Infeksi Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasi

Setiap orang pastinya pernah mengalami sakit gigi, baik itu sakit gigi yang ringan ataupun sakit gigi yang sudah akut. Setuju ya sobat. Gigi merupakan salah satu piranti atau lebih tepatnya adalah sebuah asset yang sangat berharga dan memiliki peranan penting dalam tubuh kita.

Selain itu, gigi ini juga memiliki peranan penting dalam proses pencernaan dalam tubuh kita, gigi ini merupakan komponen yang paling utama pada saat proses pencernaan makanan dimulai sebelum nantinya akan diteruskan ke proses pencernaan selanjuntnya.

Selain itu, seperti yang sudah kita ketahui bersama, gigi ini juga berperan penting untuk mengukir senyum indah di wajah anda ya sobat, untuk itulah tidak jarang dianatra anda yang rela untuk menghabiskan waktu dan materinya untuk melakukan perawatan terhadap giginya.

Oke sobat semua, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai infeksi gigi. Infeksi gigi ini merupakan salah satu gangguan pada gigi yang tergolong pada tahap yang lumayan serius, sehingga apabila tidak sesegera mungkin untuk ditangani akan menimbulkan efek samping yang lebih parah nantinya.

Apakah sobat semua pernah mengalama infeksi gigi ini sobat? Jika iya ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena penulis akan memberikan ulasan secara detail buat sobat semua. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Gigi yang infeksi pada umumnya sering ditandai dengan radang gusi, rahang gigi yang terasa sakit, seperti berdenyut –  denyut, menusuk – nusuk, atau bisa juga anda merasakan nyeri pada saat anda mengunyah makanan. Selain itu sobat, gigi infeksi ini juga sering ditandai dengan abses gigi atau bengkak yang bernanah yang menimbulkan sakit yang luar biasa.

Hal ini bisa disebabakn oleh berbagai bakteri yang menularkan penyakit pada gigi anda. Selain itu, infeksi gigi ini juga mengakibatkan kerusakan pada gigi anda, misalnya membuat gigi berlubang berdarah dan bau, gigi keropos pada orang dewasa dan berbagai gangguan gigi yang lainnya. Infeksi gigi ini juga tidak hanya membuat gigi anda yang sakit sobat, namun akan menular ke berbagai bagian tubuh anda yang lainnya yang memamg memiliki saraf yang sama dengan gigi.

Penyebab Infeksi Gigi

Adapun yang menjadi penyebab infeksi gigi tersebut antara lain adalah sebagi berikut :

1. Kebiasaan Buruk Tidak Menggosok Gigi

Penyebab infeksi gigi yang pertama adalah karena kebiasaan menggosok gigi yang buruk. pentingnya menggosok gigi merupakan salah satu kunci utama untuk merawat kesehatan gigi anda secara keseluruhan. Apabila anda memiliki kebiasaan buruk yang tidak menggosok gigi dengan baik, maka akan berpotensi mengakibatkan berbagai infeksi pada gigi anda.

2. Faktor Genetika

Penyebab infeksi gigi yang kedua adalah faktor genetika. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, genetika memiliki pengaurh penting terhadap perkembangan fisiologis alami manusia. Gen ini juga menjadi salah satu penyebab faktor terjadinya infeksi pada gigi. Karena kekuatan gigi dan gusi seseorang itu ada kaitannya dengan faktor genetika. Untuk itulah jika anda adalah gen yang rentan dengan infeksi gigi, maka sebaiknya lakukan perawatan ya sobat.

3. Kebiasaan Buruk Merokok

Penyebab infeksi gigi yang ketiga adalah karena kebiasaan buruk merokok. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, zat nikotin yang terdapat pada rokok tersebut sangat berbahaya bukan hanya pada bagian mulut anda, namun berpengaruh pada keseluruhan anggita tubuh anda. Zat nikotin pada rokok tersebut akan merusak jaringan gusi serta tulang atau saraf pada gigi. Selain itu juga merupakan kebiasaan yang membuat gigi kuning secara permanen.

4. Makanan / Minuman Asam Dan Manis Berlebihan

Penyebab infeksi gigi yang keempat adalah karena pengaruh makanan / minuman yang asam dan manis yang belebihan. Makanan dan minuman yang mengandung asam dan manis tidaklah bagus untuk kesehatan gigi anda karena bisa juga menyebabkan gigi sensitif. Selain itu akan berpotenis membuat infeksi pada gigi anda, yang memang seyogianya makanan dan minuman yang asam / manis berlebih mengandung bakteri yang tidak bagus untuk gigi.

Cara Pencegahan Infeksi Gigi

Adapun yang bisa anda lakukan untuk mencegah infeksi gigi antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Cara pencegahan infeksi gigi yang pertama adalah dengan menghilangkan kebiasaan merokok. Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bukan hanya merusak email gigi anda, namun juga merusak keseluruhan aspek dalma tubuh anda. Berhentilah merokok ya sobat, agar potensi infeksi gigi bisa anda hindari.

  • Merawat Gigi

Cara pencegahan infeksi gigi yang kedua adalah dengan merawat gigi sebaik mungkin. Merawat gigi dalam hal ini bukan hanya untuk melakukan perawatan secara medis ya sobat, namun bisa anda lakukan mulai dari hal kecil seperti rajin menggosok gigi serta menjaga pola makan yang baik agar gigi anda terhindari dari infeksi gigi tersebut.

Cara Perawatan Infeksi Gigi

Berikut ini adalah cara perawatan infeksi gigi yang bisa anda lakukan, antara lain adalah sebgai berikut :

  • Menggunakan Minyak Cengkeh

Cara perawatan infeksi gigi yang pertama adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh sangat efektif dalam mencegah kesakitan atau infeksi pada gigi. Anda cukup mengambil kapas kemudian celupkan ke minyak cengkeh kemudain oleskan pada bagian gigi anda yang sakit supaya infeksinya tidak berkelanjutan.

  • Menggunakan Yougurt

Cara perawatan infeksi gigi yang kedua adalah dengan menggunakan yougurt. Mungkin belum terlalu banyak orang yang tau akan fungsi dan manfaat dari yougurt ini untuk ,menghilangkan infeksi pada gigi. Yogurt ini akan membunuh kuman pada gigi anda yang akan menghentikan infeksi pada gigi anda.

  • Menggunakan Lemon Dan Starwberry

Cara perawatan infeksi gigi yang ketiga adalah menggunakan lemon dan strawberry. Seperti yang sudah kita ketahi bersama, lemon dan strawberry mengandung banyak vitamin C yang bisa menghentikan infeksi pada gigi anda. Ketika gigi anda mengalami bengkak mungkin hal tersebut karena infeksi pada gigi anda. Jika mengalami hal seperti ini, sebaiknya gunakan lemon dan strawberry ini untuk mengobati infeksi tersebut ya sobat.

Oke sobat semua, sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga tulisan ini bermanfaat buat anda ya sobat dan bisa menjadi referensi tentunya. Terima kasih buat sobat yang sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan pembahasan yang menarik lainnya. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.