Sponsors Link

Iritasi Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Hello sobat semua yang selalu penuis rindukan, bertemu lagi sobat dengan penulis yang selalu merindukan sobat semua. Penulis berharap sobat semua dalam keadaan baik – baik saja ya sama seperti sobat yang selalu baik –  baik saja pada saat menulis artikel ini buat sobat semua.

ads

Tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai kesehatan gigi ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama gigi ini merupakan aset yang sangat penting yang memiliki fungsi yang penting juga bagi tubuh kita, khususnya dalam hal sistem pencernaan.

Oke sobat semua, karena memang begitu pentingnya gigi ini dalam tubuh kita, untuk itu kita harus memperhatikan perawatan gigi tersebut. Karena jika kita lalai dalam merawatnya akan berpotensi untuk membuat kuman atau bakteri untuk tumbuh dan berkembang dalam gigi anda yang dapat menyebakan masalah. Salah satu masalah yang dimaksud adalah timbulnya iritasi gigi pada gigi anda.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas dengan jelas mengenai iritas gigi. Buat sobat semua yang memang sedang mengalami iritas gigi atau hanya sekedar mengantisipasi sejak dini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini ya sobat, karena pada artikel kali ini penulis akan mengulasnya secara gamblang buat anda. Yuk mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Tanpa anda sadari nih sobat, kebiasaan buruk seseorang yang tidak terlalu memperhatikan kebersihan giginya adalah salah satu penyebab utama tejadinya iritasi gigi ini. Apabila gigi anda sudah mengalami iritasi, maka akan berpotensi besar membuat gigi tidak berfungsi secara baik seperti biasanya. Untuk itu merawat kebersihan dan kesehatan gigi adalah suatu keharusan ya sobat.

Penyebab Iritasi Gigi

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai iritasi gigi, ada baiknya kita ulas lebih dalam terlebih dahulu apa penyebab iritasi gigi. Ada pun yang menjadi penyebab iritasi gigi adalah sebagai berikut :

  • Kebersihan Dan Perawatan Gigi Yang Buruk

Faktor yang pertama penyebab terjadinya iritasi gigi adalah karena faktor dari si pemilik gigi tersebut. Iritasi gigi ini sering kali ditimbulkan karena buruknya perawatan dan kebersihan gigi si pemilik gigi yang bersangkutan. Salah satunya adalah malas gosok gigi.

Apabila anda malas gosok gigi, maka sisa makanan yang ada di dalam mulut anda atau di sela gigi anda akan berubah menjadi bakteri yang dapat menggerogoti gigi anda dan berlanjut menjadi penyebab gigi cepat keropos. Apbila hal ini sudah terjadi, maka jangan heran apabila gigi anda terkena iritasi ya sobat.

  • Mulut Yang Kering

Faktor yang kedua penyebab iritasi gigi adalah mulut yang kering. Apabila mulut anda kering, maka gigi anda juga akan merasakan akibatnya sobat. mulut kering ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurangnya konsumsi air putih.

Sponsors Link

Nah pada saat mulut anda kering, bakteri atau kuman yang ada dalam mulut atau gigi anda akan mencari tempat yang paling lembab, salah satunya adalah bagian dalam atau sela – sela dari gigi anda. Apabila bakteri atau kuman tersebut sudah beraksi, maka tidak akan menutup kemungkinan iritasi akan mengintai gigi anda. Untuk itu rajinlah minum air putih yang cukup ya sobat.

  • Perawatan Gigi Menggunakan Obat Kimia Yang Terlalu Sering

Faktor yang ketiga penyebab iritasi gigi adalah karena melakukan perawatan gigi dengan mengguankan obat kimia yang terlalu sering. Apabila anda melakukan pembersihan gigi dengan bantuan medis yang tentunya menggunakan obat kimia memnag sangat memberikan dampak yang langsung nyata bagi anda. Selain itu, gigi anda juga akan terlihat lebih putih dan bersih.

Namun apabila dilakukan terlalu sering, hal ini akan membuat gigi anda terkena iritasi. Nah sobat semua, jika sobat semua selama ini memang sering menggunakan tenaga medis untuk perawatan gigi anda, sebaiknya mulai sekarang ada baiknya dikurangin sobat.

ads
  • Perbaikan Gigi Dengan Cara Yang Salah

Faktor yang keempat adalah perbaikan gigi dengan cara yang salah. Perbaikan gigi dengan cara yang salah maksudnya adalah misalnya saja apabila anda menggunakan gigi palsu, namun ukuran serta jenisnya tidak tepa untuk ukuran gigi anda yang sebelumnya, maka hal ini juga akan berpotensi membuat gigi anda terkena iritasi.

Pencegahan Iritasi Gigi

Setelah kita membahas mengenai penyebab iritasi gigi tersebut, ada baiknya sobat semua juga harus mengetahui bagaimana cara pencegahan iritasi gigi tersebut agar anda bisa mencegahnya sejak dini. Setuju ya sobat. Berikut ulasannya untuk anda.

  • Merawat Kebersihan Mulut Dengan Benar

Cara yang pertama yang bisa sobat semua lakukan adalah dengan merawat atau menjaga kebersihan mulut anda dengan benar. Maksudnya merawat mulut dengan benar adalah dengan menjaga kebersihannya secara teratur. Memahami dan melakukan cara mencegah karang gigi ialah solusi yang tepat meminimalisir iritasi gigi.

Salah satunya adalah dengan rajin menggosok gigi agar tidak ada sisa makanan yang menempel di sela gigi atau pun di dalam mulut anda yang bisa menjadi tempat empuk buat bakteri untuk berkembang biak yang tentunya akan berdampak buruk bagi gigi anda nantinya, seperti timbulnya plak pada gigi sampai dengan iritasi pada gigi.

  • Mengonsumsi airp Putih Yang Banyak

Cara yang kedua adalah dengan rajin mengonsumsi air putih. Karena manfaat minum air putih cukup bagi kesehatan gigi sangatlah besar. Bukan hanya mempunyai fungsi untuk mencegah iritasi pada gigi anda nih sobat, tetapi air putih ini juga mempunyai fungsi secara keseluruhan buat kesehatan tubuh anda.

  • Rajin Mengonsumsi Buah dan Sayur

Cara yang ketiga untuk mencegah iritasi gigi adalah dengan rajin mengonsumsi sayur dan juga buah segar yang kaya akan vitamin C yang tentunya bisa menjaga kesehatan gigi anda sehingga terjauh dari iritasi gigi. Selain itu manfaat vitamin c untuk gigi adalah mencegah timbulnya bakteri.

Cara Mengatasi Iritasi Gigi

Setelah membahas mengenai penyebab dan pencegahan di atas, selanjutnya kita bahas cara mengatasi iritasi gigi. Ada pun cara yang bisa anda laukan untuk mengatasi iritasi gigi adalah sebagai berikut :

  • Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan apabila anda mengalami iritasi gigi. Berkumurlah sekitar 30 menit untuk menghilangkan iritasi tersebut. Selain mencegah iritasi, manfaat berkumur bagi kesehatan gigi juga cukup banyak sobat. Untuk itu lakukan kebiasaan mudah ini secara rutin ya sobat.

  • Mengunjungi Dokter Gigi

Apabila berkumur sudah tidak manjur, maka anda bisa mengunjungi dokter gigi agar diberikan pengobatan untuk mencegah iritasi gigi yang anda alami. Penanganan lebih lanjut memang perlu dilakukan agar bisa lebih intensif lagi sobat.

Sponsors Link

Oke sobat semua, sekian informasi yang penulis share mengenai iritasi gigi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refrensi buat sobat semua yang membutuhkannya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya. Salam hangat dari penulis, salam gigi sehat selalu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini