Sponsors Link

Hubungan Sakit Gigi Dengan Pusing yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Pernah mengalami sakit gigi disertai dengan sakit kepala atau pusing ?, tentu pernah bukan. Bagi Anda yang memiliki masalah pada gigi seperti sakit gigi karena gigi berlubang, gigi goyang, gusi bengkak atau gigi yang retak. Hal ini pasti tidak mengenakkan. Beikut salah satu penyebab gigi berlubang parah busuk.

ads

Faktor pencetus terjadinya sakit kepala atau pusing bsia jadi karena adanya rangsangan syaraf yang luka atau bengkak akibat penyakit tersebut. Biasanya jika sakit gigi sangat identik dengan rasa sakit pada kepala yang teramat sangat. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Nah, untuk mengetahui hubungan antara sakit gigi dengan pusing. Mari kita simak beberapa pemaparan dan penjelasananya sebagai berikut :

Hubungan Sakit Gigi Dengan Pusing

1. Faktor Masalah Gigi Berlubang

Tidak dapat dipungkiri sebagian besar masyarakat di Indonesia mengalami masalah pada gigi, terutama gigi berlubang. Tentu pada penderita gigi berlubang tidak dapat dianggap sepele dan mudah, karena jika masalah ini timbul dengan berbagai macam pemicunya akan timbul rasa sakit yang teramat sangat. Rasa sakit tersebut yang pada akhirnya menekan syaraf yang berhubungan dengan mata, muka, mulut dan syaraf kepala.

Pada saat gejala gigi berlubang otomatis tekanan yang membuat syaraf tersebut terbuka dan menimbulkan rasa sakit. Akibat rasa sakit akan membuat Anda tidak dapat mengunyah, tidak bisa tidur apalagi melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika Anda tidak segera bertindak, maka terjadilah efek samping gigi berlubang.

Untuk itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda, karena awal penyakit gigi karena kurang pedulinya Anda pada kesehatan daerah sekitar mulut dan gigi. Jika dirasa sakit gigi dan rasa nyeri kepala sangat parah, lakukan tindakan dengan datang ke dokter gigi, agar dapat ditangani dengan terapi dan obat yang khusus untuk mengurangi rasa sakit tersebut. Contoh obat sakit gigi paling ampuh yang dapat Anda coba di rumah.

2. Terjadinya Gusi Bengkak

Hubungan Sakit Gigi Dengan Pusing yang kedua yaitu tidak hanya masalah gigi saja, namun gusi bengkan dapat menimbulkan rasa akit pada gigi sekitar gusi dan juga berakibat kepada rasa sakit kepala yang menjalar. Tentu hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, bisa jadi karena sariawan, gusi tergigit saat mengunyah atau karena adanya tekanan yang keras terhadap gusi dan jaringan lunak disekitarnya. Penyakit gusi lainnya seperti ciri ciri kanker gusi.

Untuk mencegah hal tersebut berulang, lebih berhati – hati dalam mengunyah, rajin membersihkan gigi secara teratur dan perlahan, paling tidak berkumur dengan obat kumur yang aman. Namun jika kondisi gusi Anda tidak membaik juga, mungkin dikarenakan faktor penyakit lainnya, segera konsultsikan ke dokter gigi langganan Anda.

3. Terjadinya Gigi Goyang

Baik usia anak – anak, remaja dan dewasa masih menjadi fase terjadinya gigi yoyang atau rapuh. Untuk usia anak – anak sampai remaja ( usia 15 tahun ), gigi goyang dan lepas bisa tumbuh kembali. Namun untuk usia dewasa jika mengalami gigi goyang dan akhirnya menjadi lepas, hal ini tidak akan membuat gigi tersebut tumbuh kembali. Berikut cara mengatasi gigi goyang agar tidak copot.

Sponsors Link

Hal ini juga dapat menimbulkan rasa sakit kepala atau pusing yang sangat mengganggu, dalam kasus kebanyakan untuk gigi goyang jika tidak segera dilakukan tindakan makan akibatnya dapat menyebabkan infeksi bahkan peradangan hebat. Jika hal ini terjadi, Anda bisa bayangkan seperti apa rasa sakit kepala yang ditimbulkan, untuk makan saja sulit, apalagi untuk hal lainnya. Akibat tekanan dan rasa sakit menyebabkan syaraf yang terhubung antara mulut, mata dan kepala sangat berkaitan. Jadi jika Anda mengalami gigi goyang segera cabut dengan cara dan penanganan yang tepat dan benar. Anda dapat mencoba dengan cara mengatasi gigi goyang dan aman bagi kesehatan.

Sponsors Link

4. Terjadinya Gigi Sensitif

Gigi sensitif juga mengalami hal yang serupa, Anda akan mengalami rasa sakit yang teramat sangat sehingga menjalar ke bagian syaraf mata, muka, dan kepala bahkan bisa sampai kepada syaraf otak. Otomatis rasa pusing dan tidak nyaman membuat Anda menjadi sulit untuk makan, tidur bahkan beraktifitas.

Memang agak sulit menyembuhkan gigi sensitif secara total, namun dengan menghindari makan dan minum yang memicu dan rajin periksakan ke dokter hal ini dapat dihindari tentunya. Jadi jangan tunggu penyakit Anda semakin  parah, segeralah ambil tindakan dan pencegahan. Dan berikut contoh serta ciri gigi sensitif.

5. Terjadinya Gigi Retak

Biasanya di usia dewasa dan matang sering terjadi keretakan gigi atau gigi carries, hal ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya yaitu gigi yang rapuh dan keropos atau terlalu sering memakan makanan yang keras, sehingga penyebabkan terjadinya keretakan pada gigi. Berikut penyebab gigi retak dan ngilu.

Baik gigi biasa dan gigi geraham memiliki efek yang sama, rasa sakit yang parah bahkan sampai menimbulkan sakit kepala berkepanjangan. Efek dari gigi retak dapat membuat rasa ngilu disertai dengan sakit, akibatnya rasa sakit tersebut menjalar ke bagian syaraf lainnya seperti syaraf muka, hidung, telingan, kepala dan otak. Memang kelihatan sangat sepele, namun jika dibiarkan begitu saja akan fatal akibatnya. Oleh karena itu segera lakukan tindakan medis dan terapi penyembuhan gigi retak.

6. Gigi Bungsu Tumbuh

Untuk usia  dewasa bahkan usia matang ( diatas 50 tahun ke atas ) untuk tumbuh gigi bungsu dibilang jarang, kalaupun ada hanya beberapa saja. Anda yang pernah mengalami hal tersebut tentu merasakan rasa sakit dan juga rasa pusing kepala secara lama. Ini satu cara untuk merawat gigi bungsu yang bisa anda lakukan dirumah.

Hal ini terjadi apabila kondisi gigi bungsu tumbuh tidak pada tempatnya yang benar, atau mengalami peradangan mulai pembengkakan sampai terjadinya infeksi pada bagian gigi dan daerah sekitarnya. Karena gigi tumbuh dan menekan bagian gigi lainnya maka hal ini menyebabkan syaraf mata, telinga, hidung, muka sampai kepala dan otak bereaksi secara cepat. Jika tidak ditangani dengan benar makan akan menyebabkan pusing dan sakit kepala hebat, jika hal tersebut terjadi segera konsultasikan ke dokter kondisi Anda, agar ditangani dengan tepat dan benar. Berikut contoh pantangan setelah operasi gigi bungsu yang wajib anda hindari jika anda tidak menginginkan hal yang fatal.

Demikian pemaparan mengenai hubungan sakit gigi dengan pusing. Semoga Anda menjadi lebih berhati – hati dalam penanganan masalah gigi dan bagiannya, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi