Sponsors Link

11 Alasan Infeksi Gigi Membuat Rambut Rontok

Sponsors Link

Di artikel kali ini, topik bahasan kita adalah “Penjelasan Infeksi Gigi Menyebabkan Rambut Rontok”. Adakah disini sobat – sobat yang mengalami rambut rontok? Apakah sobat tau apa penyebab rambut rontok tersebut? Ternyata nih sobat, infeksi pada gigi dapat menyebabkan rambut rontok lho, sebab itu rutinlah melakukan spa gigi! Yuk langsung saja kita bahas sobat, biar gak penasaran! Salam sehat sobat!

ads

Kerontokan rambut wajar terjadi pasa setiap manusia. Namun berhati – hatilah jika kerontokan yang sobat alami dalam jumlah yang cukup banyak. Sebab menurut sebuah penelitian yang dilansir dari indiatimes.com disebutkan bahwa ketika rambut rontok terlalu banyak maka hal ini adalah indikator dari munculnya gangguan kesehatan pada gigi seperti bahaya memakai pasta gigi kadaluarsa.

“Tidak banyak yang tau bahwa keratin yang melindungi rambut juga memiliki kaitan dengan enamel pada gigi anda. Hasil penelitian kami menemukan bahwa keratin yang lemah dan menyebabkan rambut rontok memiliki hubungan dengan kerentanan gigi anda untuk terkena karies hingga gigi berlubang,”

kata – kata Maria Morassa dari National Institutes of Health di Amerika Serikat. “Sehingga jika semakin tipis keratin rambut anda, maka perlindungan enamel pada gigi pun juga akan semakin sedikit dan gigi mudah berlubang” dan terjadi air liur berlebihan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation ini juga menjelaskan bahwa jaringan keratin rambut diperlukan untuk stabilitas mekanik enamel gigi.

Nah untuk sobat – sobat yang penasaran apa saja sih yang bisa menyebabkan rambut rontok, selain karena masalah pada kesehatan gigi, yuk kita bahas!

1. Diet Ketat

Masalah ini yang paling sering terjadi pada wanita. Karena ingin memiliki tubuh yang langsing, diet pun dilakukan habis – habisan hingga tanpa sadar tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Tentunya nutrisi untuk rambut pun jadi tak tercukupi. Deit berlebihan juga membuat berat badan turun drastis dalam waktu singkat, dan ini membuat batang rambut menjadi lemah, mudah patah, dan mudah tercabut dari akarnya dan membuat gigi sensitif sejak anak anak.

2. Merokok

Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga dapat menghambat suplai oksigen ke rambut, yang menyebabkan rambut kekurangan nutrisi. Selain itu, merokok juga terbukti mempercepat proses penuaan, dan salah satu tanda penuaan adalah rambut rontok, bahkan kebotakan pada pria yang diobati dengan obat dari cangkang telur untuk sakit gigi.

3. Stres

Saat sedang stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dan noradrenalin. Kedua hormon ini membuat rambut “beristirahat” dan tidak memproduksi rambut baru. Jadi selama stres, kerontokan rambut mungkin tak akan bertambah, namun rambut rontok ini tak akan digantikan oleh rambut yang baru. Kabar baiknya, kondisi ini hanya akan bertahan selama stres berlangsung. Setelah stres berakhir, sel – sel rambut pun akan kembali berproduksi.

4. Polusi

Tinggal di kota membuat kita rentan polusi. Asap knalpot kendaraan bermotor adalah jenis polusi yang terburuk bagi rambut karena jika terpapar pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Tinggal di desa tak menjamin rambut bebas terkena polusi, karena ternyata pestisida yang digunkan untuk membasmi hama di sawah dan kebun juga dapat menyebabkan kerontokan jika terpapar pada rambut.

Sponsors Link

5. Sinar matahari

Sinar matahari baik bagi kita, terutama untuk menstimulasi produksi vitamin D. Namun jika rambut terlalu lama terekspos sinar matahari tanpa perlindungan sama sekali, rambut bukan saja bisa jadi kering dan rapuh, tapi juga bercabang.

6. Bahan kimia di produk rambut

Meluruskan, mengeritingkan, mewarnai, dan berbagai jenis perlakuan pada rambut yang biasa dilakukan di salon, pasti menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Sekali dua kali tak apa, tapi terlalu sering mengotak – atik rambut dengan produk – produk ini justru akan membuat rambut rapuh dan rusak.

7. Gigi berlubang

Jangan anggap remeh faktor satu ini sobat. Yap gigi berlubang. Apalagi jika sudah mencapai tahap infeksi. Tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi, dan sel darah outih itu akan terdistribusikan ke folikel rambut,

ads

yang akan membuatnya berhenti memproduksi rambut sama sekali. Jika dibiarkan, tak jarang pasien infeksi gigi mengalami kebotakan di satu area kecil di kepala. Lokasi kerontokan biasanya dekat dengan posisi gigi yang terkena infeksi. Pada pria, terkadang infeksi gigi juga berpengaruh pada kerontokan alis atau janggut.

8. Rambut rontok turunan

Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab kerontokan paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orang tua, namun sobat memiliki resiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orang tua sobat juga mengalami rambut rontok.

Wanita yang memiliki penipisan rambut genetik ( androgenetic alopecia ) cenderung mengalami penipisan di garis rambut. Walaupun kondisi ini umumnya timbul sekitar usia 50 – 60 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan gejala akan mulai timbul dan berkembang di usia 20 an.

Secara umum, setiap kali rambut mengalami kerontokan, akan tergantikan dengan rambut baru yang berukuran sama. Namun pada kasus ini, setiap rambut baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis, karena folikel rambutnya mengecil dan lama – kelamaan berhenti tumbuh sama sekali.

Cara mengatasi kebotakan bisa dicegah dengan mengonsumsi obat penumbuh rambut, walaupun pada wanita, dosis harus diperkecil. Selain itu, wanita hamil dan menyusui dilarang menggunakan beberapa tipe obat, seperti minoxidil.

9. Kelebihan vitamin A

Dilansir dari health.com merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat – obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. Cara mengatasi kerontokan rambut akibat kelebihan vitamin A mudah diatasi hanya dengan mengurangi kadar vitamin A dalam darah ke ambang normal. Angka Kebutuhan Gizi ( AKG ) harian dari suplemen vitamin A untuk dewasa dan anak di atas usia 4 tahun adalah 2,500 – 10,000 IU.

10. Kekurangan vitamin B

Defisiensi vitamin B termasuk jarang, namun kerontokan rambut akibat kekurangan vitamin B termasuk mudah ditangani. Cara mengatasi yaitu dengan rutin konsumsi suplemen vitamin B, dan mengubah pola dan menu makan sobat dengan bahan – bahan makanan kaya vitamin B seperti daging, ikan, jagung, kentang, labu, kacang polong, dan ubi, serta buah – buahan non sitrus yang mengandung lemak baik, seperti alpukat dan kacang – kacangan.

11. Kekurangan protein

Jika sobat tidak mencukupi kebutuhan protein sobat, tubuh akan menarik jatah protein dari folikel rambut sobat dan menghentikan pertumbuhan rambut. Kerontokan rambut akibat kekurangan protein bisa mulai terlihat 2 – 3 bulan setelah penurunan asupan protein.

Nah sekian, artikel tentang “Penjelasan Infeksi Gigi Menyebabkan Rambut Rontok” ya sobat. Salam sehat sobat! Terima Kasih

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini