Sponsors Link

Impaksi Gigi – Penyebab – Gejala – Komplikasi – Penanganan

Sponsors Link

Mungkin ada sebagian orang yang merasakan pertumbuhan gigi meski sudah bukan waktu tumbuh gigi. Apabila ini terjadi, maka gigi yang sedang tumbuh tersebut adalah gigi geraham bungsu. Sebagian orang yang mengalami pertumbuhan gigi bungsu ini bisa merasakan sakit yang mengganggu. Kondisi tersebut disebut dengan impaksi dimana efek samping gigi bungsu tumbuh bisa menyebabkan bahaya.

ads

Pada anatomi gigi manusia yang lengkap akan memiliki dua buah gerahan. ketika seseorang berumur 17 hingga 25 tahun, maka umumnya akan tumbuh gigi geraham ketiga yang disebut dengan gigi geraham bungsu. Seperti pertumbuhan gigi normal lain, gigi geraham bungsu ini semestinya tumbuh lurus ke atas sejajar dengan gigi lain. Akan tetapi gigi tersebut bisa saja tumbuh dengan arah yang tidak benar seperti terjebak di dalam gusi atau tumbuh mengarah ke gigi disampingnya dan inilah yang disebut dengan impaksi gigi.

Penyebab Impaksi Gigi

Impaksi gigi terjadi karena tidak ada ruang cukup untuk gigi geraham bungsu agar bisa tumbuh dengan baik. Beberapa orang akan mengalami impaksi gigi sebab rahang mereka berukuran kecil sedangkan ukuran gigi yang tumbuh adalah besar. Inilah yang nantinya menyebabkan gigi geraham bungsu terjebak dan tidak dapat keluar dari dalam gusi.

Impaksi gigi atau ciri gigi bungsu bermasalah juga bisa terjadi karena tidak terdapat ruang sisa yang membuat gigi tumbuh ke arah tidak benar. Pertumbuhan gigi geraham bungsu yang salah bisa saja mengarah ke gigi geraham di sampingnya atau gigi molar, ke belakang mulut, tumbuh miring seperti berbaring pada gusi dan juga bisa tumbuh lurus ke atas akan tetapi terperangkap di dalam gusi sehingga tidak muncul ke permukaan seperti gigi lainnya.

Gejala Impaksi Gigi

Umumnya impaksi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan terjadi cukup lama sehingga sangat mengganggu. Hal ini akan semakin parah jika penderita sedang mengunyah makanan. Pertumbuhan tidak normal dari gigi geraham bungsu juga bisa menimbulkan beberapa gejala, yakni:

  • Terjadi pembengkakan di area gigi yang sakit
  • Sakit yang terjadi disekitar rahang
  • Tidak nyaman ketika mengunyah makanan
  • Timbul bau mulut
  • Penyebab gusi berdarah terus menerus
  • Sulit saat akan membuka mulut.

Apabila ada beberapa gejala tersebut yang dialami, maka segera periksaan diri anda ke dokter gigi.

Komplikasi Impaksi Gigi

Seperti masalah gigi dan mulut lainnya, impaksi gigi juga bisa menyebabkan komplikasi berupa gangguan mulut lainnya. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi karena impaksi gigi diantaranya adalah:

  1. Kerusakan Gigi Lain

Apabila gigi geraham bungsu tumbuh salah dan sampai mendorong gigi geraham disebelahnya, maka ini bisa membuat area gigi tersebut terinfeksi sehingga membutuhkan perawatan dokter gigi lebih lanjut yang merupakan salah satu efek samping gigi impaksi.

  1. Karies Gigi

Impaksi gigi juga bisa menyebabkan risiko karies gigi semakin meningkat. Hal ini terjadi karena gigi bungsu yang tumbuh dengan salah lebih sulit dibersihkan dan akhirnya mudah menumpuk serta bisa menyebabkan kerusakan gigi. 

Sponsors Link

  1. Penyakit Gusi

Impaksi gigi atau gigi geraham tumbuh dengan tidak benar juga bisa mengganggu jaringan gusi di sekitar gigi bungsu. Hal ini nantinya bisa menyebabkan infeksi dan penyebab gusi bengkak yang disebut dengan perikoronitis.

Penanganan Impaksi Gigi

Untuk mengatasi impaksi gigi, dokter gigi biasanya akan mendiagnosis masalah tersebut lewat pemeriksaan memakai foto rontgen atau sinar X . Rontgen ini berguna untuk memperlihatkan apabila ada masalah yang terjadi pada gigi, rahang, gusi dan beberapa area lain pada struktur gigi. Jika terdapat pertumbuhan gigi tidak normal seperti impaksi gigi, maka barulah dokter mengambil langkah berikutnya selain juga bisa dilakukan dengan cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi

Sponsors Link

Sebenarnya gigi geraham bungsu merupakan hal normal yang biasa terjadi. Jika gigi bisa tumbuh sejajar dengan gigi lain, maka tidak ada tindakan yang harus diperbuat. Akan tetapi jika terjadi impaksi gigi, maka penanganan harus segera diberikan seperti memberikan obat impaksi gigi.

Dokter gigi atau ahli bedah mulut akan menyarankan pada pasien untuk mencabut gigi lewat bedah yang disebut dengan operasi odontektomi selama 30 hingga 60 menit atau tergantung dari kesulitan yang terjadi selama operasi. Dokter akan memberi obat bius sehingga tidak akan terasa sakit.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini