Sponsors Link

Jenis Jembatan Gigi dan Manfaatnya

Sponsors Link

Jika anda memiliki gigi yang hilang atau copot seperti gigi copot sendiri saat hamil, maka dokter gigi akan menutup atau menjembatani celah tersebut dengan jembatan gigi. Jembatan gigi merupakan gigi palu yang disebut pontik yang dipegang gigi penyangga di kedua celah. Meski pontik bisa dibuat dari bahan seperti emas, namun umumnya jembatan gigi terbuat dari porselen agar secara estetika bisa berbaur dengan gigi alami.

ads

Jenis Jenis Jembatan Gigi

Jembatan gigi sendiri terdiri dari empat jenis yakni kantilever, tradisional, maryland dan jembatan gigi yang didukung dengan implan.

1. Jembatan Gigi Tradisional

Jembatan gigi tradisional terdiri dari macam macam gigi palsu atau gigi yang dipegang mahkota gigi yang sudah disemen pada masing masing gigi penyangga. Jembatan gigi tradisional merupakan jenis jembatan gigi yang paling populer dan juga bisa digunakan pada saat anda memiliki gigi asli di kedua celah akibat gigi yang hilang tersebut.

2. Jembatan Gigi Kantilever

Meski hampir sama dengan jembatan gigi tradisional, pontik pada jembatan gigi penopang ditahan oleh mahkota gigi yang disemen hanya pada satu gigi penyangga. Untuk jembatan penopang, anda hanya memerlukan satu gigi asli di sebelah celah gigi yang hilang.

3. Jembatan Gigi Maryland

Hampir sama dengan jembatan gigi tradisional, jembatan gigi maryland memakai dua gigi penyangga alami yakni satu di setiap sisi celah. Namun, jika jembatan gigi tradisional memakai mahkota pada gigi penyangga, jembatan maryland ini memakai kerangka logam atau porselen yang terikat pada bagian belakang gigi penyangga.

Seperti jembatan gigi tradisional, jembatan maryland hanya bias digunakan pada saat anda memiliki gigi alami di setiap sisi celah yang disebabkan karena gigi hilang.

4. Jembatan Gigi yang Didukung Implan

Seperti namanya, jembatan gigi yang didukung implan memakai implan gigi sebagai ganti mahkota atau kerangka atau anatomi gigi manusia. Umumnya, satu implan ditempatkan dengan jalan operasi pada setiap gigi yang hilang dan implan tersebut akan menahan jembatan pada posisinya. Apabila satu implan untuk setiap gigi yang hilang tidak memungkinkan, maka jembatan mungkin memiliki pontik yang ditangguhkan di antara dua mahkota yang didukung implan.

Ini dianggap sebagai jembatan gigi yang paling kuat dan stabil. Jembatan gigi ini umumnya membutuhkan dua operasi yakni satu untuk menanamkan implan pada tulang rahang dan operasi kedua untuk menempatkan jembatan yang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan prosedur.

Jembatan Gigi Vs Implan Gigi

Banyak rencana asuransi gigi mencakup jembatan dan sekarang juga banyak mencakup implan gigi. Jembatan gigi mungkin harus diganti antara 5 hingga 15 tahun tergantung dari perawatannya, sedangkan implan dianggap sebagai solusi permanen. Ada beberapa faktor yang bisa mengurangi kehidupan semua jenis jembatan termasuk implan seperti kebersihan gigi.

Manfaat Jembatan Gigi

Saat anda memiliki gigi yang hilang atau copot, maka ini bisa mempengaruhi anda dalam beberapa cara. Jembatan gigi tersebut bisa mengatasi banyak masalah dan memberikan manfaat, termasuk:

  • Mengembalikan kemampuan anda mengunyah dengan benar.
  • Mengembalikan senyuman anda dan mengatasi penyebab gigi ompong.
  • Mengembalikan ucapan dan pengucapan anda.
  • Menyesuaikan kembali gigitan anda untuk mendistribusikan kekuatan yang benar pada saat anda sedang mengunyah.
  • Mencegah gigi yang tersisa bergerak keluar dari posisi yang benar.
    Sponsors Link

Berapa Biaya Jembatan Gigi

Untuk biaya pemasangan jembatan gigi sangat bervariasi dan ada banyak variabel yang bisa mempengaruhi harga, seperti:

Sponsors Link

  • Jumlah gigi yang dibutuhkan untuk mengisi celah.
  • Bahan yang digunakan seperti zirkonia, resin komposit atau paduan logam yang tercakup dalam resin.
  • Kompleksitas atau tingkat kesulitan penempatan.
  • Perawatan tambahan untuk masalah gigi lainnya seperti penyakit gusi dan kerusakan gigi.
  • Lokasi geografis.

Jika anda kehilangan gigi atau sejumlah gigi, maka anda memiliki pilihan penggantian yang berbeda beda untuk didiskusikan dengan dokter gigi. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika memakai jembatan gigi dan ada juga banyak faktor termasuk biaya yang harus anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi