Sponsors Link

Infeksi Gigi Geraham Bawah – Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Infeksi Gigi Geraham BawahBeberapa orang banyak yang beranggapan bahwa masalah kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sepele. Oleh karena itu, sebagian mereka banyak yang tidak merawat kesehatan gigi mereka sejak dini melalui pentingya menggosok gigi. Penyebab masalah gigi dan mulut sering kali tidak diketahui Salah satu penyebab awal kenapa masalah gigi dan mulut karena infeksi gigi. Infeksi gigi bisa menjadi penyebab masalah penyakit gigi dan mulut lainnya. Masalah infeksi gigi sering terjadi pada gigi geraham bawah.

ads

Bagian gigi geraham bawah merupakan bagian gigi yang paling sering terkena kontak langsung saat anda melakukan kegiatan makan dan minum. Fungsi gigi geraham bawah pada proses  mengunyah makanan adalah membuat makanan menjadi lembut agar mudah dicerna.

Kalau dilihat dari kondisi ini tentunya, bisa membuat anda khawatir bukan ?. Kali ini halo gigi akan menjelaskan beberapa informasi terkait infeksi gigi geraham bahwa. Yuk kita simak penjelasan halo gigi selengkapnya.

Penyebab infeksi gigi geraham bawah

1. Usia

Infeksi gigi serng dialami oleh anak-anak. Bahaya infeksi gigi pada anak apabila tidak ditangani dengan segera maka akan menjalar ke seluruh saluran akar gigi. Perlu diketahui bersama jika anak sudah mulai mengalami masalah gigi dan mulut dibiarkan maka akan memperpendek umur gigi itu sendiri. Dengan demikian pentingnya menggosok gigi sejak dini perlu dilakukan agar kebiasaan ini bisa dilakukan secara baik sampai anak tumbuh dewasa.

2. Kebiasaan merawat gigi

Pada awalnya bakteri mudah ditemukan di mulut manusia namun belum bersifat patogen. Namun bakteri bisa berubah menjadi patogen apabila lingkungan tempat mereka tumbuh didukung sehingga bakteri menjalar ke aliran darah yang ada pada gigi anda yang mengalami infeksi.

Dengan demikian akan menyebabkan rusaknya dinding pembuluh darah. Bakteri bisa menyebabkan infeksi pada gigi geraham bawah anda karena anda tidak merawat gigi anda secara rutin. Oleh karena itu, anda harus mulai membiasakan diri untuk merawat gigi anda secara rutin.

3. Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari bisa menjadi penyebab infeksi gigi geraham bawah. Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan infeksi gigi geraham bawah adalah makanan yang terlalu masam. Beberapa makanan masam bisa menyebabkan seseorang mengalami kerusakan gigi. Hal pertama ditandai dengan rusaknya enamel gigi.

Enamel gigi seperti yang sudah disampaikan dibeberapa iklan produk kesehatan gigi merupakan bagian terluar gigi anda yang kuat. Rusaknya enamel gigi memungkinkan terjadinya perlindungan gigi anda terhadap bakteri dan kuman penyebab masalah gigi dan mulut menjadi lemah. Dengan demikian anda perlu menghindari penyebab infeksi gigi geraham bawah.

Sponsors Link

Tanda Infeksi Gigi Geraham Bawah

Banyak sumber-sumber terpercaya yang menyatakan bahwa infeksi gigi geraham bawah bisa ditandai dengan tanda-tanda kemunculannya seperti :

1. Warna gigi

Tanda-tanda awal gigi geraham bawah bisa mengalami infeksi adalah melalui warna gigi. Warna gigi bisa berubah tidak hanya karena makanan dan minuman yang anda makan saja. Namun warna gigi bisa menentukan tingkat kesehatan gigi anda.

ads

2. Sakit gigi

Sakit gigi menjadi salah satu penyebab infeksi gigi geraham bawah. Perlu anda perhatikan saat anda mengalami sakit gigi tingkat keparahan dan seberapa sering anda sakit gigi. Jika sakit gigi sudah tidak tertahankan lagi, anda sebaiknya langsung mengecek kondisi gigi anda ke dokter gigi.

3. Kelenjar leher membengkak

Tubuh manusia memproduksi beberapa kelenjar. Bengkaknya kelenjar bisa menjadi tanda ada masalah pada tubuh anda khususnya kelenjar yang berada di dekat gigi anda apabila anda mengalami masalah gigi. Anda bisa mengeceknya dengan menyentuh area di bawah gigi anda yang sakit.

4. Demam dan Pusing

Demam dan pusing bisa menjadi tanda infeksi gigi geraham bawah. Demam dan pusing bisa menjadi tanda komplikasi masalah gigi dan mulut anda. Artinya masalah gigi dan mulut anda sudah terlalu parah sehingga menyebabkan anggota tubuh lainnya menunjukkan respon seperti demam dan pusing.

Upaya  Mencegah dan Mengurangi Infeksi Gigi Geraham Bawah

Masalah infeksi gigi geraham bawah apabila sudah menyerang anda sebaiknya adan perlu melakukan beberapa langkah untuk menguranginya. Bagi anda yang belum mengalami masalah ini tidak salahnya bisa mengikuti beberapa tips dan cara untuk terhindar dari masalah infeksi gigi geraham bawah. Berikut ini upaya mencegah dan mengurangi infeksi gigi geraham bawah yang bisa anda lakukan.

1. Menghindari Makanan dan Minuman Terlalu Masam

Pada penyebab infeksi gigi geraham bawah halogigi sudah menyampaikan bahwa infeksi gigi geraham bawah bisa terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang masam. Makanan dan minuman yang masam bisa tidak hanya menyebabkan infeksi gigi geraham bawah tertapi bisa menjadi penyebab gigi sensitif pada anda.

2. Periksa ke Dokter Gigi Terpercaya

Periksa ke dokter gigi terpercaya memang harus anda lakukan. Lantaran dokter gigi terpercaya pastinya akan memberikan anda treatment pengobatan dan perawatan gigi yang tepat pada anda.

3. Perawatan Kesehatan Gigi Secara Rutin

Perawatan kesehatan gigi secara rutin dengan mengosok gigi minimal 2-3 kali sehari, berkumur menggunakan obat kumur, membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Ketiga perawatan kesehatan gigi tersebut perlu anda lakukan setiap harinya. Oleh karena itu, anda tidak hanya mampu menghindari infeksi gigi geraham bawah tetapi bisa mencegah masalah gigi dan mulut seperti bahaya gigi berlubang berdarah, abrasi gigi, penyebab gigi impaksi dan lainnya.

Demikian informasi mengenai penyebab, tanda dan upaya mencegah serta mengurangi infeksi gigi geraham bawah. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini