Sponsors Link

Kandungan Dalam Pasta Gigi yang Cocok Untuk Gigi Sensitif

Sponsors Link

Pasa saat anda sedang makan es krim namun tiba –  tiba gigi anda terasa pegal yang dikarenakan gigi ngilu? Nah sobat bisa jadi gigi anda adalah termasuk kiteria gigi sensitif atau bahkan gigi hipersensitif. Jika anda memiliki gigi yang sensitif , maka anda tidak akan bisa meminum minuman atau memakan makanan semua jenis seperti layaknya orang yang tidak mengalami gigi sensitif tersebut.

ads

Sebut saja seperti makan makanan yang manis, panas, atau berbau tajam lainnya beserta minuman yang dingin maka makanan dan minuman jenis seperti ini tentunya adalah musuh utama mereka yang memiliki gigi sensitif tersebut. Lantas apa yang dimaksud dengan gigi sensitif, apa penyebab dan cara perawatannya? Yuk sovat semua, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot.

Apa Itu Gigi Sensitif ?

Adapun yang dimaksud dengan gigi sensitif adalah gigi yang pada saat terkena es, minuman dingin atau makanan asam serta yang berbau tajam lainnya terasa pegal yang disebabkan oleh karena gigi ngilu. Selain itu, gusi juga akan terasa sakit pada saat anda menggosok gigi, maka itu artinya gigi anda terkena hiperentensia atau gigi yang sensitif.

Adapun penyebab gigi ngilu berkepanjangan karena diakibatkan oleh rusaknya lapisan enamel gigi yang mengakibatkan lapisan dentin yang berada di bawahnya menjadi terekspos. Rasa ngilu pada gigi ini biasanya akan menimbulkan atau memicu terjadinya stres karena menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi si pemiliki gigi sensitif tersebut. Tak jarang mereka yang memiliki gigi sensitif tersebut merasa enggan untuk makan oleh karena jenis makanan dan minuman pun tidak akan enak ketika dia konsumsi.

Pada umumnya gigi memiliki lapisan terluar yang kita sebut sebagai enamel gigi, ketika lapisan enamel ini rusak maka lapisan dentin dibawahnya akan kutan terekspos. Padahal  seyoginya pada dentin tersebut terdapat tubulus yang berisi cairan yang berhubungan langsung dengan cairan pada pulpa saraf.

Pada saat seperti ini, maka dentin tersebut yang didalamnya terdapat cairan, akan mengirimkan sinyal ke saraf di pulpa dan menghantarkan rangsangan pada orak sehingga terjadilah reaksi nyeri atau ngilu pada gigi. Itulah yang disebut dengan gigi sensitif.

Apa Penyebab Gigi Sensitif

Pada saat seseorang  lahir dan tumbuh kedunia ini tidak serta merta giginya lansung sensitif, namun ada beberapa penyebab gigi sensitif tersebut. Adapun penyebab yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

  • Rusaknya lapisan enamel pada gigi yang dsebabkan oleh berbagai hal., seperti menggosok gigi terlalu keras, penggunaan pasta gigi yang tidak mengandung floruide melainkan mengandung bahan abrasive ( yang bisa merusak enamel gigi ) dalam jumlah yang banyak dan dalm waktu yang lama, sering mengonsumsi minuman yang mengandung soda, alkohol dan juga kebiasaan buruk merokok yang tidak bisa dihentikan.
  • Penurunan gusi yang melindungi bagian akar gigi seiring dengan pertambahan usia seseorang, dan juga oelh kerena adanya peradangan pada gigi yang disebabkan oelh adanya bakteri atau kuman tertentu yang ada pada gigi
  • Penggunaan obat – obatan atau antibotik dalam waktu yang lama, sehingga enamel gigi anda akan perlahan terkikis.
Sponsors Link

Oleh karena memiliki gigi sensitif ini rasanya sungguh tidak enak sekali sobat, maka anda sebagai pemiliki gigi tersebut bisa melakukan perawatan sejak dini, yakni dengan menjaga pola hidup yang sehat dan juga mengatur makanan dan minuman yang anda konsumsi, misalnya mnegurangi minuman yang beralkohol, minuman bersoda, berhenti merokok dan yang tidak kalah penting adalah menggosok gigi paling tidak dua kali sehari dengan cara yang benar, yakni menyikat gigi sehabis sarapan pagi, dan juga sebelum tidur pada malam hari.

ads

Namun jika memang gigi anda udah terlanjur dikategorikan kedalam jenis gigi yang sensitif, maka anda bisa memilih kandungan dalam pasta gigi yang cocok untuk gigi sensiti. Kandungan apa saja yang dimaksud, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Kandungan Dalam Pasta Gigi Yang Cocok Untuk Gigi Sensitif
  • Pasta Gigi Yang Mengadung Obat

Yang pertama adalah jenis pasta gigi yang mengandung obat. Penggunaan pasta gigi yang mengandung bahan obat efektif dalam pencegahan ataupun penyembuhan gigi sensitif. Bahan obat yang biasa digunakan adalah kalium nitat dan juga aluminium laknat. Dikatakan baik bagi gigi sensitif, dikarenakan cara kerja kedua jenis obat tersebut. Berikut cara kerja keduanya :

1. Kalium Nitrat

Kalium nitrat ini bekerja dengan cara merubah menjadi ion kalium, kemudian akan membentuk “ oin pelindung “ di sekitar pulpa gigi. Ion pelindung ini natinya akan melindungi gigi dari iritasi yang dapat disebabkan oleh perubahan suhu makanan dan menceagh terjadinya gigi sensitif timbul kembali.

2. Aluminum Laknat

Aluminium laknat ini bekerja dengan cara membentuk pelindung pada dentin sehingga ketika dentin terekpos dengan iritasi eksternal, maka cairan yang terdapat pada dentn tersebut tidak akan berekasi untuk mengantarkan sinyal ynag seyoginya penyebab gigi ngilu tersebut.

3. Pasta Gigi yang Mengandung Floruida

Yang kedua adalah jenis pasta gigi yang mengandung floruida.  Adapun floruida dalam pasta gigi ini berfunhgsi untuk proses remineralisasi enamel gigi. Adapun mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat lapisan email dan juga untuk melindungi dentin gigi.

Selain itu, floruida ini juga membantu melindungi gigi dengan cara mencegah bakteri yang akan menempel pada gigi.  Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, bakteri pada gigi ini merupakan salah satu sumber iritasi eksternal karena menghasilkan asam yang dapat membut enamel gigi menjadi terkikis.

Dengan berkurangnya bakteri yang menempel pada gigi anda sobat, maka eneme gigi tersebut akan lebih terjaga serta pada akhirnya akan mengurangi resiko terjadinya gigi sensitif tersebut pada gigi anda. Oleh karena itu rajinlah melakukan perawatan gigi yang dimulai dari diri sendiri ya sobat.

Sponsors Link

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat anda  pada postingan kali ini mengenai kandungan dalam pasta gigi yang cocok untuk gigi sensitif. Terima kasih bagi anda yang sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam gigi sehat selalu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini