Sponsors Link

Informasi Seputar Gigi Gingsul – Penyebab – Dampak dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Gigi gingsul bisa dikatakan memiliki keunikan tersendiri seperti membuat senyum seseorang bisa terlihat khas. Akan tetapi, dilema gigi gingsul tetap bisa terjadi ketika gigi tersebut menimbulkan efek kurang baik pada struktur gigi dan rasa sakit pada area rahang dan mulut. Agar bisa lebih jelas, silahkan simak informasi seputar gigi gingsul yang kami berikan kali ini.

ads

Apakah Gigi Gingsul?

Ciri ciri gigi akan gingsul merupakan gigi taring yang mengalami keterlambatan tumbuh. Gigi taring mempunyai rentan waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh sekitar 10 bulan dari jarak mulai terlepasnya gigi taring dari gigi susu hingga gigi taring permanen. Hal ini berbeda dengan jarak gigi tanggal yang lain yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama ketika proses pergantian gigi dan sesudah lepas biasanya akan digantikan dengan gigi yang baru.

Kelainan gigi taring yang telat tumbuh tersebut bisa disebabkan karena frase pergantian yang lama, sehingga tempat untuk gigi taring yang baru akan diambil oleh gigi gigi lain yang ada di sekitarnya. Akhirnya ketika gigi taring mulai tumbuh ke permukaan gigi, tempat yang seharusnya sudah diisi gigi lain namun gigi taring harus tetap keluar ke permukaan yang kemudian dinamakan dengan gigi gingsul.

Penyebab Gigi Gingsul

Gigi gingsul bisa tumbuh karena gigi susu yang sudah tanggal secara prematur seperti karena bersentuhan dengan benda keras atau karena kecelakaan. Gigi susu yang tanggal prematur tersebut tidak akan memberikan ruang cukup untuk gigi tetap yang akan tumbuh sehingga terjadi penjejalan.

Selain itu, faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab gigi gingsul termasuk juga malnutrisi. Dalam istilah kedokteran, posisi ini disebut dengan ektopik atau menonjol. Meski sebetulnya semua macam macam gigi berpotensi untuk mengalami ektopik atau gingsul, namun gigi taring menjadi jenis gigi yang paling sering mengalami gingsul sebab berada dalam urutan tumbuh paling akhir.

Dampak Gigi Gingsul Bagi Kesehatan

Gigi gingsul memang bisa menimbulkan efek negatif yang serius jika tidak segera dirapikan seperti salah satunya menimbulkan gigi impaksi. Impaksi merupakan gigi yang tidak tumbuh berkembang secara baik sehingga akan terasa menyakitkan. Apabila dilihat dari posisi gigi yang mendorong bahkan menumpuk di beberapa susunan gigi yang lain.

Selain penyebab gigi impaksi, seseorang yang memiliki bahaya gigi gingsul juga biasanya kesulitan ketika membersihkan gigi sebab gingsul biasanya berada pada posisi yang tidak sempurna dan menutupi area gigi yang muncul lebih dulu. Kotoran nantinya akan sulit dibersihkan dan semakin menumpuk sehingga menyebabkan gigi bolong atau menimbulkan kikisan pada gigi yang sudah dibersihkan tersebut.

Cara Memperbaiki Gigi Gingsul

Ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah dari gigi gingsul seperti melakukan perawatan kawat gigi atau biasa disebut dengan behel dengan cara memberikan ruang baru bagi gingsul akan tetapi akan dilakukan sesudah operasi pencabutan gigi gingsul tersebut.

Proses cabut gigi gingsul sebenarnya masuk pada tindakan operasi kecil pada mulut. Cara merapikan gigi gingsul dengan operasi gigi juga bisa menimbulkan risiko seperti contohnya infeksi khususnya jika memang sebelumnya juga sudah memiliki masalah kesehatan. Untuk itulah, sebelum mencabut gigi sebaiknya juga dikonsultasikan dulu dengan dokter gigi. 

Sponsors Link

Beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko mengalami infeksi sesudah operasi adalah karena penyakit hati, gangguan pada sistem imun, penyakit sendi dan juga cacat jantung bawaan. Dokter kemungkinan akan memberikan obat antibiotik sebelum dan sesudah cabut gigi gingsul dilakukan untuk menghindari infeksi gigi. Sebelum gigi dicabut, maka dokter akan menyuntikkan obat bius lokal pada area gusi sekitarnya.

Sesudah cabut gigi selesai dilakukan, biasanya pasien sudah diperbolehkan pulang dan pemasangan behel akan dilakukan ketika area gigi yang sudah dicabut bisa benar benar pulih untuk meratakan jarang antara ruang gii yang sebelumnya sudah tertutup gingsul.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini