Sponsors Link

Invisalign, Cara Lain Merapikan Gigi Selain Behel

Sponsors Link

Mempunyai gigi yang rapi dan sehat tentunya menjadi keinginan banyak orang di seluruh dunia. Akan tetapi sayangnya, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gigi tumbuh tidak teratur dan penyebab gigi berubah posisi atau karena kebiasaan buruk seperti membuka kemasan dengan gigi yang membuat gigi tidak terlihat rapi. Banyak orang yang menganggap jika merapikan gigi hanya bisa dilakukan dengan behel. Namun sebenarnya invisalign juga bisa digunakan sebagai perawatan gigi selain kawat gigi. Untuk mengenal invisalign lebih jauh dan bagaimana cara penggunaannya bisa disimak pada artikel yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Mengenal Invisalign

Seperti behel atau kawat gigi, fungsi dari invisalign adalah untuk memperbaiki sekaligus mencegah pertumbuhan gigi yang tak teratur. Namun bedanya, cara merapikan gigi memakai invisalign terbuat dari plastik fleksibel dan membentuk permukaan luar gigi. Untuk cara memakainya juga sangat mudah yakni dengan memasukkan gigi dalam invisalign yang rongganya sudah membentuk deretan gigi. Cara merapikan gigi memakai cara ini tidak selalu cocok digunakan semua usia khususnya bagi yang tidak ingin repot dengan penggunaan behel.

Meski fungsinya sama, namun cara kerja invisalign dan kawat gigi berbeda. Kawat gigi bekerja dengan cara menarik gigi ke posisi yang benar memakai kawat, sedangkan invisalign bekerja dengan cara melapisi gigi sekaligus mengubah posisi dan cara merapikan gigi secara alami. Seorang profesor University of Western Ontario mengatakan jika invisalign adalah cara untuk merapikan gigi yang sudah banyak digunakan dan cukup populer. Menggunakan invisalign ini bisa mengatasi kelainan susunan gigi seperti terlalu rapat atau terlalu renggang dan juga overbite problems yang terjadi karena rahang bawang tidak sejajar dengan rahang atas.

Cara Penggunaan Invisalign

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan invisalign sebagai cara supaya gigi rata, ada beberapa hal lain yang harus anda ketahui mengenai alat ini yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

  1. Waktu Pakai Invisalign

Invisalign merupakan alat yang terbuat dari plastik dan bisa dilepas pasang. Namun alat ini memiliki aturan pakai yakni setidaknya harus digunakan antara 20 hingga 22 jam sehari supaya hasilnya bisa maksimal. Invisalign ini harus dilepas ketika makan atau minum minuman panas serta mengandung gula sekaligus saat membersihkan gigi seperti memakai flossing gigi. Selain itu, minum kopi juga harus dikurangi karena bisa membuat gigi dan invisalign bisa berubah warna.

Meski invisalign transparan atau tidak terlihat, namun rasa tidak nyaman tetap akan terjadi pada awal penggunaannya. Selain itu, memakai invisalign juga bisa membuat pengguna kesulitan berbicara namun akan hilang jika mulut sudah bisa beradaptasi.

  1. Jangan Dibersihkan Dengan Pasta Gigi

Ketika sisa makanan menyangkut pada gigi penyebab plak pada gigi terjadi, maka bisa membuat invisalign berubah warna yang tentunya mengganggu penampilan sehingga harus dibersihkan dengan baik dan teratur. Untuk membersihkan invisalign umumnya bisa dilakukan dengan sabun anti bakteri, sikat gigi dan juga air mengalir dan bukan dengan sikat serta pasta gigi. Meski anda berpikir jika membersihkan invisalign dengan pasta gigi lebih bersih, namun dalam pasta gigi mengandung bahan kasar yang bisa menyebabkan bau.

  1. Bersihkan Gigi Dengan Teratur

Ketika memakai invisalign, maka kebersihan gigi juga harus diperhatikan dengan baik agar kerusakan gigi tidak terjadi. Alat ini bisa membuat makanan mudah menyangkut di dalam gigi dan terperangkap. Apabila dibiarkan, maka bisa menjadi sarang kuman penyebab penyakit gigi. Untuk itu, membersihkan gigi sebanyak 2 kali sehari sangat disarankan yakni sesudah makan dan sebelum tidur.

Sikat gigi 30 menit sesudah makan makam dan gunakan kembali invisalign ketika tidur. Untuk jam makan siang atau camilan, maka hanya cukup membersihkan gigi dengan berkumur dan menyikat gigi tanpa pasta gigi. 

Sponsors Link

  1. Tidak Cocok Untuk Semua Orang

Invisalign merupakan alat yang cocok untuk mengatasi sebagian besar masalah ortodontik seperti gigi kecil diatas, gigi bengkok, gigi kecil di bawah atau pada celah. Akan tetapi untuk masalah gigi yang terlampau besar, maka kawat gigi lebih cocok digunakan. Prosedur perawatan gigi seperti invisalign ini mungkin akan memberikan hasil yang lebih kecil untuk mengatasi beberapa jenis jenis penyakit gigi, seperti:

  • Gigi terlalu rapat lebih dari 5 milimeter.
  • Ekstrusi gigi atau kondisi gigi yang keluar dari alveolus serta akar mengikuti mahkota gigi.
  • Gigi memiliki ujung yang tajam lebih dari 45 derajat.

Pemeriksaan kondisi gigi juga harus dilakukan lebih dulu sekaligus melihat seberapa efektif perawatan sebelum digunakan. Jika memang seseorang diperbolehkan menggunakan invisalign, maka setidaknya butuh waktu antara 6 bulan hingga 1 tahun tergantung dari kondisi gigi sekaligus juga diikuti dengan cara menyikat gigi dengan benar.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini