Sponsors Link

Jenis Sikat Gigi Elektrik dan Penjelasannya

Sponsors Link

Sikat gigi elektrik adalah sikat gigi dengan kegunaan pada umumnya dengan mesin bertenaga listrik sebagai penggerak. Sikat gigi elektrik dapat menghilangkan plak pada gigi dengan menggerakkan tangan seperti sikat gigi pada umumnya, perbedaannya kepala sikat dapat melakukan gerakan memutar secara otomatis. Kotoran di gigi dapat dengan mudah terangkat sehingga mempersingkat waktu menyikat gigi.

ads

Sikat gigi elektrik memiliki bulu sikat halus dan dapat bergerak dengan kecepatan tinggi. Anda hanya tinggal mengoleskan pasta gigi dan membiarkan mesin pada sikat gigi elektrik bekerja.

Gigi Anda akan bersih lebih cepat dibandingkan menyikat gigi dengan cara biasa. Cara yang efisien untuk dapat lebih menghemat waktu dan Anda mendapatkan gigi yang bersih. cara memilih sikat gigi elektrik sesuai kondisi gigi bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Semakin tinggi spesifikasi suatu produk akan mempengaruhi harga. Produsen juga terus memperbaharui fitur-fitur dari sikat gigi elektrik untuk mendapatkan kualitas yang semakin baik. Misalnya, produk sikat gigi elektrik yang beredar saat ini tidak hanya bergetar, tetapi juga menggabungkan getaran dan rotasi.

Bentuk kepala sikat yang bulat lebih efektif mengurangi plak pada gigi. Produk dengan desain seperti ini sudah beredar di pasaran. Ada beberapa jenis sikat gigi yang beredar di pasaran diantaranya ialah :

  • Sikat sonik

Getaran frekuensi yang dapat didengar oleh telinga manusia disebut gelombang suara. Frekuensi getaran dalam 1 detik dinyatakan dalam satuan frekuensi yang disebut Hz (Hertz). Kuas dari sikat sonik memiliki frekuensi getaran di area gelombang suara 20.000 sampai 31.000 per menit di pesawat high-end.

Produk ini menggunakan motor penggerak linier yang dapat bergerak dengan kecepatan tinggi lebih cepat daripada sikat gigi elektrik, sehingga Anda bisa melunturkan plak hanya dengan mengarahkan kepala sikat pada tempat yang tepat.

Pada dasarnya sikat ini sama dengan sikat gigi elektrik pada umumnya terutama dalam hal menghilangkan plak pada gigi dengan getaran sikat, namun getarannya lebih cepat dari pada sikat gigi elektrik. Kelemahan dari sikat ini adalah suara yang ditimbulkan sedikit lebih besar. Perlu waktu untuk membiasakan diri untuk menggunakannya sebagai sikat gigi yang Anda gunakan sehari-hari.

  • Sikat ultrasonik

Tidak seperti sikat lain yang menghasilkan suara saat digunakan, sikat gigi ini bisa menghasilkan gelombang ultrasonik dengan generator ultrasonik yang terpasang di kepala sikat. Telah terbukti menghancurkan bakteri yang masuk ke sela-sela gigi. Mampu mengangkat plak yang menempel pada gigi lebih baik.

Gelombang ultrasonik merupakan getaran frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Tetapi meskipun diberi nama sikat ultrasonik, produk sikat ini tidak bergetar dalam kisaran ultrasonik. Produk ini tidak menimbulkan suara yang bising. Sayangnya, sikat ultrasonik memiliki harga yang sangat mahal.

Bagaimana menurut Anda? Sudah siapkah beralih dari sikat gigi biasa ke sikat gigi elektrik? Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, Anda bisa membersihkan plak dengan aman dan lebih efisien dibanding dengan menggunakan sikat gigi manual biasa.

Rawatlah gigi Anda sebagai aset di masa tua dengan pemilihan sikat yang tepat. Mulailah menggunakan sikat gigi elektrik untuk kemudahan perawatan gigi Anda dan jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada pembahasa kali ini mengenai jenis sikat gigi elektrik. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini