Sponsors Link

Jenis Tambal Gigi dengan Emas Kuning : Cara Kerja, Fungsi, Efek Samping

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, penanganan berbagai masalah gigi, sekarang ini bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan di dunia kedokteran. Bukan tidak berasalan ya sobat, namun karena memang untuk sekarang ini sudah begitu banyak ilmu teknologi yang berkembang di dunia kedokteran tersebut, jadi apabila terdapat masalah pada gigi, hal tersebut tentunya bukanlah sesuatu yang sulit bagi mereka ahli ortodonti atau dokter gigi tersebut.

ads

Namun bukan berarti oleh karena canggihnya dunia kedokteran tentang gigi tersebut anda menjadi lalai dalam melakukan pembersihan atau perawatan secara rutin ya sobat, karena hal ini tentunya akan sangat  berpengaruh terhadap kesehatan gigi anda nantinya. Jika memang bisa tanpa melakukan perawatan yang berhubungan dengan medis, maka tentunya lebih baik dari pada harus melakukan perawatan yang berbau medis tersebut.

Berbicara mengenai perawatan gigi tersebut, tentunya setiap jenis perawatan pasti sudah diperuntukkan bagi setiap masalah gigi juga tentuya. Sebut saja seperti penambalan gigi, jenis perawatan yang satu ini biasanya diperuntukkan bagi pasien yang mengalami gigi bolong atau berlobang, dan juga gigi retak dan ngilu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tambal gigi tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang dimaksud dengan tambal gigi adalah salah satu jenis perawatan gigi yang menggunakan berbagai bahan tambalan untuk menutupi bolongan gigi ataupun gigi yang retak, sehingga bukan hanya dari segi penampilan gigi akan terlihat lebih bagus, namun juga dari segi fungsi beserta tentunya lebih menjamin kesehatan gigi dan mulut anda secara keseluruhan.

Pada umumnya ada berbagai jenis penambalan gigi yang umum digunakan oleh dokter gigi atau ahli ortodonti tersebut seperti jenis tambal gigi dengan komposit resin atau jenis tambal gigi dengan amalgam, namun yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai jenis tambal gigi dengan  emas kuning. Berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

  • Pengertian Tambal Gigi Emas Kuning

Sesuai dengan namanya sobat, maka tambal ban emas kuning ini merupakan jenis tambal gigi yang bahan atau material tambalannya mengandung emas kuning. Bagi mereka yang menginginkan tambalan gigi yang terkuat, maka bisa memilih jenis tambalan yang satu ini, karena tambalan gigi emas kuning ini merupakan jenis tambalan yang paling kuat atau paling awet dari sekian jenis tambalan gigi yang lainnya. Nah sobat semua, jika anda berminat anda bisa menggunakan tambalan emas kuning ini.

  • Cara Kerja Tambal Gigi Emas Kuning

Adapun cara kerja dari tambal gigi emas kuning ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pertama, pasien akan melakukan pengecekan terlebih dahulu akan kondisi kerusakan gigi yang dimilikinya agar dokter bisa memutuskan seberapa besar tambalan gigi yang ia butuhkan. Bukan hanya gigi saja yang menjadi bahan pertimbangannya, namun kondisi pasien secara keseluruhan pun akan menjadi suatu pertimbangan bagi dokter gigi.
  • Kedua, setelah kondisi si pasien sudah “ oke “ maka dokter akan melakukan pembiusan terlebih dahulu sebelum nantinya pembolongan atau peluruhan gigi dilakukan.
  • Ketiga, dokter akan membuat ukuran lobang sesuai dengan ukuran gigi yang berlubang tersebut, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh si pasien.
  • Keempat, setelah lobang yang dibutuhkan sudah selesai dibuat, baru lah dokter gigi akan melakukan proses pemasangan tambalan gigi yang sementara terlebih dahulu menggunakan gel agar tambalan gigi tersebut bisa menempel dengan tambalan emas kuning tersebut.
  • Kelima, membiarkan satu atau dua hari tambalan sementara tersebut sebelum nantinya akan dipasang tambalan tetap yakni emas kuning tersebut.
Sponsors Link

Fungsi Tambal Gigi Emas Kuning

Adapun fungsi dari tambal gigi emas kuning tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mengembalikan fungsi gigi utama anda yang telah rusak alias bolong atau retak tersebut
  • Menjaga agar kerusakan gigi anda tidak tambah parah dan berdampak negatif terhadap kesehatan gigi anda secara keseluruhan
  • Meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri. Karena seperti yang kita ketahui bersama apabila gigi mengalami kerusakan. Sehingga dengan adanya tambal emas gigi ini bukan hanya penampilan atau penampilan anda yang meningkat, namun juga akan menunjukkan anda terlihat elegan dengan adanya tambalan gigi emas kuning tersebut.

Efek Samping Tambal Gigi Emas Kuning

Berikut ini adalah beberapa jenis efek samping penggunaan penambalan gigi emas kuning tersebut, antara lain :

  • Karena terbuat dari campuran bahan emas, maka tambalan gigi emas kuning ini tergolong lebih berat dari pada tambalna yang lainnya, sehingga berpotensi membuat pemakainya akan merasa pegal.
  • Ada kemungkinan pada awal pemakaian si pasien akan mengakami alergi oleh karena adanya pengaruh dari gel yang digunakan oleh dokter gigi untuk menempelkan dan merekatkan tambalan gigi tersebut.
  • Karena terbuat dari bahan emas, sudah barang tentu biaya pembuatan tambalan gigi emas kuning ini akan lebih mahal dari jenis tambalan yang lainnya.
Sponsors Link

Itulah sobat ulasan yang bisa penulis share buat sobat semua pada postingan kali ini mengenai jenis tambal gigi dengan emas kuning tersebut. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya. Kenali gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan dan jangan lupa untuk konsultasi ke dokter jika diperlukan. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi