7 Jus Penyembuh Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

Banyak sekali makanan dan minuman yang disarankan dari beberapa artikel kesehatan dan dokter gigi untuk membantu menyembuhkan masalah sakit gigi anda. Tentunya penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam pada seseorang. Ada yang menderita sakit gigi ketika hamil muda, gigi berlubang, karies gigi dan penyebab gigi sensitif karena makanan maupun minuman.

Dengan mengkonsumsi jus sebagai salah satu makanan dan minuman anda ketika sakit gigi tentunya bisa anda coba. Namun tidak semua buah cocok untuk mengobati sakit gigi. Justru ada beberapa buah yang mengakibatkan rasa sakit gigi semakin parah karena kemungkinan dikonsumsi pada saat yang tidak tepat. Berikut ini beberapa jus penyembuh sakit gigi yang bisa anda coba supaya sakit gigi anda terasa lebih baik.

1. Semangka

Semangka adalah buah yang mudah ditanami di Indonesia. Buah ini bisa anda jadikan sebagai jus karena semangka mengandung vitamin a dan likopen. Perlu anda ketahui bahwa buah yang mengandung vitamin a tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata tetapi dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi. Bagi anda yang tidak menyukai buah semangka untuk disantap dengan cara jus tidak usah khawatir karena semangka bisa anda makan ketika anda mengalami sakit gigi. Tekstur buah yang lembut dan mudah ditelan tidak akan menyebabkan sakit gigi anda semakin parah. Baca : obat tradisional sakit gigi berlubang dan ngilu.

2. Pisang

Berdasarkan kandungannya, pisang mengandung kalori yang cukup untuk mengisi tubuh anda yaitu 88 kcal. Sedangkan dari gizi dan nutrisi, pisang mengandung vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin C, zat besi, vitamin B6 dan B12 serta magnesium. Seperti penjelasan sebelumnya, manfaat vitamin d untuk gigi pada beberapa artikel di halogigi yang menyatakan bahwa vitamin ini dapat membantu menyembuhan masalah gigi anda karena dapat menguatkan gigi anda. Tidak perlu khawatir, buah ini dapat dengan mudah dikonsumsi dengan cara di jus atau konsumsi langsung oleh anda.

3. Apel

Setiap bahan makanan dan minuman yang anda konsumsi memiliki nutrisi dan gizi yang tentunya dapat membantu kesehatan tubuh anda. Konsumsi jus apel sebagai pereda sakit gigi anda bisa menjadi pilihan alternatif anda sebagai makanan atau minuman anda. Hal ini karena gizi dan nutrisi seperti vitamin d, vitamin B12, vitamin A, zat besi, magnesium dan manfaat vitamin c untuk gigi yang terkandung dalam 1 buah apel. Sama halnya dengan buah pisang dan semangka, buah apel pun dapat menjadi buah yang disarankan untuk anda untuk mengobati sakit gigi.

4. Aprikot

Buah ini jarang sekali ditemukan di Indonesia karena buah ini sangat mudah dibudidayakan di wilayah seperti wilayah Asia Tengah seperti, Cina, Korea dan Jepang. Namun ada beberapa toko buah yang menjual buah-buah ini karena dipercaya memiliki nutrisi dan gizi yang dapat membantu sakit gigi anda. Aprikot sendiri memiliki nutrisi seperti vitamin A dan kalsium yang cukup banyak. Tentunya tidak hanya sakit gigi anda saja yang bisa teratasi tetapi dapat membantu menutrisi tulang anda karena ada kandungan kalsium pada buah ini. Baca : makanan yang dilarang saat sakit gigi dan gusi bengkak.

5. Jambu biji

Jambu biji tidak hanya dimanfaatkan saja buahnya tetapi daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Namun bagi anda yang tidak menyukai daun gigi untuk dikonsumsi, anda bisa memanfaatkan buahnya untuk dijadikan sebagai jus. Buah yang banyak jenisnya ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin B1, vitamin C, vitamin A, manfaat kalsium terhadap kesehatan gigi dan fosfor. Selain itu buah ini memiliki kalori yang cukup mengenyangkan untuk tubuh anda. Ada sekitar 49 kal energi yang dihasilkan dalam buah jambu biji tentunya.

6. Strawberry

Buah yang paling mudah ditemukan di beberapa penjual jus adalah jus strawberry selain dari buah jambu biji. Rasa manis dan asam pada buah ini mampu mengobati sakit gigi anda. Dengan mengkonsumsi jus strawberry anda tidak perlu repot membuat berbagai ramuan herbal atau tradisional yang rumit dan tentunya membutuhkan waktu pembuatan yang lama.

Pastikan selama anda mengkonsumsi jus strawberry tidak menggunakan pemanis tambahan. Pemanis tambahan seperti gula sebenarnya bisa menambah masalah sakit gigi anda. Apalagi bagi anda yang malas mengetahui dan mempelajari cara menyikat gigi dengan benar, tentunya  sisa makanan dan minuman apapun yang anda konsumsi akan menyebabkan menempel pada sela-sela gigi anda. 

7. Kiwi

Pasti banyak yang tidak mengetahui kalau buah yang satu ini adalah buah asli dari negeri tirai bambu, China. Ya, memang benar, buah ini dapat dengan mudah tumbuh di wilayah China. Oleh karena rasa dan kandungan gizi serta nutrisinya oleh karena itu buah ini dibudidayakan pada beberapa negara salah satunya Indonesia. Kiwi bisa anda konsumsi dengan cara membuatnya menjadi jus.

Resep jus kiwi yang bisa anda coba dengan menambahkan buah lain seperti jambu biji dan stawberry serta sedikit tambahan madu jika anda ingin menambahkan pemanis alami. Manfaat madu untuk gigi sendiri sangat banyak. Diantaranya adalah mencegah gigi berlubang, mengobati masalah infeksi gigi dan mampu memutihkan gigi.

Sudah semua informasi mengenai jus penyembuh sakit gigi yang bisa anda konsumsi ketika sakit gigi. Semoga masalah gigi anda dapat dengan segera teratasi. Ikuti terus informasi mengenai dunia kesehatan gigi bersama halogigi. Salam gigi sehat.