lainnya. Contoh jenis jenis penyakit gigi.

Untuk mengetahui sejauh mana penyebab dan juga Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag, berikut penjelasannya untuk Anda :

1. Hubungan Gigi Bolong dengan Penyakit Maag

Anda yang memiliki masalah gigi, terutama gigi berlubang dan bolong. Hal ini tentu berdampak adanya rasa sakit dan disertai sakit kepala hebat, dan juga penyebab gigi bolong dan berlubang bisa mengakibatkan masalah pada asam lambung. Dimana dinding lambung memiliki lapisan pelindung yang berfungsi sebagai pelindung dinding dari kadar keasaman cairan yang dihasilkan oleh lambung itu sendiri.

Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan gigi bolong bisa turun ke lambung dan dapat menyebabkan lapisan pelindung di dinding lambung rontok. Karena hal tersebutlah, timbulnya satu hal yang menyebabkan dinding lambung rentan terhadap luka atau tukak karena terkena asam lambung terutama saat asam lambung peningkatan. Berikut gigi berlubang parah busuk yang perlu Anda ketahui.

2. Hubungan Sakit Gigi, Bau Mulut dan Maag

Karena Anda mengalami masalah dengan gigi seperti, gigi berlubang, gusi bengkak, gigi retak dan sebagainya menyebabkan terjadinya penyakit maag. Hal ini dapat terjadi karena adanya bakteri dan virus yang terjadi selama Anda memiliki penyakit gigi dan gusi, dimana bakteri tersebut mengganggu sistem organ tenggorokan dan akhirnya berlanjut kepada sakit maag. Contoh kasus pada mulut seperti candidiasis mulut.

Biasanya bau mulut tak sedap dijumpai pada kasus penderita sakit gigi, oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan disarankan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, dengan rajin gosok gigi dan menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Berikut tips dan cara mencegah bau mulut.

3. Hubungan Gigi Sensitif dengan Penyakit Maag

Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag yaitu jika anda yang memiliki gigi sensitif sedikit berhati – hati, karena hal ini secara tidak terasa akan berdampak kepada penyakit maag. Kenapa hal ini terjadi, kaitannya maag dengan gigi sensitif memang ada, semua hal yang berhubungan dengan asam termasuk penyakit asam lambung dapat menyebabkan terjadinya gigi sensitif. Hak ini dikarenakan, asam lambung akan mengikis lapisan email dan menyebabkan dentin menjadi terbuka. Berikut ciri gigi sensitif dan cara mengobatinya.

Biasanya gigi yang mengalami erosi diantara daerah sekitar langit-langit dan di daerah belakang mulut. Ini juga seperti orang yang memiliki penyakit maag, dimana meningkatnya asam lambung bisa mengganggu sistem gigi, seperti gigi snsitif. Disebabkan, naiknya asam lambung yang memicu pada erosi dental dan juga beberapa penyakit lainnya. Contoh penyebab kanker gigi yang perlu diketahui.

Sponsors Link

4. Hubungan Gigi Belakang dengan Panyakit Maag

Anda yang memiliki masalah gigi terutama gigi bagian belakang, tentu hal ini dapat mempengaruhi timbulnya penyakit maag. Hal ini dikarenakan tingkat asam lambung yang tinggi membuat lapisan pada enamel dan dentin gigi menjadi terkikis dan asam lambung juga dapat menjalar ke tenggorokan sehingga terjadinya menipis lapisan enamel sehingga gigi menjadi lebih sensitif, terutama gigi bagian belakang. Berikut ciri gigi sensitif yang harus Anda ketahui.

Asam lambung yang berlebihan juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, hal ini juga berdampak kepada kesehatan rongga mulut dan gigi Anda. Untuk itu perlu dihindari dengan menjaga kesehatan gigi dan juga menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan asam lambung meningkat. Jika hal ini terjadi berlarut – larut segera periksakan kondisi kesehatan Anda kepada dokter yang mengerti akan hal tersebut.

5. Terjadinya Berbagai Penyakit Mulut

Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag yaitu dengan meningkatnya asam lambung Anda, makan akan menyebabkan terjadinya berbagai penyakit mulut dan sekitarnya. Dikarenakan asam lambung yang naik dan menjalar ke tenggorokan dan kerongkongan, hal ini berdampak akan terjadinya infeksi serta peradangan. Contoh penyakit kanker gigi dan mulut  yang harus Anda waspadai.

Jika sudah terjadi peradangan dan infeksi, otomatis hal ini akan membuat mulut dan sekitanya menjadi sakit dan sulit untuk menelan makanan. Jika hal ini dibiarkan akan terjadi infeksi tenggorokan dan daerah sekitar mulut termasuk gigi Anda.

Sponsors Link

6. Pengaruh Obat Sakit Gigi terhadap Sakit Maag

Anda yang biasanya mengkonsumsi obat pereda nyeri karena sakit gigi, harus waspada karena ada beberapa obat – obatan yang mempengaruhi terhadap sakit maag. Benarkah hal tersebut berdampak kepada penyakit lambung ?. Berikut contoh obat sakit gigi paling ampuh yang dapat Anda beli di toko obat terdekat.

Obat sakit gigi yang biasa dikonsumsi dan dianjurkan oleh dokter gigi memiliki sifat dan kandungan obat NSAID ( Non-steroidal Anti Infammatory Drugs ). Dimana obat ini termasuk obat pereda nyeri dan penurun panas, namun tahukah Anda obat ini dapat menyebabkan efek samping kepada lambung Anda yaitu terjadinya luka dan dapat memicu kepada sakit perut. Contoh sakit perut pada kasus  sakit gigi saat hamil muda.

Sebagian penderita yang mengalami keluhan serupa atau pernah menderita gastritis (sakit maag/ sakit lambung), biasanya dokter akan memberikan kombinasi obat NSAID dan obat-obatan lain untuk menetralkan asam lambung seperti contoh antasida atau jenis lain sesuai dengan kebutuhan dan tingkatan penyakit pada pasien. Hal yang paling penting jangan mengkonsumsi obat jenis ini di saat lambung Anda kosong atau sebelum makan dan juga disarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih minimal 8 gelas sehari. Berikut ini contoh jus untuk menghilangkan sakit gigi patut dicoba di rumah.

Jika hal ini bertambah parah segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Semoga penjelasanan tersebut di atas dapat membuat Anda lebih peduli dan memeriksakan penyakit Anda baik sakit gigi dan sakit maag, agar terhindari dari penyakit yang lebih parah. Demikian mengenai informasi Hubungan Sakit Gigi Dengan Maag, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi