Sponsors Link

Jangan Sembarangan Pakai Pemutih Gigi Instan, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Pemutihan gigi dianggap menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak cara yang dicoba untuk memutihkan gigi. Meski demikian, ternyata tidak semua cara efektif. Banyak orang melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan membeli pemutih instan. Efeknya, dalam seketika gigi putih kinclong, namun apakah hal ini aman?

ads

Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti menjelaskan, gigi putih bersih seharusnya didapat dengan cara rajin sikat gigi menggunakan pasta gigi yang benar.

“Jangan gunakan pemutih gigi instan, itu bahaya karena mengandung peroksida. Ini zat yang dapat merusak sel-sel gigi dan gusi Anda,” kata Melanie di Jakarta Pusat, Selasa, 14 April 2015. Ia tambahkan, jika ingin memiliki gigi putih bersih natural, sikatlah gigi secara rutin.

Lalu ia menyarankan untuk menghindari konsumsi berlebih pada kopi, teh, dan rokok. Namun pasta gigi dengan kandungan pemutih berlebihan, tentunya juga tidak efektif bagi tubuh. Oleh karena itu Anda juga mesti waspada dalam memilih pasta gigi. bahan alternatif pengganti pasta gigi bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Pemutihan gigi dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan produk yang dijual bebas. Namun, hasil dari cara ini dapat berbeda pada masing-masing orang dan menyimpan risiko tersendiri. Di samping itu, meski membutuhkan dana lebih tinggi, dokter gigi dapat memberikan layanan pemutihan gigi dengan risiko yang lebih minimal dan hasil lebih maksimal.

Tingkat keamanan dan efektivitas pemutihan gigi secara mandiri dibandingkan dengan perawatan di dokter relatif berbeda. Produk pemutih gigi yang dijual bebas umumnya mengandung bahan yang lebih rendah kadarnya dibanding produk perawatan di dokter gigi. Selain itu, pengerjaan oleh dokter gigi lebih profesional dibanding dikerjakan sendiri.

Dokter gigi dapat juga menggunakan produk pemutih sebagai sarana pemutihan gigi pasiennya. Produk bleaching dan pasta gigi pemutih adalah dua produk yang umum digunakan.

Namun, produk pemutih gigi di dokter dapat mengandung bahan yang lebih kuat, sehingga dapat membuat gigi tiga hingga delapan tingkat lebih cerah. Berikut ini berbagai teknik memutihkan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi:

  • Cetakan Pemutih

Dokter gigi akan membuat cetakan berdasarkan bentuk gigi Anda, sehingga dapat tepat terpasang pada gigi dan meminimalkan kontak gel pada gusi.  Pasien menggunakan cetakan gigi yang mengandung gel bleaching karbamida peroksida ini selama 2–4 jam sehari.

Jika digunakan secara teratur, dalam beberapa hari, produk ini dapat mencerahkan gigi hingga 1–2 tingkat. Penampang ini bisa juga dijual bebas di pasaran. Tetapi ukurannya yang all size membuatnya sulit terpasang tepat pada tiap orang. efek samping bleaching gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Pemutih in-office

Pemutih in-office adalah produk yang paling cepat memutihkan gigi karena kandungan konsentrasi peroksidanya yang tinggi. Oleh karenanya sebelum digunakan, jaringan gingival gigi perlu dilindungi lebih dulu.

  • Laser pemutih

Laser pemutih adalah penggunaan produk bleaching yang dilanjutkan dengan sinar laser yang langsung diarahkan ke gigi kurang lebih selama satu jam untuk mengaktifkan bahan pemutih.Prosedur ini memakan waktu hingga sekitar satu jam.

Sponsors Link

Pastikan Anda mengikuti instruksi dokter untuk mendapatkan hasil maksimal. Dan semoga informasi yang disampaikan di atas mengenai jangan sembarangan pakai pemutih gigi instan bisa bermanfaat. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup