Sponsors Link

Jenis Sikat Gigi Behel dan Penjelasannya

Sponsors Link

Hal pertama yang biasanya akan dijelaskan dalam masalah perawatan gigi berbehel yaitu pemilihan khusus sikat gigi behel. Beberapa tempat pemasangan behel ada yang menyediakan langsung di tempatnya. Namun, beberapa ada juga yang hanya memberikan rekomendasi merk dan tempat membelinya saja.

ads

Selain sikat gigi behel, pasta gigi untuk gigi berbehel pun khusus. Sama seperti sikatnya tadi, ada yang sudah disediakan di tempat pemasangan dan ada juga yang hanya rekomendasi saja. Menyikat gigi pada pengguna behel tidak berbeda dengan menyikat gigi biasanya, namun harus dipastikan rutin terutama setelah makan.

Sikat gigi minimal sehari 2 kali, pada pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pertama-tama, sikatlah gigi tanpa menggunakan pasta giginya. Cara ini dilakukan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel atau tersisa di sela-sela behel.

Lanjutkan dengan penggunaan obat kumur untuk membersihkan bagian mulut secara menyeluruh. Pilihan merk atau jenis obat kumur ini pun harus tetap sesuai dengan rekomendasi dokter gigi.

Selain menyikat gigi, menggunakan benang gigi pun menjadi salah satu cara menghilangkan sisa makanan pada sela kawat atau behel tersebut. Cara merawat ini pun harus dilakukan secara rutin. Namun, tetap lakukan dengan hati-hati.

Agar kesehatan gigi tetap terjaga begitu juga dengan kebersihan behel dan kenyamanan penggunaannya, hindari memakan makanan langsung, besar-besar. Sebaiknya potong terlebih dahulu, kecil-kecil agar makanan tidak digigit langsung menggunakan gigi.

Hindari juga makanan dengan tekstur yang lunak maupun keras, termasuk permen karet yang bisa melekat pada behel karena jika dikunyah lama kelamaan akan semakin lengket. Terakhir, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin. cara menggunakan sikat gigi elektrik bagi pemakai kawat gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Pemeriksaan ini juga lebih baik dilakukan ke dokter gigi yang sama saat melakukan pemasangan. Dan berikut ini beberapa jenis sikat gigi khusus pemakai behel.

  • Sikat Gigi dari Dr. Smith

Sikat gigi Dr Smith merupakan salah satu merek sikat gigi khusus untuk behel yang sudah terkenal dan banyak ditemukan di pasaran. Bulu-bulu sikat memang didesain untuk pengguna behel dan kadang penjualannya bisa dalam satu paket yang lengkap dengan kaca, pembersih tambahan, dental floss, dan beberapa peralatan yang khusus untuk membersihkan behel gigi. Berikut ini adalah contoh sikat gigi satuan dan paketan dari Dr. Smith yang harganya 20-an ribu hingga di atas 50 ribu.

  • Formula Orthodontic

Penggunaan behel terkadang memunculkan rasa nyeri ketika membersihkan gigi. Jika kamu adalah salah satu orang yang merasa punya keluhan ini, maka sikat gigi Formula Orthodontic bisa jadi solusi.

Sikat gigi ini didesain khusus dengan bulu sikat V-Cut dan kepala sikat yang kecil. Dengan demikian, para pemakai behel dapat membersihkan gigi dengan maksimal dan nyaman. prosedur penggantian karet behel bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Interdental Brush

Sikat gigi Interdental Brush ini sangat cocok untuk membersihkan sela-sela gigi dan behel dari kotoran dan sisa-sisa makanan. Sikat Interdental yang terbuat dari bulu halus dan berukuran kecil sehingga tidak membuat sakit gigi dan gusi. Ukurannya yang kecil membuat mudah dibawa kemana-mana dan sangat praktis digunakan.

  • Pierrot Clinic Orthodontic

Behel gigi yang tidak bersih dapat mendatangkan efek buruk. Sekurang-kurangnya, nafas berpotensi lebih bau karena minimnya kebersihan gigi. Sikat gigi behel Pierrot Clinic Orthodontic dapat jadi solusi untuk itu. Dengan potongan bulu berbentuk “V”, presisi jangkauan pada sela-sela gigi menjadi lebih dalam tanpa tersangkut kawat dan membuat gusi cedera.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai jenis sikat gigi behel. Semoga bisa membawa banyak manfaat. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini