Sponsors Link

8 Jenis Kuman Gigi yang Merugikan

Sponsors Link

Ada begitu banyak diantara kita yang memang tidak menyadari bahwasanya ada begitu banyak jenis kuman gigi yang merugikan kesehatan kita dan menyebabkan masalah seperti penyakit gusi turun. Bukan hanya kesehatan gigi dan mulut aja namun tentunya kesehatn kita secara keseluruhan.

ads

Bakteri –  bakteri tersebut sebenarnya  sebenarnya tidak akan bermasalah jika jumlahnya seimbang dan hidupnya harmonis pada mulut kita yang sistem kerjanya mirip dengan lapisan biofilm pada gigi dan gusi. Namun yang akan menjadi masalah nantinya adalah apabila terdapat gangguan gigi seperti karies gigi ( gigi berlubang ) ,

penyakit penyangga gigi (  periodontal ) , atau terdapat infeksi, maka kondisi seperti ini bisa menyebabkan ganguan kesehatan yang serius seperti sakit pada berbagai jenis jenis syaraf pada gigi. Hal seperti ini tentunya bisa anda waspadai ya sobat, agar tidak terjadi masalah yang serius nantinya.

Senarnya sobat, dalam keadaan tubuh yang sehat, mikroorganisme dalam mulut kita akan tetap seimbang pertumbuhannya. Hanya saja hal tersebut akan berubah ketika timbul kuman gigi atau mikroorganisme yang merugikan dan tentunya merusak keseimbangan pH dalam mulut anda.

Selain itu , kondisi kesehatan tubuh tertentu atau konsumsi obat tertentu juga dalam mempengaruhi keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh kita. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk menjaga kesehatan mulut anda setiap waktunya.

Berikut ini adalah beberapa Jenis Kuman Gigi yang Merugikan baik bagi kesehatan gigi maupun bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Kuman atau bakteri phorphyromonas : P. ginhivalis, pantogen periodontal
  • Kuman atau bakteri pevotella : P. intermedia, pantogen periodontal
  • Kuman atau bakteri fusobacterium : F. nucleatum, periodontal pathogen
  • Kuman atau bakteri antinobaccillus / aggregatibacter : A. actinomyctemcomitans, yang tergabung dalam periodontitis vagresif.
  • Kuman atau bakteri trepoema : T. denticola, yang termasuk kelompok penting dalam kondisi periodontal akut, seperti ANUG
  • Kuman atau bakteri Neisseria
  • Kuman atau bakteri Veillonela

Itulah sobat beberapa jenis kuman gigi yang merugikan yang harus anda lakukan antisipasi sejak dini, agar kuamn tersebut tidak berkembang dalam mulut anda yang pada akhirnya akan merugikan kesehatan anda. Adapun dampak atau penyakit yang sering timbul oleh karena keberadaan atau perkembangan kuman atau bakteri dalam mulut anda tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sariawan

Sariawan ini tentunya bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman dalam mulut kita.  Sariawan ini terjadi karena mikroorganisme atau kuman gigi yang merugikan dalam mulut anda seperti kuman candila albicans.

  • Karies Gigi

Karies ini pastinya timbul oleh perkembangan kuman pada gigi dan mulut anda. Kuman atau bakteri tersebut akan menghasilkan asam yang berlebih yang tentunya merusakn gigi anda. Hal inilah yang sering menyebabkan sakit gigi.

Sponsors Link

  • Periodontitis

Periodontitis ini merupakan infeksi rongga mulut yang paling sering menyebabkan gigi membusuk. Selain itu, penyakit periodontiits ini juga bisa memperburuk kesehatan mereka yang mengidap diabetes dengan mengurangi kontrol glikemik pada darah penderitnya.

Oleh karena kuman mulut atau gigi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita secaar keseluruhan, untuk itu jaga dan rawatlah kebersihan mulut anda. Salam

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini